Article

Homepage Article Cara Menjahit Elastis Pada Busana

Elastis Pada Busana

Elastis adalah bahan yang berbetuk pita yang fleksibel, terbuat dari karet inti yang dibungkus polyester, katun, nilon atau campuran serat benang. Serat pembungkus dikepang tenun atau dirajut bersama untuk memberikan berbagai ketebalan dan lebar dengan elastis. Benang elastis bisa menyempit dan jika ditarik bisa menjadi ekstra lebar. Elastis terbuat dari zat yang diperoleh dari getah lateks pohon karet. Namun saat ini elastis sudah dibuat dengan teknologi dan bahan yang lebih modern. Setiap elastis memiliki tingkat peregangan (stretchability) yang berbeda-beda. Elastis dapat dijahit pada kain dengan dua cara yaitu cara langsung dijahit sebagai aplikasi dan cara casing.

Elastis

Elastis

Sumber: http://anekarupa.indonetwork.net

Pada metode pertama yaitu cara langsung, elastis melekat pada kain dengan dijahit langsung dengan kain. Dalam metode kedua yaitu casing atau dibungkus, elastis ini terbungkus di dalam kain yang dibuat seperti pipa, elastis ini sering diaplikasikan pada jahitan pinggang, leher, tepi lengan, tepi celana, dan lain sebagainya.

Elastis

Elastis

Sumber: http://makromatutorial.blogspot.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Jenis elastis bermacam-macam yaitu elasti kepang, elastis rajut, elastis tenun, elastis transparan. Elastis kepang biasanya dijahit dengan cara dibungkus karena jenis elastis ini dapat menyempit saat diregangkan. Jika dijahit langsung dengan kain, elastis ini tidak mampu mempertahankan peregangan dan bentuknya, fungsi elastisnya akan mudah berkurang. Elastis ini sangat ringan terutama digunakan pada keliman lengan. Jalinan non-rollnya sesuai untuk ikat pinggang karena dapat tetap datar saat diregangkan.

Elastis

Elastis

Sumber: http://makromatutorial.blogspot.com

Elastis rajut, memiliki sifat yang lembut, ringan, dan kuat. Elastis ini bisa dijahit langsung dengan kain ataupun dengan cara dibungkus. Jenis elastis ini sesuai untuk semua jenis busana.

Elastis

Elastis

Sumber: : http://makromatutorial.blogspot.com

Elastis

Sumber: : http://makromatutorial.blogspot.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Elastis tenun, memiliki ketebalan dan kekuatan yang lebih dari jenis elastis yang lain. Ketika dijahit langsung ke kain dapat mempertahankan lebar dan stretch. Jenis elastis ini juga bisa dijahit dengan cara dibungkus. Elastis ini biasanya diterapkan pada kain berat seperti perabot rumah tangga, selimut, tas, aksesoris, dan lain sebagainya.

Elastis transparan, jenis elastis berbentuk pitayang terbuat dari bahan sintetis. Elastis ini dapat meregang hingga empat kali panjang ukuran biasa dan tidak merusak bentuk dan ukuran aslinya. Elastis ini terbuat dari polyurethane dan tidak mengandung karet. Elastis ini cocok digunakan untuk pakaian anak-anak atau untuk orang yang alergi terhadap lateks. Hal ini terutama digunakan di daerah-daerah yang rentan terhadap kehilangan peregangan seperti bagian bawah kemeja jahitan bahu dan leher. Elastis ini tidak dapat dijahit bungkus karena bentuknya akan mudah berubah dan akan berguling sendiri.

Elastis

Elastis

Sumber: http://hotfrogid.blob.core.windows.net

Gaya hidup aktif menuntut busana yang terbuat dari kain seperti yang memberikan kebebasan untuk berbagai gerakan. Untuk Sahabat Fititnline, kami berikan tips untuk menjahit elastis. Pilihlah elastis yang memiliki persyaratan perawatan yang sama sebagai pakaian jadi. Gunakan elastis yang mampu memulihkan panjang aslinya setelah peregangan. Sesuaikan bahan elastis dengan bahan utama, misal gunakan elastis berbahan katun untuk diaplikasikan pada busana berbahankain katun. Cuci terlebih dahulu elastis berbahan katun sebelum digunakan, karena elastis juga akan menyusut sedikit ketika dicuci. Gunakan elastis berbahan nylon untuk pakaian renang. Pilih benang yang sesuai dengan bahan elastis dan kain utama. Sesuaikan ketegangan benang jahitan dengan peregangan elastis saat menjahit. Potong elastis sesuai dengan panjang yang diperlukan ditambah beberapa centi meter untuk menyelesaikan ujungnya. Ketika menerapkan elastis langsung ke kain potong sekitar lebih pendek dari panjang yang diperlukan, ini akan meregangkan selama jahit. Gunakan jahitan lurus panjang atau jahitan zig-zag saat menjahit elastis langsung ke kain. Sebuah jahitan panjang memiliki panjang tiga atau empat yang terbaik untuk sebagian besar jenis kain dan elastis.

Selamat menjahit dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.