Article

Homepage Article Fashion Design 8 Tips Memilih Jaket Olahraga…

8 Tips Memilih Jaket Olahraga Yang Nyaman Dipakai Untuk Latihan

Memilih jaket olahraga yang tepat dapat memberikan banyak manfaat, terutama dalam hal kinerja dan kenyamanan selama aktivitas fisik. Berikut beberapa tips untuk memilih jaket olahraga yang tepat dan manfaat yang dapat kamu peroleh ketika menggunakan jaket olahraga yang tepat.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Olahraga

Jaket olahraga merupakan sejenis jaket yang didesain khusus untuk memberikan rasa hangat pada tubuh saat cuaca dingin, mencegah terjadinya cedera selama melakukan aktivitas fisik, serta melindungi tubuh dari sinar matahari dan mencegah paparan sinar UV yang memiliki efek tidak baik pada kesehatan kulit.

Tips Memilih Jaket Olahraga

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara paling tepat yang dapat dilakukan untuk memilih jaket olahraga yang sesuai dengan kebutuhan?. Sebagai referensi, berikut kami bagikan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih jaket olahraga.

1. Sesuaikan Dengan Aktifitas

Untuk mendapatkan jaket olahraga wanita dan jaket olahraga pria yang tepat, terdapat berbagai macam aspek yang perlu dipertimbangkan salah satunya yaitu jenis olahraga apa yang akan dilakukan.

  • Slim Fit: Jaket olahraga yang lebih ketat di tubuh, cocok untuk aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan seperti yoga dan bersepeda.
  • Regular Fit: Jaket olahraga dengan potongan standar dapat memberikan kenyamanan dan mobilitas lebih.
  • Relaxed Fit: Jaket olahraga yang lebih longgar, ideal untuk layering atau aktivitas santai seperti jogging.

Memilih Jaket Olahraga

Sumber : https://www.amazon.com/

2. Pilih Bahan Yang Tepat

Untuk memastikan kenyamanan dan memaksimalkan kinerja jaket, pilih jaket olahraga yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan memenuhi kriteria berikut.

  • Breathable : Pilih jaket dengan bahan yang memungkinkan sirkulasi udara untuk mencegah penumpukan panas dan keringat.
  • Tahan Air : Jika kamu sering berolahraga di luar ruangan, jaket tahan air atau tahan angin bisa sangat bermanfaat.
  • Ringan : Bahan yang ringan membantu mengurangi beban dan memberikan kenyamanan lebih saat melakukan aktivitas olahraga.

Memilih Jaket Olahraga

Sumber : https://www.amazon.com/

3. Perhatikan Desain dan Fitur

Selain pemilihan bahan bahan yang tepat, memperhatikan desain dan fitur pada jaket olahraga juga sangat penting.

  • Kantong : Jaket dengan kantong tambahan cocok digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti kunci, ponsel atau makanan ringan.
  • Hoodie : Hoodie memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan perlindungan ekstra pada tubuh dari cuaca buruk.
  • Ventilasi : Ritsleting atau lubang di area ketiak berfungsi untuk meningkatkan aliran udara dan mencegah panas berlebih.
  • Mesh Panels : Panel jaring atauu mesh panels pada jaket olahraga berguna untuk meningkatkan breathability jaket.
  • Elemen Reflektif : Elemen reflektif berguna untuk meningkatkan visibilitas  ketika berolahraga di malam hari atau di tempat dengan pencahayaan yang rendah.
  • Thumb Hole : Thumb hole berfungsi untuk menjaga lengan jaket tetap di tempatnya selama bergerak.

Memilih Jaket Olahraga

Sumber : https://www.amazon.com/

4. Fleksibilitas dan Mobilitas

Pilih jaket yang menawarkan fleksibilitas dan tidak membatasi gerakan fisik yang kamu lakukan. Dalam hal ini bahan jaket yang elastis dan memiliki desain ergonomis sangat membantu aktivitas olahraga yang kamu lakukan.

Memilih Jaket Olahraga

Sumber : https://www.amazon.com/

5. Periksa Ukuran Dengan Cermat

Perhatikan kesesuaian ukuran jaket dengan tubuh kamu. Beberapa cara paling sederhana yang bisa kamu terapkan untuk mengukur jaket dan memastikan kesesuaian ukuranya dengan tubuh kamu yaitu:

  • Lepas pakaian yang tebal sebelum pengukuran dilakukan agar angka yang didapatkan sedekat mungkin dengan tubuh kamu.
  • Ukur bagian dada untuk mengetahui lebar jaket yang paling sesuai dengan tubuh kamu.
  • Ukur bagian pinggang dan lebar bahu agar bagian jaket yang kamu pilih sesuai dan tidak menimbulkan kerutan saat dikenakan.
  • Ukur panjang tangan untuk mengetahui ukuran lengan jaket. Pastikan lengan jaket olahraga yang kamu pilih cukup panjang untuk menutupi pergelangan tangan.
  • Ukur bagian atas bahu depan menuju bawah  untuk memudahkan kamu dalam menentukan panjang jaket.

Memilih Jaket Olahraga

Sumber : https://ie.dhgate.com/

6. Cek Semua Bagian Jaket

Cek semua bagian jaket seperti resleting, hoodie, jahitan dan kantong, untuk memastikan bahwa bagian tersebut dapat berfungsi dengan baik sesuai peruntukannya. Bila kamu ingin memilih jaket olahraga dengan hoodie, lebih baik pilihlah jaket yang hoodienya bisa disesuaikan dengan kepala kamu.

Memilih Jaket Olahraga

Sumber : https://www.amazon.com/

7. Jangan Segan Untuk Mencoba

Untuk memastikan kembali kesesuaian jaket olahraga dengan kebutuhan kamu jangan segan untuk mencobanya lebih dulu sebelum membeli. Jaket dengan isolasi yang baik cocok untuk cuaca dingin, sementara jaket dengan ventilasi baik cocok untuk cuaca panas.

Memilih Jaket Olahraga

Sumber : https://www.amazon.com/

8. Lihat Review Pembeli Sebelumnya

Khusus untuk kamu yang ingin membeli jaket olahrga secara online, pastikan kamu membaca review pengguna sebelumnya untuk untuk mengumpulkan informasi yang lebih lengkap dan akurat tentang jaket olahraga yang ingin kamu beli.

Manfaat Memilih Jaket Yang Tepat

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan jaket olahraga yang tepat diantaranya:

  • Menggunakan jaket yang tepat akan memberikan kenyamanan maksimal selama melakukan aktivitas fisik.
  • Pemilihan bahan dan fitur tambahan jaket yang tepat seperti kompresi dan ventilasi, bisa membantu meningkatkan performa olahraga dengan menjaga tubuh tetap dalam kondisi optimal.
  • Jaket yang dirancang untuk mengatur suhu tubuh bisa membantu menjaga keseimbangan suhu tubuh, baik itu dalam cuaca panas maupun dingin.
  • Jaket dengan fitur seperti tahan air, tahan angin dan elemen reflektif memberikan perlindungan ekstra dan meningkatkan keselamatan saat berolahraga.
  • Jaket olahraga yang dilengkapi dengan kantong tambahan memungkinkan kamu membawa barang-barang penting dengan mudah dan aman.
  • Jaket olahraga juga dapat memberikan dukungan tambahan untuk otot, membantu mengurangi kelelahan dan mempercepat pemulihan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips penting yang bisa kamu terapkan untuk memilih jaket olahraga. Dengan memperhatikan tips di atas, semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan jaket olahraga yang tepat dan dapat memberikan manfaat maksimal pada tubuh kamu ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket olahraga wanita dan jaket olahraga pria?. Yuk intip koleksi Bahan Jaket Parasut, Bahan Jaket Taslan, Bahan Jaket Microfiber, Bahan Jaket Adidas, Bahan Jaket Diadora, Bahan Jaket Fleece dan Bahan Jaket Baby Terry terbaik di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.