Article

Homepage Article Batik Perkembangan Batik Bandung…

Perkembangan Batik Bandung dan Motif-Motif Yang Menjadi Ciri Khasnya

Menghabiskan weekend dengan jalan-jalan ataupun berbelanja memang tak ada salahnya, apalagi untuk menghilangkan kejenuhan selama bekerja. Dan bisa jadi pilihan sahabat Fitinline adalah menjelajahi kota Bandung. Kota Bandung memiliki beberapa sebutan yaitu Kota Kembang dan juga Paris Van Java. Di Bandung juga terdapat tempat wisata yang asyik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Bagi anda pecinta batik, di Bandung juga terdapat sentra kerajinan batik. Batik Bandung memiliki motif serta keunikan yang berbeda dengan batik dari daerah lain. Batik Bandung memiliki beberapa jenis menurut tempat asal pembuatannya yaitu Batik Kota Bandung, Batik Kabupaten Bandung, dan Batik Kabupaten Bandung Barat.

Pada zaman sebelum kemerdekaan, Batik Bandung dibuat oleh para perajin di sekitar pinggiran sungai Cikapundung. Namun pada saat ini penginggalannya sudah tidak tersisa. Saat ini batik Bandung berkembang dan lebih mengedepankan desain kontemporer dan modern, mengingat Bandung sebagai kota kreatif. Namun ada pula beberapa motif kedaerahan yang pernah dikembangkan. Ada beberapa daerah pengembangan Batik Bandung, diantaranya berada di daerah Cigadung, yakni daerah dekat Taman Makam Pahlawan Cikutra. Di daerah ini ada beberapa tokoh yang berkiprah dalam pengembangan batik Jawa Barat. Adapula industri kerajinan batik yang berada di daerah Sarijadi dan Bojong Koneng.

Batik Bandung Motif Patrakomala Cangkurileung

Batik Bandung Motif Patrakomala Cangkurileung

Sumber: http://balareabatikjabar.org

Batik Bandung Binari Kawung

Batik Bandung Binari Kawung

Sumber: http://balareabatikjabar.org

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Motif-motif batik Bandung berkaitan erat dengan kerajaan Pajajaran. Konon dalam naskah kuno Siksa Kanda Ing Karesian, telah dikenal berbagai motif batik di Rakean Darma siksa (1175-1297). Motif-motif batiknya antara lain motif Ragen Penganten, Kampuh Jayati, dan lain sebagainya. Namun motif-motif ini hilang bersamaan dengan lenyapnya kerajaan Pakuan Pajajaran sekitar tahun 1579. Ada beberapa motif yang berhasil direka ulang, yakni motif Ragen Penganten, kembang Muncang Jayanti, dan Banyak Ngantrang, yang kemudian dikenal sebagai motif batik Pakuan Pajajaran. Motif-motif inilah yang diterapkan pada Batik Kabupaten Bandung.

Batik Bandung Motif Jalak Harupat

Batik Bandung Motif Jalak Harupat

Sumber: http://balareabatikjabar.org

Batik Bandung Ragen Panganten

Batik Bandung Ragen Panganten

Sumber: http://balareabatikjabar.org

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Ada beberapa wilayah dimana batik khas Kabupaten Bandung Barat berkembang, salah satunya adalah batik Lembang. Batik Lembang muncul di daerah kayu ambon pada tahun 2007 atas prakarsa salah seorang kolektor batik. Pada awalnya daerah ini hanya menjual batik dari berbagai daerah, lambat laun daerah ini memproduksi batik dengan motif sendiri yang tersinspirasi dari kearifan tanah Lembang. Saat ini ada beberapa motif yang dikembangkan antara lain motif kenanga, bintang, boscha, papatong pucuk teh, kawung stroberi, dan pinus.

Batik Bandung Motif Boscha Perkasa

Batik Bandung Motif Boscha Perkasa

Sumber: http://balareabatikjabar.org

Batik Bandung Motif Stroberi

Batik Bandung Motif Stroberi

Sumber: http://balareabatikjabar.org

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Di Bandung juga terdapat batik dengan corak atau motif abstrak. Motif abstrak memang lepas dari pakem batik tradisional, namun teknik membatiknya tetap sama yaitu menggunakan teknik batik tulis. Pada motif abstrak yang tergambar hanyalah garis geometris berwarna cerah. Batik abstrak kontemporer ini tampil ekspresif, bebas, bahkan polos, yang menjadi bentuk murni ungkapan jiwa.

Batik Bandung Motif Abstrak

Batik Bandung Motif Abstrak

Sumber: http://liestinaagustin.blogspot.com

Batik Bandung Motif Abstrak

Sumber: http://etnikgaleri.blogspot.com

Semoga artikel dari kami bermanfaat serta bisa menambah dan melengkapi pengetahuan anda mengenai batik Nusantara. Cintai terus budaya bangsa ya sahabat Fititnline.

Ingin belajar membatik? Lihat videonya Disini.

Tags: jual kain, jual kain batik, jual batik, jual kain batik murah, toko kain, toko kain batik, toko batik, toko batik online, toko kain batik online, beli kain, beli kain batik, beli batik, batik indonesia, belanja batik, belanja batik online, motif batik, harga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.