Article

Kain Velvet

Kain Velvet biasanya dikenal dengan nama kain beludru. Kain velvet adalah jenis kain tenun tafting (berumbai) dengan struktur yang sangat halus dan rata, sehingga tekstur dan permukaan kain velvet terlihat berkilau dan lembut seperti perpaduan dari sifat kain sutera dan wol.

Jaman dulu kain velvet merupakan pakaian orang-orang kelas menengah keatas, alias keturunan bangsawan. Di Baghdad, kain velvet diperkenalkan atau dibawa para pedagang Kashmiri, dan dipopulerkan Ziryab, seniman sekaligus ilmuwan Arab. Dan pada zaman Mamluk, Kairo merupakan kota penghasil velvet terbesar. Bangsawan pada waktu itu, memakai kaftan velvet pada saat hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Lalu, pada masa selanjutnya, asisten koki memakai dress velvet warna biru yang disebut came-i kebud, topi kerucut (kulah) dan celana panjang baggy (caksir), yang terbuat dari velvet Bursa. Kalau di Indonesia, velvet menjadi busana pengantin adat Jawa kuno (biasanya berwarna hitam, merah, hijau).

Busana Pengantin Berbahan Kain Velvet

Busana Pengantin Berbahan Kain Velvet

Sumber: http://www.butikhana.com

Kain velvet berbahan sutra memiliki tekstur halus yang mampu mempresentasikan kesan mewah dan galmor. Kain velvet memiliki karakter yaitu, lebih tebal maka lebih mahal, lebih banyak helai benang yang dipakai sehingga menciptakan velvet yang tebal, akan menambah tinggi harga jualnya. Apalagi jika ada aplikasi di atasnya seperti brokat atau bordir, harganya akan bertambah mahal.

Kain Velvet

Kain Velvet

Sumber: http: zerotshirt.blogspot.com

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Warna kain velvet sangat beragam, mulai dari warna netral seperti hitam dan abu-abu hingga berwarna cerah yang cantik. Bahan velvet berkesan glamor karena teksturnya yang berbahan mengkilap. Gaun berbahan velvet dengan potongan yang sederhana akan membuat tampilan anda terlihat mewah, seksi, dan elegan. Busana berbahan velvet tak hanya dapat digunakan pada acara pesta. Namun juga bisa digunakan untuk busana keseharian dengan tetap menampilkan gaya yang mewah dan stylish.
Umumnya bahan dasar velvet adalah katun dan sutra. Lalu dikembangkan ke bahan-bahan lainnya, seperti viscose dan polyester. Alat semakin canggih, velvet pun dapat dibuat di atas bahan yang mengandung karet atau stretch.Stretch velvet ini bisa mengikuti lekuk bentuk tubuh sehingga nyaris sempurna. Dikarenakan dapat mengikuti bentuk tubuh, sehingga banyak busana-busana mewah dan kebaya memakai bahan stretch velvet agar terlihat seksi.

Awalnya velvet pertama kali muncul terbuat dari serat sutra. Tetapi pada saat persediaan serat sutra menipis, maka para pemintal mulai beralih ke serat-serat lainnya yang mudah didapat, seperti: rayon dan katun (14%-18% sutra dan sisanya rayon). Sedangkan velvet yang 100% sutra sudah sangat susah untuk ditemukan, kalau pun ada pasti sangat mahal harganya. Motif-motif bahan velvet pun sudah beragam, ada yang garis-garis sampai kotak-kotak.

Bahan velvet tidak hanya tebal, tetapi ada juga yang tipis. Velvet tipis lebih gampang dijahitnya dibanding yang tebal. Apalagi jika anda ingin membuat busana pesta dan kebaya. Lekuk tubuh bisa terlihat jelas dan membuat anda tampak seksi jika memakai stretch velvet.

Embossed Velvet, sekarang ini velvet tidak hanya polos saja, tetapi sudah banyak yang bermotif. seperti garis-garis atau kotak-kotak. Bahkan, adapula yang di-embossed dengan motif-motif yang berulir-ulir seperti motif kerajaan. Jika anda memakai velvet dengan motif embossed berulir-ulir untuk busana kebaya atau pesta, anda dapat menambahkan sedikit saja manik-manik sebagai pelengkap kemewahannya.

Embossed Velvet

Embossed Velvet

Sumber: http://dewisarohjaya.blogspot.com

Jika anda akan menggunakan kain velvet untuk membuat busana pesta, kami ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan. Pilihlah model dengan bahan potongan yang simple dan klasik karena keindahaan busana sudah terlihat dari mewahnya bahan tersebut. Buatlah penyesuaian fitting pada kertas pola karena setiap bekas jahitan dapat meninggalkan bekas pada bahan. Cara menyetrikanya pun harus diangkat turun, jangan sekali-sekali diseret maju mundur.

Kain ini harganya mahal dan memiliki karakteristik kain yang susah dibersihkan apabila terkena noda, walaupun saat ini sudah banyak fasilitas cuci dry clean untuk mengatasi hal tersebut.

Kain ini biasa digunakan untuk bahan busana seperti, gaun pesta malam, mini dress, pakaian bayi, kebaya, jaket, blazer, topi, mukena, jilbab, sepatu, tas dan lain sebagainya. Pada artikel selanjutnya kami akan sajikan bagaimana cara mix and match bahan velvet. Simak terus ya. Semoga bermanfaat.

Sepatu berbahan Velvet

Sepatu berbahan Velvet

Sumber: http://www.kaskus.co.id

Tags: busana wanita, busana wanita dan pria, busana batik, busana batik modern, busana wanita terbaru, baju batik, baju batik kerja, baju batik kantor, baju batik wanita, baju batik pria, kemeja batik, dress batik, dress batik modern

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.