Article

Homepage Article Batik Batik Ngawi

Batik Ngawi

Keberadaan Kabupaten Ngawi terletak di ujung barat Propinsi Jawa Timur, dan berbatasan langsung dengan Propinsi Jawa Tengah. Ngawi berasal dari kata “awi”, artinya bambu yang selanjutnya mendapat tambahan huruf sengau “Ng” menjadi “Ngawi”. Kabupaten Ngawi menunjukkan suatu tempat yang di sekitar pinggir Bengawan Solo dan Bengawan Madiun yang banyak ditumbuhi bambu. Seperti halnya di daerah lain, daerah ini juga menyimpan banyak keindahan dan kekayaan alam yang luar biasa. Kearifan lokal dan seni tradisi yang masih dijaga dan terus dikembangkan, salah satunya adalah kain batik.

Batik Ngawi

Batik Ngawi

Sumber: http://widinugrahabatik.blogspot.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Sejarah tentang awal mula kegiatan membatik di Ngawi memang sudah ada sejak jaman nenek moyang. Kegiatan membatik di Ngawi pernah mengalami mati suri, namun akhir-akhir ini mulai dikembangkan lagi. Awalnya, kegiatan membatik hanya pekerjaan sampingan tapi sekarang membatik mulai menjadi pekerjaan utama bagi kaum ibu di sentra kerajinan Batik Ngawi yang terdapat di beberapa lokasi, yaitu Desa Munggut, Kecamatan Padas, dan Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren. Desa lain juga ada yang mulai menggiatkan membatik yaitu Desa Jenggrik dan Desa Gentong. Selain melestarikan budaya bangsa, membatik juga memberikan penghasilan tambahan yang lumayan guna membantu perekonomian warga.

Batik Ngawi

Batik Ngawi

Sumber: http://www.sujanto.info

Topografi Kabupaten Ngawi terdiri atas dataran tinggi, yakni daerah yang terletak di sekitar Gunung Lawu. Di situ banyak obyek wisata yang menarik seperti Perkebunan Teh Jamus dengan hawa udara nan sejuk dan asri. Sedangkan untuk dataran rendah, kabupaten dengan sebutan Kota Ramah ini didominasi hamparan lahan pertanian. Tak jauh dari pusat Kota Ngawi ada satu titik pertemuan dua bengawan dengan sebutan Kali Tempuk, di situlah pertemuan antara Bengawan Solo dengan Bengawan Madiun. Hasil pertanian dan perkebunan dari wilayah ini sudah kondang, sehingga Kabupaten Ngawi mendapat julukan ‘Lumbung Padi’ Propinsi Jawa Timur. Selain itu juga penghasil kedelai maupun melon yang melimpah. Kabupaten Ngawi juga tersohor akan Museum Trinil, Benteng Pendem, dan Alas Ketonggo atau Alas Srigati, sehingga Kabupaten Ngawi mendapat predikat sebagai Daerah Pusaka. Karena tempat ini ada hubungan histori sejarah berdirinya Bangsa Indonesia. Selain itu, wilayah kabupaten Ngawi sekitar 35 persen merupakan kawasan hutan yang mampu menghasilkan banyak tanaman pohon jati.

Batik Ngawi

Batik Ngawi

Sumber: http://widinugrahabatik.blogspot.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Karena keindahan dan kekayaan yang dimiliki Kabupaten Ngawi, sehingga dijadikan inspirasi dan dituangkan dalam berbagai motif batik yang indah. Motif Batik Ngawi bisa dibedakan menjadi dua yaitu, batik motif yang dibuat di desa Desa Munggut, Kecamatan Padas, dan Desa Banyubiru, Kecamatan Widodaren. Motif batik yang dibuat di Desa Munggut Kecamatan Padas yaitu Motif Benteng Pendem, Motif Bambu Jati, Bambu Jati Abang, Bambu Rebung, Bambu Trinil, Pring Gadhing, Motif Kedelai, Melon Khas Ngawi, Jati Aking, Padi Mendhung, Padi Sawah, Teh Jamus, The Pucuk, Mawar dan Kupu-Kupu, Motif Kali Tempuk, Motif Pithecantropus Erectus, Trinil Bledak, Parang Trinil, Perang Antar Suku, Lereng Ceplok Trinil, Ngawi Joyo I dan II, Lereng Gading, Nomaden, dan masih banyak lagi motif yang lainnya. Sedangkan motif yang dibuat di Desa Banyubiru Kecamatan Widodaren yaitu adalah Gringsing, Bokor Kencono, dan Sido Mukti.

Batik Ngawi (Desa Banyubiru)

Batik Ngawi (Desa Banyubiru)

Sumber: http://www.eastjavatraveler.com

Batik Ngawi (Desa Munggut)

Batik Ngawi (Desa Munggut)

Sumber: http://widinugrahabatik.blogspot.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Terdapat beberapa kendala dalam mengembangkan Batik Ngawi ini, salah satunya masalah modal. Namun Pemkab setempat terus melakukan upaya agar Batik Ngawi terus berkembang, salah satunya memberikan bantuan berupa alat produksi. Upaya lain yang dilakukan Pemerintah  berupa menyelenggarakan lomba desain Batik Ngawi untuk menggali potensi batik yang ada di Kabupaten Ngawi, sehingga bisa dikenal, diingat dan menimbulkan kebanggaan di kalangan warga Ngawi. Dan juga pemakaian Batik Ngawi menjadi seragam pegawai di Pemkab pada hari Kamis.

Batik Ngawi

Batik Ngawi

Sumber: http://widinugrahabatik.blogspot.com

Batik Ngawi

Sumber: http://widinugrahabatik.blogspot.com

Bagi sahabat Fitinline pecinta batik, silakan Batik Ngawi dijadikan salah satu batik koleksi anda. Seomga bermanfaat.

Tags: jual kain, jual kain batik, jual batik, jual kain batik murah, toko kain, toko kain batik, toko batik, toko batik online, toko kain batik online, beli kain, beli kain batik, beli batik, batik indonesia, belanja batik, belanja batik online, motif batik, harga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.