Article

Homepage Article Batik Cara Membuat Arashi Shibori

Cara Membuat Arashi Shibori

Shibori merupakan teknik menghias bahan tekstil dari Jepang yang dapat diperoleh dengan cara mengikat, melipat, memelintir atau menekan kain. Salah satu jenis shibori yang sangat populer yaitu berupa arashi shibori yang memiliki pola hias berbentuk garis-garis menyerupai hujan dikala badai. Arashi shibori dikenal juga sebagai shibori yang dililitkan di sekeliling silinder, lalu diikat kencang dengan benang kemudian didorong hingga berkerut. 

 

Arashi Shibori

Sumber : http://blog.eltarrodeideas.com

Dalam membuat arashi shibori, perlengkapan yang dibutuhkan diantaranya berupa kain sutra atau katun berwarna putih, sendok ukur, pipa PVC, benang, gunting, pewarna kain, garam untuk penguat warna, spatula, panci, sarung tangan karet, dan baskom berisi air dingin.

Arashi Shibori

Sumber : https://onesmallstitch.wordpress.com

Proses pembuatan arashi shibori dimulai dengan melilitkan kain pada bagian luar pipa PVC dan mengikatnya menggunakan benang yang telah dipersiapkan. 

Arashi Shibori

Sumber : http://honestlywtf.com

Setelah seluruh bagian kain yang melilit di sepanjang pipa terikat dengan kuat, selanjutnya dorong kain hingga berkumpul pada ujung pipa dan membentuk sebuah kerutan yang sangat rapat. 

Arashi Shibori

Sumber : http://quilterb-bethsblog.blogspot.com

Tuangkan pewarna kain dan garam sebanyak 5 sendok makan ke dalam panci yang berisi air panas kemudian aduk secara merata menggunakan spatula. 

Arashi Shibori

Sumber : http://honestlywtf.com   

Celupkan kain yang terikat pada pipa PVC ke dalam larutan pewarna dan diamkan selama beberapa menit. 

Arashi Shibori

Sumber : http://honestlywtf.com

Setelah zat warna meresap sempurna ke dalam serat kain, pindahkan gulungan kain tersebut ke dalam baskom berisi air dingin untuk proses fiksasi sekaligus menghilangkan sisa pewarna yang tidak terserap oleh kain.

Arashi Shibori

Sumber : http://pixgood.com

Lepaskan benang yang terikat kuat disepanjang pipa menggunakan bantuan gunting, kemudian bilas kembali kain tersebut menggunakan air bersih. 

Arashi Shibori

Sumber : http://honestlywtf.com

Terakhir, jemur kain dibawah sinar matahari dan biarkan mengering secara alami.

Arashi Shibori

Sumber : https://www.tumblr.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.