Article

Homepage Article Kain 8 Alasan Mengapa Kain Parasut…

8 Alasan Mengapa Kain Parasut Banyak Dipilih Untuk Membuat Jaket Outdoor

Kain parasut dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai macam jaket outdoor karena memiliki berbagai kelebihan yang mendukung aktivitas outdoor atau aktivitas di luar ruangan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Parasut

Kain parasut merupakan sejenis kain berbahan dasar polyester yang terbuat dari serat sintetis hasil olahan minyak bumi. Kain ini diberi nama demikian karena awalnya memang sangat populer sebagai bahan parasut yang digunakan pada olahraga terjun payung atau skydiving.

Jaket Parasut

Sumber : https://www.indiamart.com/

Dari yang awalnya hanya digunakan untuk olahraga terjun payung, kain parasut selanjutnya juga mulai dikembangkan untuk melengkapi kebutuhan para pengguna. Termasuk sebagai bahan pembuatan jaket outdoor dan berbagai produk sandang lainnya. 

Jaket Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

Sebagai salah satu bahan terbaik yang banyak dipilih untuk membuat jaket outdoor, kain parasut sebenarnya juga memiliki karakteristik yang beragam tergantung pada jenisnya. Meski demikian, tetap saja terdapat beberapa sifat umum yang pasti dimiliki kain bahan parasut.

Alasan Memilih Kain Parasut

Mau tahu apa saja sifat umum dan kelebihan yang pasti dimiliki kain bahan parasut?. Berikut beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa kain parasut sangat cocok dipakai untuk membuat jaket outdoor. 

1. Ringan Untuk Dipakai

Kain parasut tergolong ringan, sehingga jaket outdoor yang dibuat dari bahan ini menjadi jaket yang ringan untuk dipakai dan dapat dilipat lalu diselipkan di tas tanpa memakan banyak tempat.

Jaket Parasut

Sumber : https://www.amazon.com/

2. Bersifat Menghangatkan

Kain parasut punya kemampuan menghangatkan tubuh yang cukup baik dan melindungi pengguna dari hujan atau kondisi cuaca yang lembab.

Jaket Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Kuat dan Tahan Lama

Kain parasut termasuk ke dalam jenis kain yang kuat dan tahan lama, sehingga jaket yang dibuat dari bahan ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas yang berat dan berisiko tinggi agar keselamatan penggunanya tetap terjamin.

Jaket Parasut

Sumber : https://id.carousell.com/

4. Punya Sifat Tahan Air

Kain parasut memiliki ketahanan terhadap air dan angin yang berbeda-beda tergantung jenisnya dan dapat disesuaikan dengan lingkungan tempat jaket akan digunakan. Berikut adalah macam-macam kain parasut untuk jaket dengan beraneka sifat tahan air yang dimilikinya.

  • Kain Parasut Ripstop

Pertama ada kain parasut ripstop yang memiliki coating bening/transparan dengan tektur kotak-kotak. Kain parasut ripstop ini umumnya bersifat water resistant.

  • Kain Parasut Bening

Kedua ada kain parasut bening yang mempunyai coating bening (transparant) di bagian buruk bahan kainnya sementara bagian baik kainnya tetap berwarna. Kain parasut bening ini bersifat water-resistant.

  • Kain Parasut Milky

Ketiga ada kain parasut milky yang mempunyai sifat water-resistant (tahan air dalam kondisi air mengalir bukan menggenang) serta coating milky (warna putih susu).

  • Kain Parasut Honeycons

Keempat ada kain parasut honeycons yang memiliki coating anti air berwarna bening dan pada permukaannya terdapat pola segi enam yang mirip sarang lebah.

  • Kain Parasut Loreng Biway

Kelima ada kain parasut loreng biway yang mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna putih (biway).

  • Kain Parasut Loreng Bening

Keenam ada kain parasut loreng bening yang mempunyai motif loreng dengan lapisan anti air yang berwarna bening/transparant.

  • Kain Parasut Silver

Ketujuh ada kain parasut silver yang mempunyai coating (lapisan anti air) berwarna silver.

  • Kain Parasut Metalik

Kedelapan ada kain parasut metalik yang bagian dalamnya terdapat lapisan anti air berwarna mengkilap, lembut dan tidak kaku.

  • Kain Parasut WP

Kesembilan ada kain parasut WP yang mempunyai sifat anti air sangat kuat dengan lapisan anti air berwarna bening sehingga bagian luar dan dalamnya berwarna yang sama.

  • Kain Parasut WP Super

Kesepuluh ada kain parasut WP super dengan kualitas premium yang memiliki coating bening dan sifat anti air yang sangat kuat.

Untuk penggunaan sehari-hari pilih kain parasut bening atau kain parasut loreng bening. Untuk pendakian dan aktivitas outdoor lainnya yang butuh perlindungan optimal dari hujan dan angin pilih kain parasut milky, kain parasut wajik, kain parasut loreng biway, kain parasut silver dan kain parasut metalik.

Jaket Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

Sementara untuk kegiatan outdoor yang lebih intensif pilih kain parasut ripstop, kain parasut honeycons, kain parasut WP dan kain parasut WP super yang menawarkan perlindungan lebih baik.

Jaket Parasut

Sumber : https://www.etsy.com/

5. Mudah Dibersihkan

Kain parasut mudah untuk dibersihkan, sehingga jaket yang dibuat dari kain ini biasanya sangat disukai oleh banyak orang yang gemar berkegiatan di luar ruangan, seperti mendaki gunung, trekking atau berkemah. Jika terkena lumpur, jaket cukup diusap dengan air dan tidak perlu terlalu sering dicuci.

6. Cepat Kering

Kain parasut menjadi pilihan yang tepat untuk jaket outdoor karena karakteristik kainnya cenderung cepat kering. Jaket dari kain parasut yang cepat kering sangat membantu menjaga kenyamanan pengguna, terutama saat hujan.

Jaket Parasut

Sumber : https://poshmark.com/

7. Tidak Mudah Kusut

Kain parasut sangat disukai oleh para pecinta kegiatan outdoor karena jaket yang dihasilkan cenderung tidak mudah kusut dan senantiasa rapi. Bahkan setelah dicuci jaket yang dibuat dari kain parasut, juga tidak perlu disetrika.

Jaket Parasut

Sumber : https://www.johnelliott.com/

8. Harganya Cukup Bersahabat

Dari segi harga, kain parasut juga tergolong cukup bersahabat. Dengan begitu jaket yang dibuat dari kain parasut biasanya juga lebih terjangkau oleh semua kalangan.

Kesimpulan

Itu dia beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa kain parasut banyak disukai sebagai bahan pembuatan jaket outdoor. Hal terpenting yang harus diingat yaitu, jika kamu ingin membeli jaket dengan bahan parasut sebaiknya sesuaikan fitur jaket dengan jenis kegiatan yang akan kamu lakukan ya.

Butuh bahan kain parasut berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Kain Parasut terbaik di katalog kain kami.

Download juga pola jaket siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket outdoor sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.