Article

Homepage Article Fashion Design Jenis-Jenis Jaket Puffer…

Jenis-Jenis Jaket Puffer Berdasarkan Isian Hingga Kegunaannya

Butuh rekomendasi jaket yang dapat memberikan perlindungan lebih maksimal pada tubuh saat beraktivitas di luar rumah?. Untuk kamu yang mudah kedinginan, kamu bisa menggunakan jaket puffer yang biasanya memiliki desain cukup ringan dan nyaman dipakai, sehingga tidak terasa berat meskipun cukup tebal.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Puffer

Jaket puffer yang dikenal juga dengan nama puffer jacket adalah sejenis jaket isolasi tebal yang memiliki tampilan bervolume, bengkak atau menggelembung.

  • Jaket puffer memiliki struktur berlapis yang diisi dengan bahan insulasi seperti bulu angsa atau serat sintetis, sehingga memberikan tampilan yang empuk dan menggembung.
  • Jaket puffer memiliki jahitan quilting yang menciptakan kompartemen-kompartemen kecil untuk membantu menjaga distribusi bahan isolasi secara merata.
  • Jaket puffer kebanyakan dibuat dari bahan yang anti air dan anti angin seperti halnya kain parasut, kain taslan, kain despo, kain mayer, kain puma scott dan bahan yang sejenis.  
  • Jaket puffer umumnya dilengkapi pula dengan kerah tinggi serta hoodie untuk memberikan perlindungan yang lebih maksimal pada tubuh dari cuaca dingin.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://preloved.co.id/

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Untuk pilihan modelnya jaket puffer sendiri hadir dalam berbagai jenis dan desain untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan preferensi pengguna. Berikut adalah beberapa jenis jaket puffer yang umumnya banyak dijual dipasaran.

1. Berdasarkan Isian

Berdasarkan isiannya jaket puffer dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori yakni down puffer jacket dan synthetic puffer jacket.

  • Down Puffer Jacket

Down puffer jacket memiliki isian bulu angsa atau bulu itik. Down puffer jacket dapat memberikan kehangatan yang luar biasa saat cuaca dingin namun kurang efektif jika basah dan biasanya lebih mahal.

  • Synthetic Puffer Jacket

Synthetic puffer jacket memiliki isian serat sintetis seperti polyester. Synthetic puffer jacketlebih tahan air dibanding down jacket, tetap hangat saat basah, lebih mudah dirawat, dan biasanya lebih terjangkau.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://www.activedsm.com/

2. Berdasarkan Desain

Berdasarkan desainnya jaket puffer dapat dibedakan ke dalam dua kategori utama yakni hooded puffer jacket yang memiliki hoodie dan non-hooded puffer jacket yang didesain tanpa hoodie.

  • Hooded Puffer Jacket

Hooded puffer jacket biasa dilengkapi dengan hoodie (penutup kepala) untuk perlindungan tambahan dari cuaca dingin dan hujan. Jaket ini sangat cocok digunakan untuk cuaca ekstrim dan aktivitas outdoor.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://int.claudiepierlot.com/

  • Non-Hooded Puffer Jacket

Non-hooded puffer jacket dibuat tanpa hoodie dan sering kali lebih stylish untuk penggunaan sehari-hari. Jaket ini lebih cocok untuk lingkungan urban atau kondisi cuaca yang tidak terlalu ekstrim.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://eragon.gr/

3. Berdasarkan Panjang

Berdasarkan ukuran panjangnya jaket puffer dapat dibagi ke dalam tiga kategori yakni short puffer jacket, mid-length puffer jacket dan long puffer jacket.

  • Short Puffer Jacket

Short puffer jacket memiliki panjang yang mencapai pinggang. Jaket ini dapat memberikan mobilitas yang lebih baik dan cocok untuk aktivitas sehari-hari atau olahraga.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://www.lyst.co.uk/

  • Mid-Length Puffer Jacket

Mid-length puffer jacket memiliki panjang yang mencapai panggul atau sedikit lebih panjang. Jaket ini menawarkan keseimbangan antara kehangatan dan mobilitas.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Long Puffer Jacket

Long puffer jacket memiliki panjang yang mencapai lutut atau lebih panjang. Jaket ini dapat memberikan kehangatan yang maksimal dan perlindungan yang lebih baik pada tubuh dari cuaca ekstrem.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Berdasarkan Fitur Tambahan

Berdasarkan fitur tambahan yang dimilikinya jaket puffer dapat dibagi menjadi tiga kategori yakni packable puffer jacket, water resistant / waterproof puffer jacket dan reflective puffer jacket.

  • Packable Puffer Jacket

Packable puffer jacket dapat dikompresi dan disimpan dalam kantong kecil, jadi sangat praktis untuk traveling atau kegiatan outdoor seperti hiking.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://id.aliexpress.com/

  • Water-Resistant / Waterproof Puffer Jacket

Water-resistant / waterproof puffer jacket dilengkapi dengan lapisan luar yang tahan air atau waterproof sehingga sangat cocok digunakan untuk cuaca basah atau hujan.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://www.amazon.ca/

  • Reflective Puffer Jacket

Reflective puffer jacket memiliki elemen reflektif untuk meningkatkan visibilitas dalam kondisi cahaya rendah. Jaket ini umumnya ideal digunakan untuk aktivitas malam hari atau kondisi pencahayaan buruk.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://aztecdiamond.com/

5. Berdasarkan Gaya

Sementara berdasarkan gaya dan tujuan pemakaiannya, jaket puffer dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yakni casual puffer jacket dan performance puffer jacket.

  • Casual Puffer Jacket

Casual puffer jacket hadir dalam berbagai warna dan pola dengan desain yang lebih stylish dan modern, sehingga sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari di kota.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Performance Puffer Jacket

Performance puffer jacket lebih fokus pada fungsionalitas, kehangatan dan daya tahan karena didesain untuk aktivitas outdoor seperti mendaki gunung atau bermain ski.

Jenis-Jenis Jaket Puffer

Sumber : https://www.harrods.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa variasi jaket puffer yang bisa kamu andalkan untuk menghangatkan tubuh sekaligus pelengkap gaya penampilan yang keren saat cuaca dingin. Dengan banyaknya pilihan yang ada, kamu pun dapat memilih jaket puffer yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket puffer / puffer jacket?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi bahan Kain Parasut, Kain Taslan, Kain Despo, Kain Mayer dan Kain Puma Scott kain terbaik yang kami miliki.

Kalau kamu ingin membuat jaket puffer / puffer jacket sendiri dengan pola yang sudah jadi, kamu bisa mendownload Pola Jaket Puffer siap pakai dari kami.

Simak juga:

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.