Article

Homepage Article Fashion Design 5 Model Jaket Yang Dulu…

5 Model Jaket Yang Dulu Dibuat Untuk Keperluan Militer

Dari sekian banyaknya model jaket yang dapat digunakan untuk pelengkap gaya sehari-hari, ternyata ada beberapa model jaket yang memiliki asal-usul dari dunia militer lho. Namun dengan adanya sedikit penyesuaian bahan dan modifikasi desain, jaket tersebut kini justru menjadi populer dalam dunia fashion.

Beberapa point yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Militer

Jaket militer / military jacket merupakan jaket yang dirancang khusus untuk mendukung fungsionalitas, perlindungan dan efisiensi sesuai dengan kebutuhan operasi dan medan tempur. Dari yang semula hanya digunakan untuk keperluan militer, saat ini terdapat pula beberapa jenis jaket yang menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia mode.

Jenis-Jenis Jaket Militer

Untuk pilihan modelnya berikut adalah beberapa jenis jaket yang lebih dulu digunakan dalam konteks militer sebelum akhirnya menjadi bagian dari mode sehari-hari.

1. Bomber Jacket

Bomber jacket atau flight jacket merupakan model jaket yang awalnya dikembangkan untuk pilot Angkatan Udara AS selama Perang Dunia I dan II. Jaket ini dirancang untuk memberikan kehangatan dan perlindungan di ketinggian saat berada di kokpit terbuka pada zaman dulu.

  • Ciri-ciri: Bomber jacket / jaket bomber memiliki tampilan yang bulky, biasa dilengkapi dengan saku resleting di bagian lengan, manset elastis pada pergelangan tangan dan pinggang.
  • Fungsi: Memberikan kehangatan dan kenyamanan di lingkungan bertekanan rendah seperti kokpit pesawat tempur atau helikopter.
  • Pemakaian saat ini: Bomber jacket / jaket bomber menjadi ikon fesyen di kalangan anak muda dan sering terlihat dalam mode kasual.

Jaket Militer

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Parka Jacket

Parka jacket alias jaket parka merupakan jaket militer yang dirancang untuk memberikan perlindungan pada pengguna dari suhu ekstrem, terutama di lingkungan dengan musim dingin seperti dalam Perang Korea yang keras.

  • Ciri-ciri: Parka jacket / jaket parka umumnya memiliki ukuran yang cukup panjang hingga menutupi paha dan dilengkapi dengan lapisan isolasi tebal yang memberikan perlindungan maksimal pada tubuh dari cuaca dingin.
  • Fungsi: Digunakan di lingkungan Arktik atau daerah dengan cuaca dingin ekstrim, biasanya oleh tentara di wilayah kutub atau daerah dingin lainnya.
  • Pemakaian saat ini: Parka jacket / jaket parka populer dalam mode musim dingin dan sering digunakan dalam berbagai gaya kasual.

Jaket Militer 

Sumber : https://www.toprankvintage.com/

3. Tactical Jacket

Tactical jacket adalah jaket yang ringan dan fleksibel, dirancang untuk perlindungan dari angin dan air, namun tetap memberikan mobilitas tinggi bagi para pengguna karena memiliki karakteristik yang breathable dan tahan terhadap cuaca buruk.

  • Ciri-ciri: Tactical jacket / jaket tactical dirancang untuk tahan terhadap kondisi kasar di lapangan, termasuk gesekan, air dan angin.
    • Tactical jacket / jaket tactical memiliki banyaknya kantong yang ditempatkan secara strategis di berbagai bagian jaket, seperti dada, lengan dan pinggang.
    • Tactical jacket / jaket tactical biasa dilengkapi pula dengan panel Velcro di beberapa bagian, seperti lengan atau dada, untuk menempelkan patch identifikasi, logo unit atau simbol lainnya.
  • Fungsi: Digunakan oleh pasukan yang beroperasi di berbagai medan, seperti unit pasukan khusus, dalam situasi di mana mereka memerlukan perlindungan cuaca tanpa mengorbankan kelincahan.
  • Pemakaian saat ini:Tactical jacket / jaket tactical kini juga populer dalam budaya streetwear. Desainnya yang serbaguna, praktis, dan estetik memberi kesan tangguh dan modern.

Jaket Militer

Sumber : https://www.3-port.si/

4. Field Jacket

Field jacket atau jaket lapangan, merupakan salah satu model jaket militer yang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan perlindungan dalam berbagai kondisi cuaca. Biasanya dilengkapi dengan banyak kantong untuk membawa peralatan penting.

  • Ciri-ciri: Field jacket / jaket lapangan memiliki desain fungsional dengan banyak kantong, bahan tahan air, serta hoodie yang bisa disembunyikan.
  • Fungsi: Cocok untuk operasi di lapangan, medan terbuka dan berbagai kondisi cuaca (panas, dingin atau hujan). Biasanya digunakan oleh infanteri.
  • Pemakaian saat ini: Sering digunakan dalam gaya streetwear, karena memiliki kesan tangguh dan praktis.

Jaket Militer 

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Safari Jacket

Safari jacket atau safari suit merupakan sejenis jaket yang populer di kalangan petualang, pejabat kolonial dan personel militer selama era kolonial.Jaket ini dikembangkan dari pakaian yang dikenakan oleh kolonial Inggris selama masa penjajahan di Afrika dan India pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

  • Ciri-ciri: Safari jacket / jaket safari memiliki karakteristik desain yang ringan, fungsional, dan praktis untuk kondisi panas, namun tetap memiliki kesan elegan dan formal.
  • Fungsi: Memberikan kenyamanan dan perlindungan pada pengguna saat melakukan di lingkungan tropis dan panas, terutama untuk berburu (safari) di Afrika.
  • Pemakaian saat ini: Safari jacket / jaket safari sekarang menjadi bagian dari pakaian sehari-hari yang digunakan untuk gaya kasual hingga semi-formal.
    • Safari jacket / jaket safari memberikan tampilan yang rapi dan berkelas, namun tetap santai saat hangout hingga menghadiri acara semi-formal.
    • Dengan estetika yang memiliki akar di era kolonial, safari jacket / jaket safari sering kali diadopsi dalam gaya vintage dan retro.

Jaket Militer 

Sumber : https://www.goldengoose.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai model-model jaket yang awalnya dirancang untuk kebutuhan militer, tetapi kini menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia mode yang dihargai karena kepraktisannya, tampilannya yang klasik dan sifatnya yang serbaguna.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket terbaik yang kami miliki.

Download juga Pola Jaket Parka dan Pola Jaket Bomber siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.