Article

Homepage Article Cara Menjahit 3 Rekomendasi Bahan Terbaik…

3 Rekomendasi Bahan Terbaik Untuk Celemek Makan (Baby Bibs)

Malas mencuci pakaian bayi terutama saat mereka baru belajar makan sendiri?. Sebagai bahan pertimbangan, pakaikan saja celemek makan (baby bibs) di bagian terluar dari baju yang mereka pakai supaya bayi lebih bebas dan merasa lebih leluasa saat belajar makan sendiri.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Celemek Makan

Celemek makan (baby bibs) merupakan sepotong kain atau bahan yang dirancang khusus untuk dikenakan oleh bayi atau balita saat makan atau minum. Fungsi utamanya tidak lain adalah untuk melindungi pakaian bayi dari noda atau kotoran yang mungkin timbul saat bayi makan atau minum.

  • Celemek makan (baby bibs) umumnya ditempatkan di depan dada bayi dan diikat dengan tali atau kancing di belakang leher.
  • Celemek makan (baby bibs) biasa terbuat dari berbagai bahan, seperti kain katun, flanel, plastik atau bahan impermeable lainnya.
  • Celemek makan (baby bibs) juga tersedia dalam berbagai desain, bentuk dan warna yang menarik bagi bayi dan orang tua.

Celemek Makan

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Bahan Untuk Celemek Makan

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya celemek makan (baby bibs) sendiri pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai jenis material yang beragam. Berikut adalah beberapa contoh bahan yang umumnya digunakan untuk membuat celemek makan. 

1. Bahan Kain

Pertama ada bahan kain yang nyaman dipakai, mudah dicuci dan tentunya dapat dijumpai dalam berbagai pilihan warna yang menarik. Dalam hal ini beberapa contoh bahan kain yang biasa dipakai untuk membuat celemek makan antara lain berupa:

  • Kain katun yang ringan, halus, lembut, mudah dicuci serta memiliki kemampuan untuk menyerap cipratan dan noda makanan dengan baik.
  • Kain linen yang dikenal tahan lama, kuat dan memiliki sirkulasi udara yang baik meski tingkat serapannya sedikit lebih rendah dibanding katun.
  • Kain polyester yang tahan terhadap noda dan cipratan, mudah dicuci, cepat kering dan tahan lama.
  • Kain nilon yang cenderung tahan air sehingga aman digunakan untuk menahan tumpahan minuman dan makanan.
  • Kain microfiber berserat halus yang memiliki kemampuan untuk menyerap air dan noda dengan baik, mudah dicuci dan juga cepat kering.

Celemek Makan

Sumber : https://www.poetreekids.com/

Untuk pilihan modelnya, sejauh ini terdapat empat jenis celemek untuk makan bayi yang biasa dibuat dari bahan kain. Beberapa contoh celemek kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Celemek kain berbentuk U.
  • Celemek kain berbentuk bandana.
  • Celemek kain berbentuk bulat untuk bayi yang aktif bergerak.
  • Celemek kain berbentuk baju untuk meminimalisir tumpahan yang mengotori pakaian bayi.

2. Bahan Plastik

Kedua ada bahan plastik yang biasa digunakan untuk membuat celemek plastik. Kelebihan yang ditawarkan celemek plastik ini yaitu bahannya dikenal tahan air, bisa digunakan dalam waktu jangka lama dan mudah dibersihkan.

  • Bahan plastik sendiri termasuk ke dalam jenis bahan celemek makan yang ringan namun kuat dan bisa dipakai lama.
  • Dengan karakteristik bahannya yang tahan air, celemek plastik sangat cocok digunakan untuk situasi di mana terdapat kemungkinan tumpahan cairan atau makanan yang basah.
  • Untuk membersihkan celemek plastik inipun caranya sangat mudah, kamu cuma perlu mengelapnya saja dengan tisu atau kain yang kering.

Celemek Makan

Sumber : https://www.sunsky-online.com/

3. Bahan Silikon

Ketiga ada bahan silikon yang dikenal lebih tahan terhadap air maupun kotoran dan juga aman untuk semua jenis kulit bayi. Celemek makan (baby bibs) dari bahan silikon inipun kebanyakan dirancang dengan kantung di bagian depan untuk menampung makanan yang jatuh.

  • Celemek makan dari bahan silikon cocok dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk buah hati kamu yang baru mulai makan atau saat sesi pemberian finger food.
  • Bahannya yang lembut dan elastis akan membuat bayi merasa nyaman saat mengenakannya.
  • Dengan menggunakan celemek makan dari bahan silikon kamu tidak perlu khawatir pakaian yang dikenakan si kecil ikut basah saat tidak sengaja menumpahkan makanan atau minuman ke atas celemek.
  • Kotoran yang menempel pada celemek berbahan silikon inipun cukup dibersihkan dengan cara diseka menggunakan kain lap atau dicuci.

Celemek Makan

Sumber : https://www.walmart.com/

Kelemahan celemek makan (baby bibs) yang dibuat dari bahan plastik yaitu cenderung lebih kaku, sedangkan silikon sedikit lebih berat dari pada bahan lainnya. Jadi kalau kamu ingin menggunakan celemek makan (baby bibs) berbahan plastik atau silikon sebaiknya pilihlah yang bobotnya ringan dan bertekstur lembut.

Tak hanya didominasi oleh sejumlah bahan-bahan yang sudah diebutkan di atas, ada juga celemek makan yang terbuat dari kombinasi berbagai jenis bahan. Misalnya, celemek makan dengan bagian depan berbahan kain katun atau polyester sementara bagian belakangnya dibuat dari bahan vinyl untuk melindungi pakaian secara maksimal.

Selain itu ada juga celemek makan untuk bayi yang terbuat dari bahan sekali pakai tapi tetap memiliki sifat antibocor yang baik dan memiliki daya serap tinggi. Celemek makan (baby bibs) dari bahan ini cocok untuk digunakan saat kamu dan si kecil tengah bepergian karena tidak perlu repot-repot lagi untuk mencucinya.

Manfaat Celemek Makan

Dengan menggunakan celemek makan (baby bibs) inipun ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan celemek makan ini diantaranya:

  • Membantu mencegah timbulnya noda yang sulit dihilangkan pada pakaian seperti noda minyak ataupun noda makanan berwarna kuat.
  • Mengurangi jumlah pakaian yang harus dicuci setelah makan, karena dengan adanya celemek makan ini pakaian yang dipakai anak-anak akan tetap bersih.

Jadi intinya kalau kamu sedang mencari alternatif cara yang praktis untuk melindungi pakaian bayi atau balita dari noda dan cipratan makanan, maka kamu bisa menggunakan celemek makan (baby bibs) ini sebagai pilihan utamanya.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai rekomendasi bahan terbaik untuk celemek makan (baby bibs) yang bisa kamu piilih sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih dan menemukan celemek makan (baby bibs) yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain katun dan kain linen berkualitas dengan harga murah untuk membuat celemek makan (baby bibs)?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Kain Katun dan Kain Linen yang kami miliki yuk. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.