Article

Homepage Article Kain Tekstil Ciri Khas, Kelebihan dan…

Ciri Khas, Kelebihan dan Kekurangan Kain Lotto Serta Pemanfaatannya Untuk Pakaian Olahraga

Bingung mencari bahan pakaian olahraga yang tepat?. Bila anda ingin membuat pakaian olahraga dengan model kaos, celana training dan juga jaket olahraga, maka salah satu bahan yang patut dipertimbangkan yakni berupa kain lotto yang memiliki karakteristik halus, lembut, lentur dan dapat menyerap keringat dengan baik.

Pengertian Kain Lotto

Kain lotto merupakan sejenis bahan kain yang memiliki kemiripan dengan jersey, polyester atau campuran dari keduanya. Sama halnya dengan diadora dan adidas yang umum digunakan untuk pakaian olahraga, nama lotto sendiri sebenarnya juga diadaptasi dari nama brand sport yang sangat terkenal di Italia yakni lotto.

Bahan Kain Lotto

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Mengawali kegiatan operasionalnya dengan memproduksi sepatu olahraga tenis, pabrik pakaian olahraga asli Treviso Italia yang didirikan pada tahun 1973 kemudian merambah ke cabang olahraga lainnya, seperti voli, atletik, serta sepak bola. Begitu lotto sampai ke Indonesia brand ini langsung disukai banyak orang.

Bahan Kain Lotto

Sumber : https://www.lotto.it/

Terinspirasi dari produk buatan lotto yang memang sudah sangat terkenal akan kualitasnya tidak sedikit produsen yang mulai mereplika material yang biasa dipakai kotto dalam produk-produknya lantaran bahan lotto dianggap memiliki karakter khas yang cukup istimewa bila dibandingkan dengan bahan yang lainnya.

Bahan Kain Lotto

Sumber : https://fitinline.com/

Ciri Khas Kain Lotto

Sebagai bahan kain yang berkualitas tinggi, kain lotto sebenarnya tersedia dalam dua varian yang berbeda yakni berupa kain lotto khusus dan kain lotto super. Meski berbeda jenis tapi keduanya sama-sama memiliki sejumlah ciri khas tersendiri yang mungkin tidak dapat dijumpai pada bahan pakaian lain lho.

  1. Kain lotto memiliki karakteristik yang halus dan lemas (tidak kaku) sehingga akan terasa sangat nyaman dipakai untuk berbagai macam aktivitas.
  2. Tekstur kain lotto terasa sangat lembut apabila dipegang dan cenderung bersifat elastis karena terdapat kandungan serat sintetik di dalamnya (spandeks atau poliester) tergantung tingkat kelenturan kain yang diinginkan.
  3. Jika dilihat dari luar permukaan bahan kain lotto akan tampak seperti berongga tetapi bagian dalamnya begitu rapat menutup bentuk tubuh dengan sempurna. Hasil tenunannya rapat, nyaris tidak ada celah cahaya yang dapat melaluinya.
  4. Kain lotto memiliki bobot relatif ringan dan ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
  5. Sebagai bahan kain yang menawarkan berbagai kelebihan dan kenyamanan, maka bahan lotto bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis pakaian.
  6. Bahan kain lotto tersedia dalam banyak pilihan warna, untuk satu jenis warna saja minimal terdapat tiga varian coraknya. Material ini umumnya dibuat polos tanpa motif kecuali untuk kebutuhan tertentu.
  7. Kain lotto terlihat simpel dikenakan bahkan untuk yang warnanya mencolok sekalipun. Kain ini juga populer dengan kemampuannya dalam menampilkan warna yang begitu kuat.
  8. Kain lotto mudah menyerap keringat sehingga sangat cocok dipakai untuk berolahraga atau melakukan aktivitas lain yang banyak mengeluarkan keringat. 

Kelebihan Kain Lotto

Dengan melihat sejumlah ciri khas yang dimilikinya, bahan kain lotto jelas menawarkan sejumlah kelebihan tersendiri bila dibandingkan dengan jenis pakaian yang lainnya. Beberapa kelebihan dari kain lotto yang paling mencolok diantaranya:

  1. Kain lotto akan terasa sangat lembut dan dingin ketika melekat pada kulit. Bahkan ketika tubuh berkeringat sekalipun, kain ini akan tetap terasa nyaman dipakai.
  2. Kain lotto memiliki tekstur yang halus dan serat kain yang sangat kencang sehingga membuat teksturnya sangat lembut.
  3. Kain lotto tergolong awet dan tahan lama karena diproses dengan teknologi khusus yang menjadikannya sebagai bahan berkualitas tinggi.
  4. Kain lotto dapat digunakan dalam segala jenis cuaca baik itu pada suhu hangat atau lembab karena jenis bahan ini memiliki daya serap air yang cukup tinggi.
  5. Kain lotto mudah untuk dicuci dan dikeringkan. Cara mencuci yang terbaik adalah dengan mencuci tangan dan menggosoknya secara perlahan.

Kekurangan Kain Lotto

Dibalik sejumlah keunggulan yang ditawarkannya kain lotto sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Beberapa kekurangan dari kain lotto diantaranya:

  1. Serat kain lotto bisa rusak karena detergen, karena alasan itulah saat anda hendak mencuci menggunakan detergen maka anda harus ektra hati- hati.
  2. Kain lotto dapat kehilangan pesonanya jika di cuci dengan menggunakan detergen yang berbahan keras.
  3. Kain lotto tidak cocok untuk suhu ekstrem karena bahannya kurang tebal.
  4. Meskipun kain lotto sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jaket namun pakaian yng dibuat dari bahan tersebut tidak cukup untuk menghangatkan tubuh jika digunakan di daerah yang bersuhu dingin.
  5. Kain lotto tidak memiliki sifat waterproof jadi tidak bisa dijadikan sebagai jaket untuk pengendara motor maupun pendaki gunung karena lebih mudah menyerap air.

Butuh bahan kain lotto berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos, jaket maupun celana?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa variasi bahan kain lotto yang bisa anda pakai untuk membuat sejumla pakaian tersebut. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kain Kaos Lotto Warna Tua

Kain lotto warna tua tersedia dalam warna biru sedang, merah bata, abu sedang, orange, abu tua, hijau super, turkis tua, salem, toska tua, fuji, turkis sedang, magenta, ungtu tua, merah cabe, TNI, coklat kopi, dongker, benhur, hitam krem, ungu muda dan tosca muda.

2. Kain Kaos Lotto Warna Sedang

Kain lotto warna sedang tersedia dalam warna kuning kenari, kuning kenari tua, kuning mas, kuning kunyit, hijau pupus dan coklat khaki.

3. Kain Kaos Lotto Warna Muda

Kain lotto warna muda tersedia dalam warna baby blue, turkish muda, rose muda, abu muda, kuning muda, krem, ungu muda dan tosca muda.

Pemanfaatan Kain Lotto

Dengan karakteristik bahannya yang lembut kain lotto akan terasa sangat nyaman jika diaplikasikan pada berbagai jenis produk pakaian seperti jaket, kaos maupun celana training. Selain digunakan untuk bahan pakaian tidak sedikit pula orang yang menggunakan kain lotto ini untuk sarung kursi dan dekorasi lainya.

1. Jaket Olahraga

Kain lotto umumnya banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jaket olahraga yang fashionable, misalnya saja jaket tim sepak bola luar negeri. Material ini paling mudah ditemukan pada produk jaket olahraga model bomber, yang merupakan replika dari keluaran resmi klub-klub sepak bola ternama di dunia.

Bahan Kain Lotto

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Tertarik untuk membuat jaket bomber dengan pola yang sudah jadi?. Anda bisa mendownload Pola Jaket Bomber dari kami. Pola jaket bomber ini dibuat untuk konsumsi rumahan dimana pola dalam bentuk file PDF.

2. Kaos Olahraga

Selain untuk bahan jaket olahraga, kain lotto juga dapat digunakan untuk membuat kaos hanya saja bahan yang dipilih biasanya lebih tipis. Umumnya kaos yang dibuat dari kain lotto dapat digunakan untuk baju sepakbola dan futsal, bahan pakaian jogging, serta pakaian bulutangkis.

a. Kaos Sepak Bola dan Futsal

Kain lotto secara umum memiliki karakteristik cukup halus, lembut dan lemas sehingga sangat cocok digunakan sebagai pakaian sepak bola dan juga futsal yang melibatkan banyak gerakan tubuh.

  • Kain lotto terlihat cukup halus dan lembut namun tidak mengkilat seperti bahan kain serena.
  • Kain lotto juga sangat lemas, sehingga sangat cocok digunakan sebagai pakaian sepak bola atau futsal.
  • Pakaian sepak bola dan futsal yang dipakai dari kain lotto akan terasa sangat nyaman ketika di pakai.

b. Pakaian Joging

Kaos berbahan lotto dapat dipakai ketika melakukan olahraga jogging. Selain nyaman dipakai bahan ini juga memiliki daya serap yang cukup tinggi namun disisi lain juga sangat mudah kering.

  • Kain lotto sangat cocok di pakai sebagai bahan pembuatan pakaian joging karena bahannya terasa halus, lembut dan sedikit mengkilap.
  • Selain terasa nyaman saat di pakai kain ini juga memiliki daya serap yang cukup baik jadi tidak terasa berat dipakai untuk aktivitas tinggi.

c. Pakaian Bulutangkis

Permainan bulutangkis merupakan jenis olahraga yang membutuhkan keluwesan pemainnya, jadi sudah semestinya jika pakaian yang dikenakan dibuat dari kain yang nyaman seperti kain lotto.

  • Kain lotto yang tipis dan sejuk akan memberikan kenyamanan tersendiri saat dipakai untuk pakaian olahraga.
  • Untuk mendapatkan kaos lotto yang berkualitas tinggi anda bisa membelinya di tempat khusus yang menjual berbagai macam perlengkapan pakaian olahraga.

Bahan Kain Lotto

Sumber : https://en.supersports.co.th/

Dibandingkan dengan jenis kaos yang dibuat dari bahan lain, kos berbahan lotto umumnya  memiliki variasi ukuran yang sedikit. Banyak pula produk dari kain lotto yang mengaplikasikan model potongan busana unisex yang tidak memandang gender, sehingga bisa dipakai oleh pria maupun wanita.

Ingin membuat kaos olahraga untuk keperluan pribadi maupun produksi tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload pola kaos dari kami. Beberapa contoh pola kaos yang dimaksud antara lain berupa:

a. Pola Kaos Anak

Pola kaos anak merupakan pola kaos yang biasa dipakai untuk membuat kaos oblong anak-anak. Jenis lengan yang diaplikasikan pada kaos ini yaitu berupa lengan licin.

b. Pola Kaos Raglan Anak

Pola kaos raglan anak merupakan pola kaos yang biasa dipakai untuk membuat kaos oblong anak-anak. Jenis lengan yang diaplikasikan pada kaos ini yaitu berupa lengan raglan.

c. Pola Kaos Konveksi

Pola kaos konveksi merupakan pola kaos oblong standar yang biasa dipakai untuk membuat kaos ukuran dewasa. Jenis lengan yang diaplikasikan pada kaos adalah lengan licin.

d. Pola Kaos Raglan Pria

Pola kaos raglan pria merupakan pola kaos yang biasa dipakai untuk membuat kaos oblong pria dewasa. Jenis lengan yang diaplikasikan pada kaos adalah lengan raglan.

e. Pola Kaos Raglan Wanita

Pola kaos raglan wanita merupakan pola kaos yang biasa dipakai untuk membuat kaos oblong wanita dewasa. Jenis lengan yang diaplikasikan pada kaos adalah lengan raglan.

3. Celana Training

Kain lotto cocok digunakan sebagai bahan celana training super nyaman yang memiliki potongan longgar dan tidak ketat. Dengan sifatnya yang lembut dan lentur, kain lotto juga mampu memberikan fleksibilitas dan kenyamanan saat dipakai berolahraga maupun untuk kegiatan lain yang sifatnya lebih casual.

  • Kain lotto sangat tepat digunakan untuk membuat celana olahraga karena memiliki bahan yang sangat lembut, adem dan disukai banyak orang.
  • Kain lotto juga memiliki daya serap yang cukup tinggi. Jadi ketika anda mengeluarkan keriagat, maka keringat tersebut akan cepat terserap celana yang anda pakai.

Bahan Kain Lotto

Sumber : https://www.tennis-point.com/

Sebagai pelengkap gaya penampilan saat melakukan aktivitas olahraga celana training secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi yang berbeda. Beberapa jenis celana yang dimaksud antara lain berupa:

  • Celana training model gaucho yang memiliki bentuk sedikit melebar ke bawah dengan panjang 7 sampai 8 kaki.
  • Celana training model flare yang berpotongan lurus di bagian pinggang sampai lutut kemudian melebar di bagian bawah.
  • Celana training model boot cut yang juga memiliki potongan yang mengembang meski tidak terlalu lebar.
  • Celana training model slacks atau pipa yang berbentuk lurus ke bawah.

Tertarik untuk membuat celana training sendiri sebagai pelengkap pakaian olahraga anda?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Celana Training dari kami.

Untuk berbagai seragam komunitas, sekolah dan club, kain lotto sangat direkomendasikan. Asal dibuat dengan desain dan potongan yang tepat, pakaian berbau olahraga yang diciptakan dari kain lotto pasti akan terlihat sangat sporty dan elegan.

Merawat Pakaian Berbahan Lotto

Punya sejumlah koleksi pakaian olahraga yang dibuat dari kain lotto?. Penting untuk diketahui bahwa pakaian berbahan lotto sebenarnya tidak bisa dicuci dengan detergen berbahan keras dan disetrika dengan suhu yang panas. Maka dari itu proses mencuci dan menjemurnya juga harus disiasati dengan cara yang tepat.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pakaian yang tidak diinginkan coba terapkan beberapa tips sederhana sebagai berikut untuk merawat pakaian berbahan lotto yang anda miliki.

  1. Biasakan untuk langsung mencuci pakaian olahraga berbahan lotto setiap kami anda selesai menggunakannya, jika tidak sempat maka anda bisa menggantungnya lebih dulu.
    • Jangan mencampur atau bahkan menumpukknya dalam keranjang pakaian kotor karena akan membuatnya jadi lembab dan berbau tidak sedap.
    • Lebih baik simpan pakaian olahraga yang tidak akan langsung dicuci setelah digunakan dengan cara digantung untuk mencegah tumbuhnya bakteri dan kuman.
  2. Untuk mengetahui cara pencucian yang direkomendasikan selalu cek label yang tertera pada pakaian olahraga anda. Penggunaan air panas memang bisa membunuh bakteri, tapi efek sampingnya bisa merusak serat kain.
  3. Bila pakaian anda terkena noda yang cukup pekat dan banyak, sebaiknya rendam pakaian tersebut dalam air biasa selama kurang lebih 30 menit lamanya sebelum dicuci.
  4. Bila pakaian yang anda miliki harus dicuci dengan tangan maka anda bisa mencucinya sambil mengucek pakaian secara perlahan. Setelah proses pencucian selesai dilakukan, segera jemur cucian anda agar tidak berbau.
  5. Setelah dirasa cukup kering segera angkat pakaian berbahan lotto dari jemuran kemudian setrika dan disimpan dengan cara digantung.
    • Menyetrika pakaian berbahan lotto harus penuh kehati-hatian.
    • Supaya lebih aman anda cukup menyetrika sebentar agar tidak kusut.
    • Untuk cara menyetrikanya juga harus dengan suhu yang paling rendah, karena jika menggunakan suhu panas maka akan merusak kain.

Demikian pemahasan singkat mengenai ciri khas, kelebihan dan kekurangan, pemanfaatan kain lotto pada produk pakaian olahraga serta cara perawatannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga dengan menggunakan bahan kain yang tepat, aktivitas olahraga yang anda lakukan jadi terasa lebih ringan dan menyenangkan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.