Article

Homepage Article Fashion Design Kenali Ciri Khas Cottagecore…

Kenali Ciri Khas Cottagecore Fashion Style Yang Aesthetic

Mencari alternatif gaya busana yang unik dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi ?. Khusus untuk anda yang suka berpenampilan simple dan lebih mengutamakan kenyamanan dalam berpakaian mungkin anda bisa mengusung cottagecore fashion style yang terinspirasi dari kehidupan pedesaan ke dalam gaya busana anda.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Cottagecore Fashion Style

Cottagecore merupakan istilah yang biasa digunakan untuk mendefinisikan salah satu style fashion yang mencirikan gaya berbusana ala pedesaan atau pun peternakan di Amerika dan Eropa. Layaknya aesthetic fashion style yang lain, cottagecore inipun pada prinsipnya juga memiliki nilai seni yang sangat tinggi serta unik.

Cottagecore Fashion Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Mode cottagecore biasanya menampilkan palet warna naturalistik dengan mengutip banyak inspirasi mode dari periode Regency dan Edwardian, terutama dari segi bahan kain dan siluetnya. Selain itu fashion item yang mendominasi juga cenderung menyerupai kombinasi elemen abad ke-18 Victoria dan awal abad ke-20.

Ciri Khas Cottagecore Fashion Style

Beberapa ciri paling khas yang membedakan cottagecore dengan aesthetic fashion style yang lain diantaranya:

  • Gaya cottagecore cottagecore merujuk pada konsep gaya hidup pedesaan yang sederhana serta mengutamakan kepraktisan dan kenyamanan.
  • Gaya cottagecore terinspirasi dari kehidupan romantis di pedesaan yang damai dan tenang dan bebas teknologi.
  • Fesyen cottagecore cenderung lebih feminin, namun tetap ada nuansa modern di dalamnya.
  • Gaya cottagecore memiliki ciri yang khas seperti puff sleeves, dress melambai dengan siluet loose dan desain yang feminin.
  • Motif yang identik dengan gaya cottagecore yaitu bunga, garis, kotak dan paisley.
  • Motif bunga menjadi salah satu jenis motif yang terlihat cantik dan dapat menonjolkan sisi feminim seorang wanita.
  • Motif garis termasuk ke dalam jenis motif yang simpel dan mudah dipadupadankan.
  • Motif kotak merupakan motif yang memiliki corak berpetak-petak, bersifat timeless dan cocok diaplikasikan ke dalam beragam busana.
  • Motif paisley merupakan sebuah motif kain dengan bentuk dasar seperti tetesan air.
  • Flowy dress, bahan knit, renda, loose linen dan overall bisa jadi andalan untuk gaya ini.
  • Sementara warna yang dominan adalah warna-warna yang netral seperti warna putih, warna cokelat ataupun warna hijau.

Fashion Item Yang Mendominasi

Tertarik untuk menjadikan cottagecore style fashion sebagai gaya busana andalan anda tapi masih bingung harus mengenakan model busana yang seperti apa?. Untuk memperkuat kesan cottagecore yang ingin anda tampilkan berikut kami bagikan beberapa jenis fashion item yang bisa anda coba.

1. Flowy Dress

Flowy dress khususnya yang diciptakan dalam model midi menjadi salah satu fashion item terpopuler yang sangat cocok diandalkan untuk gaya cottagecore.

  • Flowy dress yang bisa menjadi referensi busana yang cocok diandalkan untuk anda yang suka berpenampilan girly.
  • Modelnya yang tidak ketat juga mudah dikenakan karena dapat memberi ruang gerak lebih leluasa dalam beraktivitas.

Cottagecore Fashion Style

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk anda yang mau menjiwai konsep cottagecore, memakai embroidered dress juga bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Biar makin stylish jangan lupa tambahkan aksesori yang cantik seperti pita untuk dipakai di rambut dan heels berwarna putih yang feminin.

Cottagecore Fashion Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Alternatif lain padupadankan pinafore dress dengan blouse warna putih yang dilengkapi dengan puff sleeves alias lengan yang mengembang.

Cottagecore Fashion Style

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

Buat anda yang mau tahu lebih banyak lagi tentang keistimewaan midi dress, simak juga pembahasan mengenai 8 Keistimewaan Casual Midi Dress Yang Jadi Favorit Banyak Wanita.

2. Knit Outwear

Sweater dan cardigan yang dibuat dari bahan knit atau rajut juga sangat cocok diandalkan untuk pelengkap gaya cottagecore.

  • Sweater Rajut

Sweater termasuk ke dalam jenis outer berkontur tebal yang dibuat tanpa kancing maupun resleting serta tidak menggunakan tudung kepala. Cara pemakaiannya sendiri kurang lebih sama seperti kaos pada umumnya.

Cottagecore Fashion Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Cardigan Rajut

Cardigan rajut merupakan sejenis outer berbahan rajut / kain rajut yang dapat diandalkan untuk menghangatkan tubuh di tengah cuaca dingin sekaligus pelengkap gaya penampilan yang stylish.

  • Cardigan rajut bersifat lentur dan elastis, sehingga pada saat digunakan bisa menyesuaikan bentuk tubuh.
  • Cardigan rajut bahannya cenderung tidak mudah kusut maupun menyusut.

Untuk ide padupadannya anda bisa memakai cardigan dengan shirt dress atau blus ruffles yang bernuansa romantis kemudian tambahkan rok lebar A-line yang lebar beserta sepatu ankle boots atau flat shoes.

Opsi lain anda juga bisa memadupadankan cardigan rajut dengan kaos dan rok yang cenderung polos lalu tambahkan sendal atau flat shoes yang berdesain simple.

Cottagecore Fashion Style

Sumber : https://www.carousell.sg/

3. Overall

Overall yang terdiri dari celana dengan tambahan pola semacam apron di bagian dada dan punggung yang disatukan dengan dua tali melewati pundak juga dapat diandalkan sebagai pelengkap konsep cottagecore fashion style.

Cottagecore Fashion Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk pilihan bahannya, jenis kain yang cocok digunakan sebagai material utama overall yakni berupa:

  • Kain corduroy yang memiliki tekstur seperti garis-garis karena dibuat dari serat yang dipuntir, hangat dan tahan lama, tampilannya terkesan berkelas dan elegan.
  • Kain twill yang memiliki permukaan berserat garis-garis miring (diagonal) seperti kain drill tapi lebih tebal. Berdasarkan sifatnya kain twill yang dijual di pasaran sendiri secara umum dapat dibedakan dalam dua kategori.
  • Pertama yakni berupa twill non stretch yang tidak melar.
  • Kedua ada kain twill stretch yang bersifat melar dan bisa menyesuaikan bentuk tubuh.

Butuh bahan kain corduroy dan kain twill berkualitas dengan harga murah untuk membuat overall. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Corduroy dan Kain Twill yang kami miliki.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai apa itu cottagecore fashion style, ciri khas cottagecore  style dan berbagai fashion item yang mendominasi gaya tersebut. Yang pasti cottagecore fashion style ini sangat cocok buat anda yang punya selera fashion simple dan feminim.

Untuk anda yang mau tahu lebih banyak lagi informasi terkait dengan teknik menjahit dan tips mendesain busana anda bisa mendownload E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.