Article

Homepage Article Batik Perkembangan Batik Subang…

Perkembangan Batik Subang dan Motif-Motif Yang Menjadi Ciri Khasnya

Kabupaten Subang terletak di jalur pantura dan termasuk salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Subang tergolong sebagai daerah penghasil batik yang baru. Sejak dikukuhkan menjadi warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu, batik Indonesia mengalami perkembangan cukup signifikan. Setiap daerah di Indonesia berlomba-lomba mempromosikan motif batik khas daerahnya, demikian pula daerah yang tidak memiliki budaya membatik, kini mulai merintis mengembangkan batik dengan motif yang menggambarkan ciri khas daerahnya masing-masing, termasuk daerah Subang.

Batik Ganasan

Batik Ganasan

Sumber: http://balareabatikjabar.org

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.Batik Subang kini masih dalam proses pengembangan mulai dari pengembangan motif dan pengembangan teknik pewarnaan. Salah satu motif khas dari Batik Subang adalah batik bermotif nanas atau yang disebut dengan Batik Ganasan. Salah satu pelopor pengembangan batik di Subang adalah Arves Batik yang berlokasi di daerah Cinangsi, Kecamatan Cibogo. Industri batik rumahan tersebut mulai dirintis sejak sekitar tahun 2009 silam. Disini, batik benar-benar diproduksi dari tahap awal menggambar hingga tahap akhir pemberian warna sampai pelorodan. Pengrajin batik yang lainnya di Subang, hanya membuat gambar motif kemudian memproduksi batiknya di luar Subang.

Batik Ganasan

Batik Ganasan

Sumber: http://balareabatikjabar.org

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Motif batik yang diproduksi menggambarkan ciri khas wilayah Subang, diantaranya motif batik ganasan yang terinspirasi corak buah nanas yang merupakan buah khas Subang. Motif Ganasan bisa berupa corak kulit nanas, bentuk buah nanas ataupun bentuk daun nanas. Adapula motif sisingaan, daun teh, kupu dan lain-lain yang menggambarkan flora, fauna dan kekayaaan budaya yang menjadi ciri khas wilayah Subang.

Batik Ganasan

Batik Ganasan

Sumber: http://www.kotasubang.com

Batik Ganasan

Batik Ganasan

Sumber: http://balareabatikjabar.org

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Keseriusan warga masyarakat dalam menjaga dan melestarikan Batik Subang terlihat pada penyelenggaraan Lomba Disain Batik Khas Subang tahun 2012. Kegiatan lomba ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabpaten Subang dengan mengambil tema "Menggali Inspirasi Motif Batik Khas Subang" yang bekerja sama dengan instansi atau lembaga setempat. Dekranasda Jawa Barat sangat mengapresiasi upaya PHRI Subang yang berupaya memelihara batik bersama generasi muda. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menjadi pemicu dan menggali kreativitas dan inovasi tradisi batik yang sudah berakar dan memiliki sejarah panjang di daerah Jawa Barat. Kabupaten subang yang masih merintis aktivitas membatik perlu mendapatkan pendampingan. Sehingga tidak bisa disamakan dengan daerah lain yang telah memiliki ciri khas seperti Garut dan Cirebon. Pendampingan yang dilakukan melalui berbagai program dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat diantaranya melalui program dari dinas pendidikan untuk melakukan regenerasi aktifitas membatik dari kalangan pelajar. Hal ini merupakan cara-cara efektif untuk melakukan regenerasi. Mengingat selama ini asosiasi aktivitas membatik hanya dilakukan oleh para sepuh (orang yang sudah tua).

Proses Membatik Batik Subang

Proses Membatik Batik Subang

Sumber: http://www.reportersubang.com

Batik Ganasan

Batik Ganasan

Sumber: http://www.kotasubang.com

Seoga bermanfaat.

Tags: jual kain, jual kain batik, jual batik, jual kain batik murah, toko kain, toko kain batik, toko batik, toko batik online, toko kain batik online, beli kain, beli kain batik, beli batik, batik indonesia, belanja batik, belanja batik online, motif batik, harga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.