Article

Homepage Article Fashion Muslim 11 Model Kaftan Yang Bikin…

11 Model Kaftan Yang Bikin Kamu Keren Saat Ramadhan dan Lebaran

Dikenal sebagai salah satu model busana yang dari tahun ke tahun selalu menjadi favorit banyak orang, berikut beberapa model kaftan yang bisa kamu pilih sebagai outfit andalan saat mengikuti kegiatan di bulan ramadhan dan juga lebaran. Untuk mengetahui detailnya seperti apa langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kaftan

Kaftan termasuk ke dalam jenis busana wanita yang biasa didesain dalam bentuk terusan longgar dan memiliki potongan yang sangat khas yakni lurus ke bawah seperti halnya tunik dan kimono. Dilihat dari sejarahnya kaftan sendiri sebenarnya banyak mengadopsi gaya berbusana masyarakat Ancient Mesopotamia kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia.

Model Kaftan

Sumber : https://www.etsy.com/

Dari yang awalnya dibuat dalam bentuk lurus dan cenderung polos, baju asal kawasan Timur Tengah ini sekarang berkembang dengan berbagai desain, bahan serta warna yang beragam hingga akhirnya melahirkan berbagai model kaftan yang tak kalah unik dan menarik, seperti kaftan bordir, kaftan manik-manik hingga kaftan dengan lipatan tertentu.

Model Kaftan

Sumber : https://shopee.co.id/

Model Kaftan Kekinian

Mau tampil lebih kekinian dengan kaftan saat mengikuti kegiatan keagamaan di bulan ramadhan dan juga lebaran?. Sebagai bahan pertimbangan berikut beberapa model kaftan yang bisa kamu pilih untuk pelengkap gaya penampilan.

1. Kaftan Aksen Ritsleting

Pertama ada kaftan yang dilengkapi dengan aksen resleting di bagian depan. Dengan adanya resleting tersebut, maka kaftan yang dihasilkan juga sangat ideal digunakan untuk ibu-ibu yang sedang menyusui.

Model Kaftan

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Kaftan Bordir di Dada

Kedua ada kaftan yang dihias dengan aksen bordir (embroidery) di bagian dada. Dalam hal ini jenis bordir yang digunakan pun cukup beragam, baik itu bordir langsung pada kaftan ataupun aplikasi bordir tempel yang bisa dengan mudah dijahit dan diaplikasikan pada pakaian.

Model Kaftan

Sumber : https://www.blibli.com/

3. Kaftan Aksen Tali

Ketiga ada kaftan kaftan yang dihias dengan aksen tali pinggang sementara bagian lengannya bisa dibuat lebar seperti kelelawar. Karena bentuk lengannya cenderung lemas, maka untuk menutupi lengan bawah kamu bisa memakai model kaftan yang satu ini dengan manset.

Model Kaftan

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Kaftan Kerah Shanghai

Keempat ada kaftan yang dilengkapi dengan kerah shanghai atau kerah mandarin yang memiliki ciri khas tegak tanpa lipatan sementara bagian badannya dibuat dengan model maxi yang menjuntai sampai bawah.

  • Kerah shanghai sendiri merupakan sejenis kerah baju yang memiliki bentuk tegak sejajar tepat pada bagian leher dengan lebar antara 2 sampai 4 cm.
  • Kerah shanghai memiliki ciri khas berbentuk bulat dan tidak dan tidak dapat diturunkan.

Model Kaftan

Sumber : https://www.blfwoman.com/

5. Kaftan Aksen Manik-Manik

Kelima ada kaftan yang dihias dengan detail manik-manik di bagian leher, bagian lengan maupun bagian dada depan. Tak hanya memberi kesan mewah pada tampilan kaftan, keberadaaan manik-manik pada kaftan inipun juga memungkinkan kamu untuk tampil cantik meski tanpa aksesoris.

Model Kaftan

Sumber : https://id.carousell.com/

6. Kaftan Model V-Neck

Keenam ada model kaftan simple yang dilengkapi dengan kerah model V yang meruncing di bagian bawah. Mau dikenakan dengan ataupun tanpa hijab model kaftan yang satu ini akan memberi kesan cantik pada penampilanmu.

Model Kaftan

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Kaftan Aksen Kerut

Ketujuh ada kaftan dengan aksen kerut di bagian badan depan yang dibuat dengan potongan tidak terlalu lebar seperti kaftan biasanya tapi sisi kanan dan kirinya tetap dibuat seperti kelelawar sementara lengan bajunya tampak keluar dan panjang sampai ke pergelangan tangan.

Dengan adanya aksen kerut di bagian badan depan, maka kain yang ada disekitarnya akan menjadi berlekuk-lekuk dan terlihat sangat cantik.

Model Kaftan

Sumber : https://id.carousell.com/

8. Kaftan Model Ikat

Kedelapan ada kaftan model ikat yang diperoleh dari pengembangan kaftan biasa yakni pada sisi kiri dan kanannya di beri tambahan draperi. Untuk memberikan kesan yang lebih manis pada penampilan, draperi pada kaftan inipun dapat dikatkan di bagian badan depan.

Model Kaftan

Sumber : https://www.lazada.co.id/

9. Kaftan Aksen Bros

Berikutnya ada kaftan dengan aksen bros di bagian pinggang. Model kaftan yang satu ini sebenarnya cukup simpel, namun karena diberi tambahan bros yang melintang di bagian pinggang maka tampilannya justru jadi tampak menawan dan elegan saat dikenakan.

Model Kaftan

Sumber : https://shopee.co.id/

10. Kaftan Tali Leher

Tak kalah menarik dari model kaftan sebelumnya terdapat pula model kaftan terbaru dengan tali leher yang bisa kamu pilih sebagai outfit andalan saat ramadhan dan lebaran. Keberadaan tali yang bisa kamu lilitkan di leher akan menambah kesan unik pada tampilan yang dihasilkan.

Model Kaftan

Sumber : https://shopee.co.id/

11. Kaftan Aksen Lipat

Terakhir ada model kaftan terbaru yang dibuat dengan model lipatan di pinggang dan lengan yang panjang sampai pergelangan tangan. Untuk memberi kesan mewah dan tidak terlalu polos, dapat pula ditambahkan aksen mutiara yang ditempelkan menyeluruh di bagian dada dan  lipatan di pinggang tersebut.

Model Kaftan

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kesimpulan

Itu dia beberapa contoh model kaftan yang bisa kamu pilih untuk outfit selama mengikuti kegiatan keagamaan di bulan ramadhan dan saat perayaan lebaran. Dengan mengetahui banyaknya pilihan kaftan yang ada semoga kamu bisa lebih leluasa untuk memilih dan menemukan busana muslim yang sesuai selera dan kebutuhanmu.

Jika kaftan yang kamu pakai sudah memiliki motif atau aksen yang ramai, maka kamu tidak perlu menambahkan aksesori lagi saat memakainya. Sementara jika kaftan yang kamu pilih cenderung polos, maka kamu bisa menambahkan beberapa aksesori secukupnya seperti ikat pinggang.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaftan?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Gamis dan Gaun yang kami miliki.

Download juga pola kaftan siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat kaftan sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.