Article

Homepage Article Fashion Design 6 Cara Styling Jaket Denim…

6 Cara Styling Jaket Denim Yang Tepat Untuk Musim Kemarau

Jaket denim merupakan salah satu model jaket yang dapat dijadikan pilihan paling tepat untuk menjaga keseimbangan antara gaya dan kenyamanan selama musim kemarau. Untuk mengetahui apa saja hal yang harus diperhatikan saat memilih dan memakai jaket denim, langsung saja simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Denim

Jaket denim adalah jaket yang terbuat dari bahan khusus yakni berupa Kain Denim yang ditenun dari benang katun dengan pola twill. Untuk pilihan warnanya kain denim sendiri awalnya hanya dibuat dalam satu warna yakni biru indigo, namun kini sudah tersedia dalam berbagai warna lain yang tidak kalah menarik.

Jaket Denim 

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Beberapa elemen unik yang membuat jaket denim mudah dikenali dan populer dalam fashion diantaranya:

  • Punya Cutting Klasik

Jaket denim biasanya memiliki potongan atau cutting yang tidak terlalu ketat (fitted), dengan siluet yang sedikit boxy, meskipun ada juga versi slim-fit.

  • Materialnya Sangat Khas

Jaket denim biasanya terbuat dari kain denim yang tebal, kuat dan tahan lama. Warna umumnya biru indigo, meskipun ada variasi lain seperti hitam, putih atau abu-abu.

  • Warna Faded atau Distressed

Jaket denim sering kali hadir dengan efek pudar (faded) atau robekan (distressed) yang memberikan tampilan vintage.

  • Dilengkapi Kancing Logam

Jaket denim biasanya menggunakan kancing logam (metal buttons) sebagai penutup, bukan ritsleting. Kancing ini biasanya berada di bagian depan dan pada saku dada.

  • Memiliki Saku Dada

Dua saku dada dengan penutup kancing merupakan ciri khas desain jaket denim. Kadang ada juga saku tambahan di sisi bawah.

  • Detail Jahitan Yang Kontras

Jahitan yang menonjol dengan benang warna kontras seperti kuning atau oranye juga menjadi ciri khas lainnya dari jaket denim.

  • Tampilannya Santai dan Casual

Jaket denim memberikan tampilan yang santai dan casual, jadi sangat cocok dipakai dalam berbagai gaya streetwear.

Jaket Denim

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Sebagai salah satu model jaket yang punya daya tarik tersendiri, jaket denim inipun juga sangat cocok diandalkan untuk pelengkap gaya penampilan di musim kemarau yang identik dengan cuaca panas dan kering, asal dipilih dan dipadukan dengan cara yang tepat.

Cara Styling Jaket Denim

Mau tahu bagaimana cara terbaik yang dapat diterapkan untuk memakai jaket denim saat musim kemarau?. Meskipun jaket denim kebanyakan cenderung tebal, namun ada cara untuk membuatnya nyaman di cuaca panas .

1. Hindari Jaket Yang Berat

Hindari jaket denim yang berat, misalnya saja jaket denim dengan lapisan dalam yang tebal atau tambahan aksen seperti bulu dan bantalan tebal, karena bisa membuatnya lebih panas saat dipakai untuk musim kemarau.

Jaket Denim 

Sumber : https://www.hopscotch.in/

2. Pilih Yang Berwarna Terang

Memilih jaket denim dengan warna yang lebih terang seperti biru muda, putih atau abu-abu dapat membantu memantulkan panas daripada menyerapnya. Dengan jaket denim warna terang, kamu pun tetap bisa tampil gaya tanpa harus khawatir merasa terlalu gerah.

  • Warna terang cenderung memantulkan cahaya matahari lebih baik daripada warna gelap.
  • Warna terang memberikan tampilan yang lebih segar dan kesan lebih sejuk. Warna terang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk musim kemarau karena dapat memberikan keseimbangan antara gaya dan kenyamanan.

Jaket Denim 

Sumber : https://id.hm.com/

Kalau kamu ingin tampil sedikit beda, kamu bisa juga memilih jaket denim dengan efek pudar (faded) seolah-olah jaket tersebut sudah sering digunakan dan mengalami proses pemudaran warna alami seiring waktu.

  • Jaket denim dengan efek pudar menjadi lebih menarik secara visual.
  • Jaket denim dengan efek pudar cenderung memberikan tampilan kasual dan santai.

3. Pakai di Sore atau Malam Hari

Jaket denim bisa sangat cocok dipakai di musim kemarau saat sore atau malam hari ketika suhu mulai menurun untuk memberikan perlindungan pada tubuh dari angin malam tanpa menimbulkan rasa gerah.

Jaket Denim 

Sumber : https://www.yesstyle.com/

4. Padukan Dengan Pakaian Ringan

Kenakan jaket denim di atas kaos, tank top, crop top atau pakaian lainnya yang terbuat dari bahan ringan seperti katun untuk menjaga tubuh tetap sejuk saat memakai jaket di musim kemarau.

Jaket Denim 

Sumber : https://id.hm.com/

5. Pilih Yang Potongannya Longgar

Jaket denim dengan potongan yang lebih longgar atau model oversized memungkinkan lebih banyak sirkulasi udara, sehingga tubuh tidak cepat panas meski melakukan banyak aktivitas di musim kemarau.

Jaket Denim 

Sumber : https://www.aliexpress.com/

6. Fungsikan Sebagai Aksesori

Di siang hari yang panas kamu bisa mengenakan jaket denim sebagai aksesori, misalnya dengan menyampirkan jaket di bahu atau mengikat jaket di pinggang. Selain lebih praktis, cara ini juga bisa menambah keren panampilan kamu tanpa mengorbankan kenyamanan.

Jaket Denim 

Sumber : https://fashionjackson.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara styling jaket denim sebagai pelengkap gaya penampilan saat musim kemarau yang identik dengan cuaca panas. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih dan memadupadankan jaket denim untuk musim kemarau ya. 

Intip koleksi bahan Kain Denim terbaik di katalog kami, kalau kamu butuh bahan kain denim berkualitas untuk membuat jaket. Download juga Pola Jaket Denim siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket denim sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.