Article

Homepage Article Batik 7 Tips Merawat Kain Batik…

7 Tips Merawat Kain Batik Sutra

Menyimpan batik dengan cara yang baik dan benar menjadi salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan untuk merawat dan menjaga kualitas bahannya, di samping cara mencuci dan menyetrika batik yang juga harus benar. Tidak hanya berlaku untuk batik yang dibuat dari kain mori saja tapi ini juga berlaku untuk batik yang dibuat dari bahan dasar kain sutra. 

Merawat Batik Sutra

Sumber : https://www.malaka.asia/

Dibandingkan dengan kain wol ataupun kain katun, kain batik sutra terutama yang dibuat dengan teknik tulis pada prinsipnya memerlukan perawatan yang lebih hati-hati. Sebab sifat dasar sutra yang sangat halus cenderung lebih sensitif dan sangat mudah rusak jika diperlakukan agak kasar.

Merawat Batik Sutra

Sumber : https://adenbatik.wordpress.com/

Supaya keindahan kain batik sutra yang anda miliki terjaga dengan baik dan tekstur bahannya tetap lembut ketika dikenakan maka batik sutra juga perlu dirawat dengan cara yang cermat. Berikut beberapa point penting yang wajib anda perhatikan untuk merawat dan menyimpan kain batik sutra.

  • Mencuci kain batik sutra secara dry cleaning sangat dianjurkan. Namun jika anda ingin mencucinya sendiri di rumah sebaiknya gunakanlah deterjen yang lembut dan air hangat sekitar 30° C.
  • Selama proses pencucian berlangsung kain batik sutra yang dicuci tersebut jangan diremas dan diperas.
  • Setelah pencucian selesai dilakukan jemur kain batik sutra dengan cara diangin-anginkan di tempat yang terbuka bukan dikeringkan dibawah sinar matahari langsung. Jika dirasa sudah cukup kering segera angkat pakaian atau kain batik sutra anda.  
  • Hindari menyemprotkan parfum secara langsung pada permukaan kain batik sutra  supaya warnanya tidak memudar (khusus pada batik sutra yang menggunakan pewarna alami).
  • Lapisi kain sutra anda sebelum memulai menyetrika dengan menggunakan bahan lain, jangan menyeterika langsung permukaan sutra. Setelah kain pelapis terpasang anda bisa menyetrika seperti biasa.
  • Simpanlah kain atau pakaian batik sutra anda dengan cara menggantungnya di tempat yang kering dan tidak lembab. Jauhkan pakaian atau kain batik sutra dari tempat yang terlalu terang untuk menjaga kilauan warnanya.
  • Untuk mengusir ngengat dari tempat penyimpanan pakaian, gunakanlah pengharum lemari atau akar wangi yang sudah dua kali melalui proses pencelupan dalam air panas dan dijemur hingga kering. 

Merawat Batik Sutra

Sumber : http://ciptakardi.blogspot.co.id/

Semoga tips mengenai cara merawat kain batik yang terbuat dari bahan sutera bisa memberikan manfaat yang besar untuk anda. Jika teknik perawatan yang anda lakukan sudah benar-benar tepat, bukan tidak mungkin jika kain batik sutra tersebut bisa dijadikan sebagai  salah satu investasi yang menguntungkan.

Merawat Batik Sutra

Sumber : http://batikimam.blogspot.co.id/

Semoga bermanfaat.

 

Mencari bahan kain sutra berkualitas dengan harga murah untuk membuat batik?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Katun Sutra

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.