Article

Homepage Article Fashion Design 9 Brand Yang Memproduksi…

9 Brand Yang Memproduksi Jersey Bola Untuk Piala Dunia 2022

Selain menjadi ajang unjuk gigi bagi para pemain bola, perhelatan Piala Dunia 2022 juga menjadi ajang produsen alat olahraga untuk memamerkan produk-produk terbaiknya. Tidak hanya didominasi satu atau dua brand saja, tapi untuk Piala Dunia 2022 diketahui ada 9 brand besar yang terlibat sebagai penyedia jersey.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jersey Bola

Jersey bola merupakan pakaian khusus yang didesain untuk bermain sepak bola. Selain memberi rasa nyaman pada pemakainya dan menjadi pembeda antara satu klub dengan klub yang lain, jersey  bola sendiri sudah menjadi seperti jati diri sebuah tim atau klub pada saat berlaga di dalam lapangan hijau.

Karena alasan itu pula, untuk memaksimalkan penampilan mereka beberapa klub bola tidak segan-segan menggandeng brand besar sebagai penyuplai jersey mereka.

  • Jersey bola yang dikenakan setiap negara peserta biasanya dibuat oleh perusahaan perlengkapan olahraga yang bekerjasama dengan negara tersebut.
  • Perusahaan yang bersaangkutan akan membuatkan jersey timnas dengan desain yang mengusung berbagai tema dan ide kreatif.

Brand Jersey Piala Dunia 2022

Berbicara mengenai jersey bola, lantas untuk Piala Dunia 2022 sendiri kira-kira brand apa saja yang turut terlibat dalam pembuatan jersey untuk masing-masing negara peserta?. Untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami bagikan informasinya hanya untuk anda.

1. Nike

Nike merupakan salah satu produsen terbesar pakaian dan sepatu olahraga yang didirikan di Oregon Amerika Serikat (AS) tahun 1964 dengan nama Blue Ribbon Sports, namun nama tersebut kemudian diganti menjadi Nike pada tahun 1971.

Sebagai salah satu brand yang sangat terkenal di dunia, Nike diketahui memiliki logo yang sangat sederhana yakni berupa lekukan kilat yang mengarah keatas.

  • Logo centang Nike yang dikenal pula dengan sebutan “swoosh” merepresentasikan gerakan dan kecepatan.
  • Logo tersebut dirancang oleh seorang Mahasiswa bernama Carolyn Davidson pada tahun 1971.

Adapun untuk Piala 2022 kali ini tercatat ada 13 timnas yakni Qatar, Inggris, Prancis, Arab Saudi, Australia, Amerika Serikat, Belanda, Polandia, Brasil, Portugal, Kanada, Kroasia dan Korea Selatan yang memakai Nike sebagai apparel mereka.

Jersey Bola

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Adidas

Adidas menjadi produsen jersey terbanyak kedua di Piala Dunia 2022 yang dipercaya untuk memproduksi jersey timnas Argentina, Meksiko, Wales, Spanyol, Belgia, Jerman dan Jepang.

Adidas sendiri merupakan sebuah perusahaan sepatu Jerman yang didirikan oleh Adolf Dassler pada tahun 1924 dan kemudian didaftarkan sebagai merek dagang pada tahun 1949.

Awalnya logo Adidas mempunyai bentuk tiga bagian daun dan tiga strip di tengahnya. Tiga lembaran daun memiliki makna benua Amerika, Eropa, Afrika dan Asia. Sedangkan tiga garis di tengahnya artinya perbedaan.

Jersey Bola

Sumber : https://1000logos.net/

Namun, pada tahun 1997 logo Adidas tersebut diganti dengan logo baru yang terdiri dari  tiga garis saja tanpa lambang daun. Logo ini menggambarkan level tantangan untuk para atlet.

Jersey Bola

Sumber : https://en.wikipedia.org/

3. Puma

PUMA merupakan perusahaan pertama yang didirikan Adolf Dassler sebelum ADIDAS bersama dengan Rudolf Dassler pada tahun 1924. Sesuai namanya, brand ini terkenal dengan logonya yang memiliki bentuk seperti seekor kucing besar.

Jersey Bola

Sumber : https://us.puma.com/

Pada Piala Dunia 2022 sendiri brand Puma dipercaya untuk memproduksi jersey bola untuk timnas Senegal, Maroko, Swiss, Uruguay, Ghana dan Serbia.

4. Marathon

Terpilih sebagai apparel yang untuk membuat jersey timnas Ekuador pada Piala Dunia 2022, marathon merupakan perusahaan manufaktur peralatan olahraga Ekuador yang didirikan oleh Rodrigo Ribadeneira di bulan Mei 1981.

Khusus untuk Piala Dunia 2022, Marathon memutuskan untuk mengimplementasikan beberapa elemen di seluruh koleksi. Siluet Ekuador menghiasi punggung atas sedangkan tulisan “Ekuador” dalam enam bahasa berbeda mencakup keliman bagian dalam.

Jersey Bola

Sumber : https://www.marathonsports.com/

5. Majid

Berikurnya ada apparel Majid untuk jersey Iran yang didirikan oleh Dr. Majid Saedifar seorang ahli terapi fisik resmi Timnas Iran. Selain jersey bola, Majid juga memproduksi perlengkapan untuk tim bola voli nasional serta tim Liga Utama Iran seperti Esteghlal dan Foolad.

Jersey Bola

Sumber : https://en.wikipedia.org/

6. Hummel

Hummel merupakan apparel kebanggaan timnas Denmark yang memproduksi perlengkapan dan pakaian olahraga untuk timnas Denmark. Pada Piala Dunia 2022 Hummel membuat desain dengan warna yang gelap untuk logo mereka sementara logo federasi Denmark yang ditempatkan di bagian depan.

Jersey Bola

Sumber : https://www.soccercommand.com/

7. Kappa

Kappa merupakan sebuah merek pakaian olahraga Italia yang didirikan pada tahun 1967 di Turin, Italia oleh Marco Boglione dan Franco Spalla. Sebagai salah satu apparel yang cukup melegenda terutama dalam dunia sepakbola, kali ini Kappa dipercaya untuk membuat jersey Tunisia.

Jersey Bola

Sumber : https://logos-world.net/

8. New Balance

Selanjutnya ada apparel New Balance Athletics, Inc. yang lebih dikenal dengan nama New Balance. Perusahaan multinasional Amerika yang berpusat di Boston, Massachusetts ini diketahui mendapat kepercayaan untuk membuat jersey timnas Kosta Rika.

Jersey Bola

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/

9. One All Sports

Tampil di Piala Dunia 2002 sebagai salah satu peserta perwakilan benua Afrika, timnas Kamerun memilih untuk menggandeng apparel One All Sports sebagai penyedia jersey kandang maupun jersey tandang mereka.

Meski sempat menuai kontroversi dan membuat FIFA geram karena desain jersey mereka semula tampak seperti kostum pemain basket lantaran dibuat tanpa lengan, timnas Kamerun akhirnya menambahkan lengan pada jersey tersebut.

Jersey Bola

Sumber : https://www.oneallsports.com/

Kesimpulan

Sampai di sini dulu pembahasan singkat mengenai brand-brand besar yang terlibat dalam pembuatan jersey Piala Dunia 2022 di Qatar. Selain Nike, Adidas dan Pula, ternyata banyak juga ya brand-brang olahraga lainnya yang menjadi penyedia jersey untuk para timnas yang berlaga di Piala Dunia 2022.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jersey bola?. Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto, Kain Hyget dan Kain Paragon yang kami miliki.

Simak juga 9 Fakta Menarik Tentang Jersey Bola dan 3 Jenis Jersey Yang Wajib Dimiliki Tiap Klub Sepakbola kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang sejumlah fakta unik dan menarik terkait dengan jersey bola.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.