Article

Homepage Article Batik 5 Ciri Khas Yang Membedakan…

5 Ciri Khas Yang Membedakan Batik Blitar Dengan Kain Batik Lainnya

Kabupaten Blitar merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur, tempat dimana Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno dimakamkan. Seperti halnya masyarakat Yogyakarta, Solo, atau Pekalongan, masyarakat Blitar ternyata juga memiliki kekayaan alam serta budaya daerah yang menarik dan banyak dijadikan inspirasi dalam pembuatan kain batik.

Batik Blitar

Sumber : http://ummaypunya.blogspot.co.id/

Secara kualitas dan mutu, kain batik yang dihasilkan oleh masyarakat Blitar secara keseluruhan tidak kalah bagus dengan batik tulis dari daerah lain. Batik Blitar sendiri umumnya memiliki kekhasan corak tersendiri yang berbeda satu-sama lain, baik dari segi motif, ragam hias, dan juga warnanya yang disesuaikan dengansumber daya alam dan lingkungan yang ada di daerah tersebut. 

Batik Blitar

Sumber : http://batik.or.id/

Ornamen Utama

Ornamen utama yang menghiasi kain batik Blitar yaitu berupa hewan dan tumbuhan yang menjadi ikon desa atau komoditi dagang di daerah Blitar. Sebut saja bunga kenanga dan ikan yang sering dijumpai di kabupaten Blitar. Motif ikan koi dan ikan gurami merupakan contoh ornamen utama yang memiliki sumber ide dari potensi daerah kabupaten Blitar dibidang perikanan.

Batik Blitar

Sumber : http://ummaypunya.blogspot.co.id/

Ornamen Pendukung

Untuk mempercantik tampilan kain batik Blitar ditambahkan pula ornamen pendukung yang didominasi oleh tumbuh-tumbuhan. Tumbuhan ini dapat diwujudkan dengan motif bunga, batang dan daun yang cenderung lebih kecil dari ornamen utama.

Batik Blitar

Sumber : https://batikwarna.wordpress.com/

Isen-Isen

Isen-isen yang digunakan dalam batik Blitar umumnya memiliki ragam isen yang tidak terlalu banyak, beberapa diantaranya yaitu isen cecek dan sawut.

Batik Blitar

Sumber : http://baltyra.com/

Warna Batik

Kain batik yang dihasilkan oleh masyarakat Blitar cendarung didominasi warna-warna gelap seperti biru tua, merah tua, hitam, coklat dan hijau. Dalam proses pewarnaannya batik di kawasan Blitar masih banyak menggunakan zat pewarna tekstil sebagai pewarna batik meski beberapa juga menggunakan zat pewarna alam.

Batik Blitar

Sumber : http://batik-blitar.blogspot.co.id/

Makna Batik

Batik dikawasan Blitar memiliki makna dan harapan yang sangat beragam, tetapi sebagian besar mengandung nasehat untuk berprilaku baik, jujur, tidak sombong, tanggung jawab dan kerja keras dalam bidang apapun.

  • Motif singo barong merupakan simbol pakaian batik adat untuk berperang mempertahankan sebuah kekuasaan.
  • Motif koi penataran mempunyai arti kesuburan, kebahagiaan, dan keakraban sesama manusia.
  • Motif kopi blitar merupakan simbol kepemimpinan yang berjiwa adil dalam memutuskan suatu masalah.
  • Motif lumbu mempunyai arti kepemimpinan yang merakyat, layaknya karakter pohon lumbu yang dapat hidup ditempat manapun.

Batik Blitar

Sumber : http://batik-blitar.blogspot.co.id/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.