Article

Homepage Article Fashion Design Deafash, Ajang Teman Tuli…

Deafash, Ajang Teman Tuli Mengasah Dan Menunjukan Bakat di Bidang Desain Fashion

DeaFash adalah pelatihan desain fashion gratis khusus untuk Teman Tuli yang diselenggarakan oleh Fitinline.com dan didukung oleh Pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme (Skema Hibah Alumni) yang diadministrasikan oleh Australia Awards in Indonesia. Acara ini akan berlangsung dari bulan Juli sampai dengan Oktober 2022 yang merupakan rangkaian acara pelatihan desain fashion, praktek produksi busana, virtual fashion show dan pelatihan penggunaan aplikasi/teknologi digital untuk mendukung desainer fashion untuk mempromosikan karyanya. Istofani Api Diany sebagai penerima hibah tersebut berharap acara ini dapat memberikan ruang bagi Teman Tuli untuk belajar, berkreasi dan memperkenalkan bakat mereka di bidang desain fashion melalui serangkaian pelatihan, praktek, pengalaman dan pembuatan portfolio yang berisi profil dan karya mereka di bidang fashion.

DeaFash

Belajar desain fashion bagi teman Tuli bisa jadi merupakan hal yang langka, mengingat di Indonesia saat ini belum ada Lembaga formal maupun  non formal yang menyediakan kelas/fasilitas khusus untuk teman Tuli. Teman Tuli diharuskan berusaha ekstra keras untuk bisa mendapatkan kesempatan belajar di bidang desain fashion dengan mengikuti kelas-kelas umum. DeaFash berusaha menghadirkan ketiadaan fasilitas tersebut dengan memberikan pelatihan desain fashion khusus untuk teman Tuli. DeaFash akan membuka wawasan teman Tuli mengenai dunia fashion, profesi apa saja yang bisa dijalani di dunia fashion dan teknik mendesain atau merancang busana yang dijelaskan dengan Bahasa yang sangat sederhana, singkat, padat dan berorientasi pada praktek.

DeaFash

Untuk menjembatani kendala belajar yang umumnya dialami oleh Teman Tuli, DeaFash akan banyak menggunakan gambar, video, text dan menggunakan Juru Bahasa Isyarat (JBI) yang akan membantu komunikasi antara narasumber dan teman Tuli. Materi juga disusun dengan bahasa sederhana dan umum digunakan, mengingat terbatasnya kosakata yang dimiliki oleh teman Tuli.

DeaFash

DeaFash juga akan menggunkan metode belajar yang merangsang teman Tuli untuk lebih aktif berkomunikasi dan berinteraksi. Hal ini sangatlah penting, karena sebagian teman Tuli tidak hanya mengalami hambatan dalam pendengaran tapi pada umumnya juga memiliki kepercayaan diri yang rendah. DeaFash akan menghadirkan suasana belajar yang aman dan nyaman agar teman Tuli berani untuk tampil dan mengeluarkan pendapat. Hal ini merupakan tujuan utama DeaFash, bahwa DeaFash bukan hanya sekedar memberikan ilmu, pengetahuan dan pengalaman di bidang desain fashion tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri pada Teman Tuli.

DeaFash merupakan acara yang diselenggarakan oleh Fitinline.com dan didukung oleh Pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme (Skema Hibah Alumni) yang diadministrasikan oleh Australia Awards in Indonesia.

Fitinline https://fitinline.com
Pemerintah Australia (Kedutaan Besar Australia di Indonesia) https://indonesia.embassy.gov.au/
Australia Awards in Indonesia https://www.australiaawardsindonesia.org/

DeaFash juga didukung oleh partner dan sponsor:


Maped by Datascrip https://instagram.com/duniamaped
Amikom Yogyakarta https://instagram.com/amikomjogja
Gerkatin Daerah Istimewa Yogyakarta https://instagram.com/dpdgerkatindiy
Tailor Indonesia https://id-id.facebook.com/groups/Tailorindonesia/
PLUT-KUKM Daerah Istomewa Yogyakarta https://instagram.com/plutjogja
Jogja Community Creative Center https://instagram.com/Jogjac3
Perspektif https://instagram.com/perspektifjogja
Eldhazza https://instagram.com/eldhazza
Geisha Ratu https://instagram.com/batik.mori.sulawesi.tengah
Aruna Kreatif  https://instagram.com/arunacreative.id
Janitra Butik https://instagram.com/yulvitajanitra

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.