Article

Homepage Article Kain 6 Jenis Bahan Terbaik Untuk…

6 Jenis Bahan Terbaik Untuk Membuat Sarung Tangan Motor

Dikenal sebagai salah satu perlengkapan berkendara yang memiliki peran penting untuk melindungi tangan agar tidak kedinginan atau terluka saat terjadi kecelakaan, sarung tangan motor faktanya dapat dibuat dari berbagai variasi bahan yang berbeda-beda lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sarung Tangan Motor

Sarung tangan motor adalah sejenis sarung tangan yang dirancang khusus untuk digunakan oleh pengendara sepeda motor. Desain dan spesifikasi sarung tangan inipun dapat dibuat dalam berbagai model yang berbeda tergantung pada preferensi pengendara namun fungsinya secara umum tetap sama.

Manfaat Dari Sarung Tangan Motor

Beberapa manfaat penting dari sarung tangan motor yang perlu kamu ketahui diantaranya:

  • Menjaga kulit tangan agar tidak terpapar sinar matahari yang membuat warna kulit menjadi gelap.
  • Melindungi kulit dari gesekan dengan permukaan kasar, terutama saat terjadi kecelakaan.
  • Melindungi tangan dari terpaan angin, debu, serangga yang terbang dan cuaca dingin saat hujan.
  • Membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan tangan pengendara.
  • Mengurangi getaran yang ditransmisikan dari sepeda motor ke tangan.
  • Mengurangi rasa lelah yang mungkin terjadi akibat perjalanan yang panjang.
  • Membantu menjaga suhu tangan agar tetap nyaman, terutama saat berkendara dalam cuaca dingin.
  • Memberikan cengkaman yang lebih baik pada pegangan sepeda motor dan membantu meningkatkan pengendalian atas kendaraan, terutama saat mengoperasikan tuas gas, rem dan kopling.
  • Membantu mengurangi risiko tergelincir atau kehilangan kendali akibat tangan yang berkeringat.

Bahan Pembuatan Sarung Tangan Motor

Untuk melindungi tangan dari cuaca dingin dan resiko cedera saat berkendara, sarung tangan motor inipun secara umum juga dapat dibuat dari berbagai jenis bahan / material yang berbeda. Beberapa contoh bahan yang umum digunakan untuk membuat sarung tangan motor diantaranya:

1. Bahan Kulit

Bahan kulit dikenal sebagai salah satu bahan sarung tangan motor yang kuat, tebal dan tahan lama. Berdasarkan asal hewannya, bahan kulit yang biasa dimanfaatkan untuk sarung tangan pun cukup beragam misalnya saja kulit sapi atau kulit domba yang diproses secara khusus.

Kelebihan sarung tangan motor yang dibuat dari bahan kulit yaitu:

  • Sarung tangan motor dari bahan kulit, lembut dan mudah digunakan.
  • Sarung tangan motor dari bahan kulit, memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik.
  • Sarung tangan motor dari bahan kulit, kebanyakan memiliki desain yang elegan dan terlihat lebih mewah.
  • Sarung tangan motor dari bahan kulit, menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap goresan dan abrasi.
  • Sarung tangan motor dari bahan kulit, memberikan kenyamanan dan fleksibilitas.

Sarung Tangan Motor

Sumber : https://mall.shopee.co.id/

Simak juga :

2. Bahan Neoprene

Berikutnya ada bahan neoprene yang memiliki karakteristik lembut, halus, ringan dan tahan udara dingin. Kalau kamu kebetulan sedang mencari sarung motor terbaik untuk musim hujan maka kamu bisa memilih sarung tangan yang dibuat dari bahan neoprene.

Kelebihan sarung tangan motor yang dibuat dari bahan neoprene yaitu:

  • Sarung tangan motor dari bahan neoprene, membuat tangan tetap nyaman memegang stang di saat udara sangat dingin.
  • Sarung tangan motor dari bahan neoprene, memiliki fleksibilitas dan daya tahan yang baik.
  • Sarung tangan motor dari bahan neoprene, biasanya dirancang cukup tebal sehingga tangan tidak akan merasakan terpaan angin yang dingin sekalipun.

3. Bahan Rajut

Selain bahan kulit dan neoprene ada juga bahan rajut yang diciptakan dengan cara merajut sehelai benang atau lebih hingga membuat suatu bentuk jeratan. Dalam hal ini benang yang dirajut mula-mula disusun, dikaitkan kemudian saling disambungkan hingga terbentuk kain dengan jalinan yang kuat.

Kelebihan sarung tangan motor yang dibuat dari bahan rajut yaitu:

  • Sarung tangan motor dari bahan rajut, dapat menyesuaikan bentuk tangan dengan baik dan memberikan sensasi yang nyaman.
  • Sarung tangan motor dari bahan rajut, memiliki sifat yang elastis, fleksibel dan memungkinkan tangan  lebih leluasa untuk mengoperasikan tuas gas dan rem tangan.
  • Sarung tangan motor dari bahan rajut, memiliki sirkulasi udara di sekitar tangan yang baik untuk membantu mengurangi keringat dan kelembaban di tangan.
  • Sarung tangan motor dari bahan rajut, bisa membantu menjaga suhu tangan agar tetap nyaman, terutama saat berkendara dalam cuaca panas.

Sarung Tangan Motor

Sumber : https://www.lazada.co.id/

4. Bahan Mesh

Berikutnya ada bahan mesh (jala) yang sejuk di kulit dan cocok dipakai saat cuaca panas karena sifatnya yang breathable. Lubang-lubang pada sarung tangan motor berbahan inipun dapat difungsikan sekaligus sebagai ventilasi udara.

Kelebihan sarung tangan motor yang dibuat dari bahan mesh (jala) yaitu:

  • Sarung tangan motor dari bahan mesh (jala), memungkinkan kulit untuk bisa bernapas dengan lebih baik sehingga tidak mudah lembap.
  • Sarung tangan motor dari bahan mesh (jala), cocok untuk digunakan saat melakukan perjalanan di cuaca yang terik dan memakan waktu cukup lama.

Sarung Tangan Motor

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

5. Bahan Polyester

Untuk membuat sarung tangan motor yang tidak mudah berkerut, tahan lama dan cepat kering bahan yang dapat digunakan yakni berupa bahan polyester yang umumnya dicampur dengan bahan lain seperti katun.

Kelebihan sarung tangan motor yang dibuat dari bahan polyester yaitu:

  • Sarung tangan dari bahan bahan polyester, mudah dicuci dan cepat kering saat dijemur.
  • Sarung tangan dari bahan bahan polyester, cocok dijadikan sebagai bahan sarung tangan balap, sarung tangan harian ataupun sarung tangan saat touring.

Sarung Tangan Motor

Sumber : https://jaketrespiro.com/

6. Bahan Spandek

Berikutnya ada bahan spandek yang memiliki karakteristik elastis dan banyak digunakan sebagai bahan sarung tangan harian untuk wanita. Dengan karakteristik yang elastis, sarung tangan dapat mengikuti bentuk tangan dan terasa lebih lekat di tangan.

Sarung Tangan Motor

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal, kamu juga bisa memilih sarung tangan spandek yang di-mix dengan bahan lain yang lebih kuat.

Selain dibuat dari sejumlah bahan yang sudah disebutkan di atas, sarung tangan motor sering dilengkapi juga dengan tambahan seperti bantalan pelindung pada bagian jari, pergelangan tangan atau punggung tangan untuk memberikan perlindungan ekstra.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa contoh bahan yang umum digunakan sebagai material utama sarung tangan motor. Untuk alasan kenyamanan, jangan lupa selalu kenakan sarung tangan yang tepat agar kulit dan jari tangan kamu terlindung dari udara dingin dan kemungkinan luka karena kecelakaan ya.

Intip juga koleksi Bahan Kulit Sintetis dan Bahan Spandek yang kami miliki kalau kamu ingin memesan bahan kulit sintetis dan bahan spandek secara online.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.