Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fakta Unik dan Menarik…

10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Celana Cutbray

Merasa cukup familiar dengan celana cutbray yang memiliki tampilan melebar di bagian bawahnya?. Mungkin banyak di antara anda yang tidak menyangka jika kemunculan celana cutbray untuk pertama kali ternyata tidak berhubungan dengan fashion lho. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Celana Cutbray

Celana cutbray merupakan sejenis celana yang memiliki keunikan tersendiri yakni bentuknya melebar dari lutut ke bawah. Sejarah mengenai asal mula cutbray sendiri belum dapat dipastikan, namun pada awal abad ke-19 diketahui celana panjang dengan ujung membentuk lonceng ini sempat dipakai oleh Angkatan Laut AS.

Fakta Menarik Celana Cutbray

Layaknya fashion item lain yang dapat dikenakan untuk pelengkap gaya penampilan, celana cutbray yang secara ilmiah sering disebut dengan istilah bell-bottom pada prinsipnya juga memiliki banyak fakta unik yang sayang jika anda lewatkan. Beberapa diantaranya:

1. Sering Disebut Celana Lonceng

Celana cutbray memiliki tampilan yang sangat khas yakni dibuat melebar dari lutut ke bawah sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan celana lonceng.

Celana Cutbray

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Dibuat Untuk Pekerja Kapal

Jauh sebelum digunakan sebagai item pelengkap fashion, celana cutbray dengan ujung bawah yang berbentuk melebar lebih dulu digunakan oleh para pekerja kapal. Salah satu tujuannya yaitu untuk mengurangi cipratan air laut atau air hujan yang bisa masuk ke dalam sepatu.

Selain menghalau cipratan air laut atau air hujan, celana cutbray juga didesain dalam bentuk yang sedemikian unik karena alasan berikut.

  • Memungkinkan awak kapal untuk lebih sigap dalam keadaan darurat tanpa perlu repot-repot membuang banyak waktu untuk merapikan celana mereka.
  • Memudahkan petugas kebersihan kapal ketika menggulung celana sampai di atas lutut. Dengan begitu kerusakan permanen pada celana akibat bahan kimia yang diguna kan untuk membersihkan kapal bisa diminimalisir semaksimal mungkin.
  • Memudahkan petugas kebersihan kapal ketika membuka sepatu dalam air.
  • Memudahkan petugas kebersihan kapal untuk melepas celana apabila terlempar ke laut lantaran celana ini lebih mudah dilepas dibandingkan celana biasa.

3. Bisa Digunakan Sebagai Pelampung

Dalam keadaan darurat tertentu, celana cutbray dapat digunakan sebagai pelampung karena kalau ujungnya diikat celana cutbray ini bisa menampung udara cukup banyak.

4. Dipakai Angkatan Laut AS dan Inggris

Selain dipakai oleh para pekerja kapal, pada awal abad ke-19 diketahui celana panjang dengan ujung membentuk lonceng yang populer dengan nama cutbray ini juga sempat dipakai oleh Angkatan Laut AS karena mereka tidak memiliki seragam wajib.

Selain Angkatan Laut AS, Angkatan Laut Kerajaan Inggris diketahui juga mengadopsi celana cutbray ke dalam seragam mereka.

Celana Cutbray Celana Cutbray

Sumber : https://www.abdux.com/, https://smulook.com/

5. Transformasi Celana Cutbray

Walaupun pada awalnya dibuat untuk para pekerja kapal dan Angkatan Laut AS, celana cutbray akhirnya menjadi salah satu fashion icon yang trendy di tahun 70-an. Selain karena alasan kenyamanan, celana ini sangat diminati oleh masyarakat luas karena bisa dipakai untuk berbagai acara.

6. Popularitas Celana Cutbray

Celana cutbray mencapai puncak popularitasnya pada tahun tahun 50-an, 60-an dan 70-an.

  • Celana cutbray menjadi celana yang sangat modis bagi perempuan pada pertengahan tahun 1960 di Eropa dan di Amerika Utara pada 1960-an.
  • Pada tahun 1970-an celana cutbray menjadi trend yang populer baik untuk pria dan wanita.
  • Sekarang ini celana cutbray pria dari tahun 1970-an menjadi pakaian vintage buruan untuk dikoleksi.

Celana Cutbray

Sumber : https://in.pinterest.com/

7. Dipopulerkan Elvis Presley

Elvis Presley menjadi salah satu penyanyi legendaris yang turut mempopulerkan celana cutbray. Bahkan pada era modern sekalipun trend celana cutbray tidak banyak berubah dari masa sebelumnya dan masih selalu identik dengan gaya ala Elvis Presley.

Celana Cutbray

Sumber : https://us.smiffys.com/

8. Identik Dengan Kesan Retro

Sejak dipopulerkan oleh elvis presley, celana cutbray yang identik dengan kesan retro kerap digunakan oleh para pria untuk menghadiri pesta disko yang bertema retro atau hangout ke tempat hiburan malam.

9. Bisa Dipakai Pria dan Wanita

Celana cutbray termasuk ke dalam jenis celana yang bersifat unisex dan cocok untuk berbagai postur tubuh. Modelnya yang netral membuat celana cutbray juga bisa dipakai siapapun, baik pria maupun wanita.

Celana Cutbray

Sumber : https://www.blibli.com/

Untuk ide padupadannya anda pun bisa mengenakan celana cutbray ini dengan berbagai fashion item basic yang bersifat timeless seperti kemeja, kaos, cardigan, crop top, sweater dan lain sebagainya.

Celana Cutbray

Sumber : https://www.lazada.co.id/

10 .Pilihan Bahannya Bervariasi

Celana cutbray bisa dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang berbeda. Beberapa jenis bahan yang dimaksud antara lain berupa:

  • Kain denim yang memiliki kualitas bahan yang kuat sehingga tidak mudah sobek dan tahan lama.
  • Kain corduroy yang memiliki pola garis-garis timbul secara parallel pada permukaannya.
  • Kain drill yang memiliki tekstur pintalan diagonal dengan jalinan benang yang kuat.
  • Kain twill yang memiliki tekstur pintalan diagonal seperti kain drill tapi teksturnya cenderung sedikit kasar.
  • Kain katun yang dibuat dari tenunan serat alami tumbuhan kapas sehingga sangat nyaman dipakai untuk segala jenis cuaca.
  • Kain satin yang memiliki tampilan mengkilap sehingga terkesan mewah. 

Tips Memilih Celana Cutbray

Tertarik untuk mengenakan celana cutbray sebagai fashion item andalan anda saat hangout atau menghadiri acara pesta?. Untuk memberi memberikan ilusi kaki yang lebih tinggi dan jenjang sebaiknya pilih celana cutbray dengan potongan pinggang yang tinggi alias high waist atau high rise.

Selain itu sesuaikan pula bahan yang dipakai untuk membuat celana dengan acara yang hendak anda hadiri.

  • Untuk pelengkap gaya penampilan saat hangout atau sekedar bersantai di rumah misalnya, anda bisa memilih celana cutbray yang dibuat dari Kain Denim maupun Kain Corduroy.
  • Untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih formal seperti kuliah atau kerja, anda bisa memilih celana cutbray yang dibuat dari bahan kain katun, Kain Drill maupun Kain Twill.
  • Sementara jika anda mau tampil lebih stylish saat pesta anda bisa memilih celana cutbray yang dibuat dari Kain Satin. Tampilan kain satin yang mengkilap secara otomatis akan memberi kesan mewah dan glamor pada penampilan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta menarik tentang celana cutbray yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui sejumlah fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas semoga pengetahuan anda tentang celana cutbray jadi semakin bertambah.

Ingin membuat celana sendiri tapi masih belum mahir membuat polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola celana siap pakai yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.