Article

Homepage Article Fashion Design 8 Bagian Penting Dari Jaket…

8 Bagian Penting Dari Jaket Cagoule Yang Perlu Kamu Ketahui

Dikenal sebagai salah satu jenis jaket kekinian yang cocok digunakan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat serta melindungi tubuh dari cuaca yang tidak terlalu ekstrem, berikut beberapa bagian terpenting dari jaket cagoule / cagoule jacket yang penting untuk kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Cagoule

Jaket cagoule / cagoule jacket merupakan istilah bahasa Inggris Britania yang biasa digunakan untuk menyebutkan jas hujan ringan yang didesain dalam ukuran sebatas pinggang namun terkadang ada juga yang dibuat dalam ukuran panjang hingga sebatas lutut.

  • Jaket cagoule biasa dibuat dalam berbagai ukuran panjang yang berbeda-beda.
  • Jaket cagoule ideal digunakan untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau hujan ringan.
  • Jaket cagoule yang stylish juga cocok dipakai untuk pelengkap penampilan saat hangout.

Jaket Cagoule

Sumber : https://id.carousell.com/

Sebagai salah satu jenis model jaket terbaru yang cukup populer di dunia fashion jaket cagoule / cagoule jacket sendiri umumnya memiliki desain yang minimalis dan sering kali dibuat tanpa banyak detail atau ornamen tapi tampilannya tetap terlihat unik dan menarik.

Bagian Terpenting Jaket Cagoule

Mau tahu apa saja bagian terpenting yang terdapat pada jaket cagoule / cagoule jacket?. Berikut kami bagikan bagian-bagian utama dari jaket cagoule / cagoule jacket yang mungkin tidak banyak orang ketahui.

1. Bagian Badan Jaket

Pertama ada bagian badan jaket yang alias bagian utama jaket yang dibuat dalam berbagai ukuran panjang yang berbeda. Fungsi utamanya yaitu untuk menutupi bagian dada, bagian punggung dan bagian samping badan.

Jaket Cagoule

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Bagian Lengan Jaket

Kedua ada bagian lengan jaket yang dibuat panjang untuk melindungi bagian tangan saat melakukan aktivitas outdoor.

  • Lengan jaket berperan penting untuk membantu menjaga suhu tubuh dengan cara menutupi bagian lengan.
  • Lengan jaket juga berkontribusi untuk memperindah tampilan keseluruhan jaket.
  • Saat berkendara lengan jaket juga berfungsi sebagai pelindung kulit dari debu, angin dan potensi cedera ringan.

3. Fitur Anti Air dan Angin

Meskipun bukan jaket yang benar-benar dibuat untuk tahan air, jaket cagoule / cagoule jacket seringkali dibuat dari bahan kain yang tahan terhadap air dan angin.

  • Jaket cagoule / cagoule jacket umumnya banyak terbuat dari bahan kain yang ringan, mudah dilipat serta memiliki sifat anti air dan anti angin.
  • Untuk pilihan bahannya, jenis kain yang umum digunakan untuk membuat jaket cagoule antara lain berupa kain taslan, kain parasut, kain mayer, kain zn, kain micro dan kain despo.

4. Tali Elastis Pada Lengan

Jaket cagoule / cagoule jacket seringkali dilengkapi dengan tali elastis pada bagian lengan. Fungsi utama dari teli elastis ini yaitu membantu mencegah angin masuk ke dalam jaket dan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Jaket Cagoule

Sumber : https://www.peterstorm.com/

5. Bagian Hoodie Jaket

Jaket cagoule / cagoule jacket memiliki tudung bulat untuk melindungi bagian kepala dari panas matahari, debu, hujan ringan serta udara dingin saat seseorang melakukan aktivitas di lingkungan outdoor.

  • Saat cuaca tidak bersahabat hoodie dapat memberikan kenyamanan ekstra dan rasa hangat pada bagian kepala dan bagian leher.
  • Dari segi estetika  hoodie dapat memberikan tampilan yang santai dan trend pada jaket cagoule / cagoule jacket.

Jaket Cagoule

Sumber : https://www.peterstorm.com/

6. Resleting Pendek di Leher

Jaket cagoule / cagoule jacket memiliki resleting pendek mulai dari bagian leher hingga dada. Karena bukannya tidak terlalu panjang jadi jaket cagoule / cagoule jacket ini hanya bisa dilepas lewat atas kepala saja seperti halnya polo shirt (kaos polo).

Jaket Cagoule

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk memaksimalkan fungsi jaket cagoule / cagoule jacket, pada bagian depan resleting bisanya ditambahkan pula sepotong kain panjang yang dijahit di salah satu sisi bukaan jaket. 

7. Saku di Bagian Perut

Jaket cagoule / cagoule jacket umumnya memiliki dua buah saku di bagian depan sisi kanan dan kiri jaket yang dijahit dengan posisi diagonal atau menyerong. Saku serong pada jaket cagoule / cagoule jacket ini dapat dipakai untuk menghangatkan tangan saat dingin dan menyimpan benda-benda penting.

Jaket Cagoule

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Selain memiliki dua buah saku di sisi badan, jaket cagoule / cagoule jacket biasanya juga dilengkapi dengan satu buah kantung di bagian depan perut untuk memudahkan penggunanya ketika membawa benda-benda kecil seperti handphone, kunci dan dompet saat bepergian.

Jaket Cagoule

Sumber : https://www.lazada.co.id/

8. Tali Drawstring

Jaket cagoule / cagoule jacket kadang-kadang juga dilengkapi dengan drawstrings di bagian  hoodie dan bagain bawah jaket. Tak hanya melindungi tubuh dari cuaca buruk, tali drawstring pada jaket cagoule juga bisa memberikan tampilan yang keren pada keseluruhan jaket.

  • Tali drawstring yang ditarik ketat dapat mencegah angin masuk ke dalam jaket.
  • Tali drawstring dapat digunakan untuk menciptakan siluet yang menarik pada jaket.
  • Tali drawstring dapat dijadikan sebagai elemen estetika yang membuat tampilan jaket jadi makin menarik.

Jaket Cagoule

Sumber : https://www.peterstorm.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa bagian penting dari jaket cagoule / cagoule jacket yang penting untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui banyaknya komponen yang terdapat pada jaket cagoule semoga kamu bisa lebih mudah untuk membedakan jaket cagoule dengan model jaket yang lain ya.

Butuh bahan Kain Taslan, Kain Parasut, Kain Mayer, Kain ZN, Kain Micro dan Kain Despo berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket cagoule?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan jaket yang bagus di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.