Article

Homepage Article Kain 5 Rekomendasi Bahan Kain…

5 Rekomendasi Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Baju Daster

Daster dikenal sebagai salah satu jenis pakaian wanita yang nyaman dipakai untuk pelengkap gaya sehari-hari karena cara pemakaiannya terbilang cukup praktis. Khusus untuk anda yang berencana membeli model daster kekinian dan ingin mendapatkan daster yang berkualitas bagus kenali jenis-jenis bahannya dulu yuk.

Sekilas Tentang Daster

Daster merupakan sejenis busana terusan berpotongan longgar yang banyak dibuat dalam berbagai ukuran panjang, mulai dari sebatas lutut, betis hingga sebatas mata kaki. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita daster sendiri dapat dibuat tanpa tambahan lengan namun bisa juga dilengkapi dengan lengan pendek.

Baju Daster

Sumber : https://www.blibli.com/

Berbicara mengenai asal muasalnya, istilah “daster” sebenarnya diadaptasi dari produk fashion Amerika yang bernama “duster”. Duster sendiri merupakan sebuah jubah panjang dengan material ringan dan longgar yang biasa dikenakan sebagai outer atau pakaian luar oleh para koboi pada era tahun 1800-an.

Baju Daster

Sumber : https://en.wikipedia.org/

Memasuki akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20, duster kemudian mulai banyak dipakai oleh para pria dan wanita sebagai luaran untuk mengendarai motor atau mobil terbuka. Berikutnya pada akhir abad ke-20, duster menjadi fashion item yang mulai populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Amerika.

Baju Daster

Sumber : https://www.wikihow.com/

Terinspirasi dari jubah yang populer di Amerika, selanjutnya berkembanglah daster yang dibuat dengan kancing depan dan dapat dipakai sebagai pelengkap gaya casual. Tidak hanya terbatas sebagai baju tidur saja tapi daster juga dapat dipakai untuk berbagai aktivitas lain seperti memasak atau bersantai di rumah.

Baju Daster

Sumber : https://id.carousell.com/

Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai penutup dan pelindung bagian tubuh, sebuah daster hendaknya dipilih yang kualitasnya benar-benar bagus baik dari segi bahan maupun jahitan. Beberapa kriteria penting yang menentukan bagus tidaknya sebuah baju daster diantaranya:

  • Memiliki kualitas bahan yang kuat, awet, ringan, tidak mudah sobek dan mudah untuk digunakan.
  • Mudah menyerap keringat dan meminimalisir rasa gerah yang dirasakan tubuh akibat meningkatnya suhu sekitar.
  • Aman digunakan untuk orang yang berkulit sensitif sehingga mampu menjaga kulit agar terhindar dari bahaya iritasi maupun alergi.
  • Memiliki kualitas jahitan yang rapi baik pada bagian utama dastermaupun variasinya.
  • Jahitan dasteryang bagus memiliki ciri-ciri halus, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang maupun pelengkap lainnya.
  • Mudah dibersihkan apabila kotor dan proses pengeringannya juga cepat.

Bahan Pembuatan Daster

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan baju daster. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain rayon, kain katun, bahan kaos, kain batik dan kain sutra yang tentunya memiliki karakteristik berbeda satu sama lain.

1. Kain Rayon

Kain rayon merupakan sejenis kain yang berasal dari polimer organik. Kain ini biasanya terlihat berkilau dan tidak mudah kusut, memiliki daya serap keringat yang tinggi serta terasa halus sehingga cocok digunakan dalam pembuatan pakaian untuk musim panas salah satunya yaitu daster.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain rayon diantaranya:

  • Kain rayon memiliki daya serap keringat yang tinggi seperti kain katun.
  • Tekstur dan permukaan kain rayon cenderung halus dan lembut di kulit.
  • Kain rayon sangat nyaman dipakai dan mudah untuk diwarnai.
  • Tampilan bahan kain rayon umumnya juga sangat cerah.
  • Kilau alami kain rayon terbilang cukup tinggi, tidak mudah kusut dan cenderung licin menyerupai sutra.

Dibalik kelebihan yang dimilikinya kain rayon sebenarnya juga memiliki sedikit kelemahan. Karena tidak sekuat rami atau katun alami, kain rayon akan menjadi mudah rusak jika terkena sinar matahari atau basah. Faktor-faktor lain seperti asam, jamur dan setrika juga dikhawatirkan dapat merusak kain rayon.

Baju Daster

Sumber : https://www.bukalapak.com/

2. Kain Katun

Kain katun merupakan sejenis bahan kain yang diperoleh dari pengolahan buah tanaman kapas yang mempunyai nama latin Gossypium. Kain yang terbuat dari bahan kapas ini umumnya memiliki ciri yang sangat khas yakni bersifat menghangatkan di kala dingin dan mampu menyejukkan ketika dipakai di kala panas.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain katun diantaranya:

  • Bahan kainnya kokoh, kuat dan tidak mudah rusak.
  • Memiliki tampilan yang halus dan lembut kerena diciptakan dari serat alami berupa kapas.
  • Mudah menyerap keringat dan nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.
  • Warna kain katun tidak mudah luntur.
  • Tidak menimbulkan reaksi alergi ataupun iritasi.
  • Bersifat menyejukkan saat panas dan menghangatkan saat dingin.
  • Bahannya cenderung tidak menerawang dan tidak mencetak tubuh.
  • Harga kain katun relatif terjangkau.

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya, kain katun sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran terdapat beberapa jenis katun yang mudah kusut dan juga agak kasar meskipun tergantung dengan jenis kain yang digunakan. Tetapi hal ini masih bisa diatasi dengan menyetrikanya.

Baju Daster

Sumber : https://www.pinterest.com/

3. Bahan Kaos

Bahan kaos merupakan sejenis bahan kain yang biasa dipakai untuk membuat kaos tapi pada perkembangannya juga mulai banyak digunakan untuk membuat daster kaos yang modis dan stylish. Salah stau bahan kaos paling nyaman ialah katun combed yang memakai 100% serat kapas murni.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan bahan katun combed diantaranya:

  • Bahan kaos katun combed umumnya memiliki karakteristik yang halus (soft) jadi sangat cocok dipakai untuk membuat daster kaos.
  • Hasil rajutannya lebih bagus dan terlihat lebih rata karena diproduksi dengan finishing disisir (combed).
  • Bahan katun combed sangat nyaman dan cocok dipakai untuk cuaca panas seperti di Indonesia.
  • Bahan katun combed mudah menyerap keringat, jadi aman untuk orang yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

Sebagai bahan terbaik yang biasa digunakan untuk membuat daster kaos, kain katun combed sendiri pada dasarnya dapat dijumpai dalam beberapa macam varian. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Kain Cotton Combed 20s yang terbuat dari benang berukuran 20. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 180 sampai dengan 220 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.  
  • Kain Cotton Combed 24s yang terbuat dari benang berukuran 24. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 170 sampai dengan 210 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  • Kain Cotton Combed 30s yang terbuat dari benang berukuran 30. Gramasi atau berat bahan kaosnya antara 140 sampai dengan 160 gram/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal. 

Pembahasan lengkap mengenai Gramasi Kain dapat anda lihat kembali pada artikel Fitinline terdahulu.

Selain dibuat dari kain katun combed, daster kaos sebenarnya bisa juga dibuat dari kain katun carded hanya saja kualitasnya berada sekelas dibawah katun combed. Cotton carded merupakan bahan kaos yang dirajut dari benang-benang berbulu karena masih banyak mengandung serat kapas yang pendek.

Baju Daster

Sumber : https://gramho.com/

Butuh bahan kaos berkualitas dengan harga murah untuk membuat daster modern atau pakaian lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kaos dari kami.

4. Kain Batik

Sebagai salah satu kain tradisional Indonesia yang sarat akan nilai filosofis, kain batik pada prinsipnya juga dapat digunakan untuk membuat baju daster modern. Dengan memadukan unsur tradisional dan modern, dasteryang dibuat dari kain batik secara keseluruhan akan memiliki tampilan yang sangat cantik.

Khusus untuk pembuatan daster, kain batik yang dijadikan sebagai bahan utamanya secara umum juga tersedia dalam berbagai jenis bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud diataranya:

  • Kain batik tulis yang proses pembuatannya dilakukan dengan menuliskan cairan “malam” pada permukaan kain dengan alat yang disebut “canting”.
  • Kain batik cap yang dibuat menggunakan canting cap.
  • Kain batik jumputan yang dibuat menggunakan teknik jumputan, semacam teknik membuat motif hias pada kain dengan cara ikat celup.
  • Kain batik ECO print yang dibuat dengan cara mereplika tumbuhan ke dalam kain untuk menciptakan warna serta pola motif yang menarik.

Baju Daster

Sumber : https://shopee.co.id/

Butuh bahan kain batik berkualitas dengan harga murah untuk membuat daster atau pakaian lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Batik dari kami.

5. Kain Sutra

Kain sutra dikenal sebagai salah satu bahan kain yang paling berkualitas diantara semua serat tekstil yang ada. Kenyamanan, kelembutan, kemewahan serta kesan elegan menjadi hal yang paling menonjol dari kain ini. Jadi jangan heran kalau daster yang dibuat dari hain sutra harganya pasti mahal.

Untuk membuat gamis modern kain sutra sendiri pada prinsipnya tersedia dalam berbagai macam varian dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Selain sutra asli terdapat pula sutra sintetis alias sutra buatan yang biasa dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan kain sutra asli dengan kain sutra sintetis diantaranya:

  • Secara fisik kain sutra asli akan terlihat lebih berserat dan menonjolkan alur-alur benangnya, sedangkan sutra sintetis akan terlihat lebih mengkilap dan terlihat lebih mulus.
  • Kain sutra sintetis biasanya tidak memiliki sambungan benang, sedangkan kain sutra yang terbuat dari serat sutra asli biasanya memiliki banyak sambungan benang.
  • Kain sutra asli akan terasa lebih kesat dan terasa sejuk ketika diraba, sementara sutra yang dicampur dengan bahan lain akan terasa lebih licin dan terasa lebih panas ketika disentuh.

Baju Daster

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk urusan desain atau modelnya baju daster sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macammodel yang cukup beragam. Beberapa jenis daster yang dimaksud antara lain berupa daster model loose, daster model vintage, daster model shirtdress, daster arab, daster bali dan berbagai model daster kekinian lainnya.

  • Daster Model Loose

Daster model loose menjadi salah satu jenis daster terpopuler yang memiliki bagian lengan lebih lebar dibandingkan dress biasa. Panjang dari daster juga cukup beragam, ada hingga mencapai mata kaki tapi beberapa ada juga yang pendek sebatas lutut (daster midi).

  • Daster Model Vintage

Daster modern model vintage merupakan jenis daster yang biasa dihias dengan aksen kerut pada bagian lengannya. Dengan adanya aksen kerut tampilan daster jadi terlihat bak busana kerajaan.

  • Daster model vintage biasanya memiliki karet yang fleksibel dan tidak kencang.
  • Sekalipun memakai karet model baju daster ini tidak akan terasa sesak di lengan  jadi cukup nyaman dikenakan saat tidur.
  • Daster Tanpa Lengan

Daster modern tanpa lengan sangat cocok dipakai untuk bersantai dirumah ataupun bepergian. Desainnya yang minimalis dan tetap nyaman saat dikenakan membuat daster ini akan terasa sangat sejuk ketika dikenakan seharian.

  • Daster Model Shirtdress

Untuk menyempurnakan penampilan wanita kini hadir pula model daster modern yang terinspirasi dari shirtdress. Baju daster ini umumnya memiliki ciri yang sangat khas yakni memiliki kerah dan biasanya dibuat dari bahan kain yang ringan.

  • Daster Arab

Daster arab termasuk ke dalam jenis model daster kekinian yang memiliki ciri khas yaitu renda yang cantik. Selain daster arab bagus dipakai untuk busana sehari-hari, daster arab ini sebenarnya juga cocok dikenakan untuk berpergian.

  • Daster Bali

Daster bali menjadi salah satu model daster kekinian yang cukup digemari oleh para wanita, karena kebanyakan dibuat dengan menggunakan kain rayon berkualitas tinggi yang adem, halus, lembut dan perawatannya juga mudah.

  • Daster bali umumnya tersedia dalam banyak variasi warna jadi dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya.
  • Daster bali kebanyakan dijual dengan harga yang relatif murah, meski demikian kualitas bahannya tetap terbilang bagus.

Tertarik untuk membuat model daster kekinian wanita sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Daster dari kami Di Sini.

Pola daster yang dibuat Fitinline merupakan pola baju santai wanita lengan pendek dan lengan panjang yang biasanya dipakai sehari-hari di rumah. Pola daster modern ini dirancang untuk konsumsi rumahan, dimana pola tersedia dalam bentuk file PDF.

Kesimpulan

Dari berbagai jenis bahan daster di atas bisa dipilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk mendapatkan daster yang berkualitas, sebaiknya pilihlah bahan kain yang memiliki karakteristik halus, lembut, ringan, mudah kering, tidak menyebabkan reaksi alergi dan membuat anda nyaman saat memakainya.

  • Dengan memilih bahan daster yang tepat maka manfaat yang anda dapatkan pun juga sangat besar.
  • Memakai daster yang berpotongan longgar saat saat tidur di malam hari bisa membuat tubuh lebih leluasa untuk bergerak.
  • Dari segi kesehatan daster juga memiliki manfaatnya seperti memberikan rasa sejuk pada tubuh saat di pakai.
  • Daster bisa membuat kulit menjadi lebih sehat karena memungkinkan sirkulasi udara yang baik untuk kulit tubuh.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda dalam memilih bahan daster yang bagus dan tepat sesuai kebutuhan. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan daster atau bahan lainnya untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.