Article

Homepage Article Fashion Muslim 11 Kelebihan Gamis Wanita…

11 Kelebihan Gamis Wanita Yang Dibuat Dari Kain Moscrepe

Mencari rekomendasi gamis wanita yang cocok digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan formal maupun casual?. Untuk anda yang lebih suka tampil simple namun tetap mengutamakan kenyamanan dalam hal berbusana, mungkin anda bisa memilih gamis berbahan moscrepe yang menawarkan banyak keunggulan.

Pengertian Kain Moscrepe

Kain moscrepe merupakan sejenis bahan kain dari keluarga crepe yang permukaannya tampak seperti kulit jeruk atau seperti butiran pasir. Meskipun sepintas tampak kasar tapi kain moscrepe sendiri sebenarnya termasuk kedalam kategori bahan kain yang lumayan lentur dan halus jika diraba dengan telapak tangan.

Beberapa ciri khas dan karakteristik istimewa dari bahan kain moscrepe yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

  • Sama halnya dengan kain crepe yang lainnya, tekstur kain moscrepe tampak seperti kulit jeruk atau berpasir. Meskipun berpasir tapi kain moscrepe ini tetap terasa halus.
  • Kain moscrepe bersifat ringan dan lentur, kain ini bahkan memiliki kelenturan ke arah vertikal dan horizontal.
  • Dibanding bahan kain wollycrepe dan bubble crepe serat kain moscrepe jauh lebih rapat dan jika ditarik sedikit elastis.
  • Bahannya lebih jatuh, lemas dan tidak terlalu kasar sehingga cukup aman digunakan dan tidak menimbukan reaksi gatal.
  • Kain moscrepe cenderung tidak mudah kusut, kalaupun ada bagian yang kurang rapi pasti akan tersamarkan oleh teksturnya yang berpasir.
  • Tidak tansparan dan tidak menerawang, meski demikian untuk moscrepe yang berwara putih sebaiknya tetap diberi tambahan furing.
  • Nyaman sewaktu digunakan meskipun tidak dapat menyerap keringat dengan baik, tapi hal ini masih bisa disiasati dengan menambahkan kain furing sebagai pelapis dalamnya.

Sebagai salah satu bahan kain yang berkualitas tinggi, pemanfaatan kain moscrepe dalam industri fashion sendiri bisa dibilang sangat luas. Tidak hanya terbatas pada blus, rok ataupun tunik, tapi kain moscrepe pada dasarnya juga sangat cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan berbagai macam model gamis yang keren.

Beberapa contoh model gamis wanita yang dapat dibuat dari kain moscrepe diantaranya:

  • Gamis wanita model ruffle yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis wanita lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan untuk memudahkan pemakainya ketika menyusui sang buah hati.
  • Gamis full kancing yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depan seperti layaknya blouse hanya saja ukurannya jauh lebih panjang.
  • Gamis layering yang memiliki aksen bertumpuk sehingga tampak seperti tunik yang dipadukan dengan rok panjang padahal sebenarnya bukan.
  • Gamis cape yang memiliki detail cukup unik karena dilengkapi dengan sebuah cape pada badan bagian atasnya.

Kelebihan Gamis Moscrepe

Dibandingkan dengan gamis wanita yang dibuat dari bahan lainnya, gamis yang diciptakan dari material moscrepe umumnya juga menawarkan banyak kelebihan. Beberapa kelebihan dari gamis moscrepe yang juga menjadi alasan mengapa anda harus mencobanya untuk pelengkap gaya casual maupun formal diantaranya:

1. Bahannya Lentur

Salah satu alasan mengapa banyak wanita muslimah yang menyukai gamis moscrepe adalah  karena material moscrepe cenderung bersifat lentur.  Kelenturan yang dimiliki kain moscrepe juga membuat gamis yang dibuat dari bahan ini nyaman dipakai untuk berbagai aktifitas yang membutuhkan banyak gerak.

  • Kain moscrepe bahkan memiliki kelenturan ke arah vertikal dan horizontal sehingga sangat nyaman dipakai seharian.
  • Karakteristik gamis moscrepe yang lentur akan membuat penampilan jadi lebih anggun.
  • Dengan memanfaatkan kain moscrepe sebagai bahan utamanya gamis yang dihasilkan cenderung lebih nyaman saat dipakai.
  • Gamis moscrepe yang lentur sangat cocok untuk dikenakan untuk menghadiri acara pengajian dan kegiatan keagamaan lainnya, termasuk untuk menghadiri acara keluarga ketika momen lebaran.

Gamis Moscrepe

Sumber : https://id.carousell.com/

2. Tidak Mudah Kusut

Permukaan bahan kain moscrepe yang berpasir membuat gamis wanita yang diciptakan dari bahan ini jadi tidak mudah kusut, kalaupun ada sedikit kusut tekstur kain akan menyamarkannya. Tekstur kain moscrepe yang tidak mudah kusut secara otomatis juga diwariskan pada gamis berbahan moscrepe.

  • Gamis moscrepe umumnya akan senantiasa terlihat lebih rapi dan tidak mudah kusut karena bahan yang digunakan pada gamis terbuat dari benang rayon.
  • Karena tidak mudah kusut gamis moscrepe juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk bisa mempertahankan kualitas bahannya.
  • Tanpa disetrika sekalipun tampilan gamis moscrepe akan selalu terlihat rapi dan membuat anda lebih percaya diri saat mengenakannya.
  • Dalam keadaan terburu-buru anda bisa langsung memakai gamis moscrepe tanpa perlu menyetrikanya terlebih dahulu.

Gamis Moscrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Tebal Namun Ringan

Dibandingkan dengan bahan crepe yang memiliki ketebalan sama, kain moscrepe umumnya cenderung lebih ringan. Walaupun menggunakan banyak bahan atau layer sekalipun, model gamis wanita yang dibuat dari kain moscrepe jadi tidak akan terasa berat saat digunakan untuk beraktifitas.

4. Tidak Melekat di Tubuh

Gamis moscrepe sangat cocok digunakan untuk pelengkap gaya sehari-hari karena memiliki bahan yang jatuh, namun tidak membuat lekukan tubuh jadi terlihat. Selain nyaman digunakan seharian gamis moscrepe umumnya juga bisa dikenakan ketika menghadiri acara keagamaan seperti pengajian hingga lebaran.

  • Gamis yang dibuat dari kain moscrepe jatuhnya tidak melekat di tubuh jadi saat digunakan akan terlihat sangat cantik.
  • Buat anda yang ingin tampil syar’i, gamis moscrepe juga bisa dijadikan sebagai item fashion andalan asal ukurannya dibuat sedikit lebih longgar dan tidak pas badan.

Gamis Moscrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Tidak Menerawang

Kain moscrepe termasuk ke dalam jenis bahan yang berserat rapat dan cukup tebal, dengan begitu gamis yang dibuat dari kain ini ketika dipakai tidak menerawang kecuali untuk gamis moscrepe yang berwarna putih.

  • Kain moscrepe seratnya cenderung rapat karena itulah tampilannya jadi tidak menerawang.
  • Kain moscrepe juga memiliki tingkat ketebalan yang ideal jadi cenderung tidak menerawang saat digunakan.

6. Tidak Panas

Gamis moscrepe cukup nyaman dan tidak panas sewaktu digunakan meskipun serat kainnya kurang bagus dalam hal menyerap keringat. Untuk meningkatkan daya serap gamis terhadap keringat ada satu cara yang dilakukan yakni dengan menambahkan kain furing sebagai pelapis dalamnya.

  • Gamis moscrepe teksturnya agak kasar seperti terdapat butiran pasir, namun butiran halus tersebut lebih halus dari pasir.
  • Sensasi kasar dari tekstur kain moscrepe memang membuat gamis yang diciptakan dari bahan ini seperti terasa panas padahal sebenarnya tidak.
  • Untuk memberikan efek yang menyejukkan gamis moscrepe bisa dilapisi dengan furing sehingga bagian yang kasar tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

Gamis Moscrepe

Sumber : https://www.lazada.co.id/

7. Nyaman Dipakai Seharian

Gamis moscrepe kebanyakan juga memiliki model yang longgar dan tidak terlalu ketat sehingga sangat nyaman dipakai seharian. Dengan karakteristik bahannya yang berpasir namun tidak terasa panas gamis moscrepe sangat cocok jika dijadikan sebagai item fashion andalan saat dirumah maupun bepergian.

  • Kain moscrepe diketahui memiliki tampilan yang ringan dan lentur sehingga lebih nyaman digunakan untuk beraktifitas.
  • Dengan karakteristik bahannya yang ringan dan lentur tidak heran jika banyak orang tertarik menggunakan gamis moscrepe.

Gamis Moscrepe

Sumber : https://www.lazada.co.id/

8. Warnanya Lebih Hidup

Gamis moscrepe biasanya dapat dijumpai dalam banyak pilihan warna dan dipilih sesuai kebutuhan pemakainya karena warna kain moscrepe sendiri juga cukup beragam. Tidak hanya terbatas pada warna-warna netral seperti hitam atau putih, tapi warna kain moscrepe ada juga yang dibuat lebih cerah.

Gamis moscrepe dapat dijumpai dalam berbagai warna yang cukup beragam. Bahkan hampir semuanya memiliki warna yang lebih cerah dan hidup karena bahan moscrepe sendiri dikenal lebih mudah mengikat warna.

  • Bahan moscrepe mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna.
  • Sebagai bahan dasar pembuatan gamis, kain moscrepe dikenal memiliki warna yang terkesan lebih hidup dibanding bahan kain yang lain.
  • Serat rayon yang menyusun kain moscrepe mampu mengikat warna dengan baik sehingga warna kainnya jadi lebih hidup.
  • Semakin banyak pilihan warna kain moscrepe yang ditawarkan akan membuat wanita lebih tertarik untuk mengenakannya.

Gamis Moscrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

9. Tidak Menimbulkan Gatal

Kain moscrepe umumnya memiliki karakter bahan yang halus walau jika disentuh terasa ada barisan butiran pasir. Dengan adanya sifat itu gamis moscrepe yang dihasilkan tidak akan mudah menimbulkan rasa gatal ataupun reaksi alergi pada kulit.

  • Kain moscrepe memiliki tekstur yang sangat khas yakni agak berpasir tapi tetap terasa halus jadi sangat cocok digunakan untuk mencegah terjadinya alergi kulit.
  • Khusus untuk anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah mengalami iritasi menggunakan gamis berbahan moscrepe bisa menjadi solusi terbaik.

Gamis Moscrepe

Sumber : https://www.bukalapak.com/

10. Ekonomis

Dari segi harga gamis moscrepe biasanya dijual dengan harga yang terbilang murah dan kualitasnya juga cukup bagus. Dari segala keunggulan yang dimilikinya, alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik membeli gamis berbahan kain moscrepe.

  • Gamis moscrepe umumnya memiliki harga yang cenderung lebih murah jadi dengan memakai gamis tersebut anda bisa lebih berhemat.
  • Sekalipun gamis berbahan moscrepe memang dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun bukan berarti kualitasnya lebih buruk dibanding gamis lainnya.

Gamis Moscrepe

Sumber : https://shopee.co.id/

11. Perawatannya Cukup Mudah

Gamis moscrepe umumnya cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan. Gamis moscrepe yang mudah dibersihkan dan dikeringkan tentu akan memudahkan anda saat melakukan perawatan.

  • Untuk merawat gamis wanita berbahan moscrepe akan lebih baik bila anda selalu mecucinya dengan menggunakan tangan.
  • Pilihlah detergen yang lembut dan bebas dari bahan pemutih agar warna alami gamis moscrepe tetap terjaga dengan baik.
  • Hindari merendam gamis moscrepe dalam waktu yang lama, jika ada noda yang sulit dihilangkan anda bisa menggosoknya dengan spons basah atau gunakan air hangat.
  • Setelah noda yang ada pada gamisnya bersih anda bisa mencuci gamis seperti pakaian seperti biasa kemudian menjemurnya hingga kering.
  • Untuk mengeringkan gamis moscrepe anda bisa menggantungnya di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung.
    • Mengeringkan gamis berbahan moscrepe dengan sinar matahari secara langsung dapat membuat warna alami kain menjadi tampak pudar.
    • Sebaiknya jemur gamis moscrepe diruang terbuka atau di dalam rumah menggunakan bantuan kipas angin.
  • Simpan gamis berbahan moscrepe di tempat yang kering dan bersih. Jika diperlukan tambahkan kapur barus agar pakaian terhindar dari jamur dan juga ngengat yang bisa merusak keindahan pakaian.

Kekurangan Gamis Moscrepe

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya gamis yang dibuat dari kain moscrepe sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran bahan moscrepe yang dijual di pasaran sebenarnya tersedia dalam berbagai jenis yang beragam. Untuk mencari kain moscrepe yang berkualitas baik pun anda juga harus teliti.

Beberapa kekurangan dari gamis berbahan kain moscrepe yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Gamis moscrepe kurang tahan dengan suhu tinggi jadi sangat rentan rusak dan bisa meleleh jika terkena suhu panas. Bila ingin menyetrikanya pilihlah suhu setrika yang rendah.
  • Gamis moscrepe yang berwarna putih biasanya bersifat sedikit transparan. Untuk mensiasati hal ini bisa ditambahkan kain furing sebagai pelapis bagian dalam gamis supaya lebih aman.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan gamis moscrepe yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilikinya sebagai pelengkap gaya penampilan. Sesuai karakteristik bahannya yang halus, lembut dan mudah menyerap keringat, gamis berbahan moscrepe secara umum juga mewarisi sifat-sifat yang ada pada kain moscrepe.

Karena terbuat dari serat rayon dan tergolong ke dalam jenis crepe, kain moscrepe umumnya cenderung ringan, lentur, lebih jatuh dan tidak mudah kusut. Sifatnya yang ringan menjadikan gamis yang diciptakan dari bahan kain moscrepe tidak akan terasa berat walaupun memerlukan banyak bahan untuk membuatnya.

Berkeinginan untuk membuat gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload pola gamis wanita siap pakai dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya  memiliki lekukan pinggang.

Dengan membuat gamis sendiri andapun akan mendapatkan banyak keuntungan dibandingkan membeli gamis siap pakai yang bisa saja model dan ukurannya belum tentu sesuai dengan tubuh.

  • Membuat model gamis sendiri akan meningkatkan kreatifitas anda untuk membuat model baju-baju baru lain yang tidak kalah menarik.
  • Bebas dalam membuat kreasi model gamis. Kalau mau yang simple pilih gamis tradisional kalau mau yang mewah anda bisa memilih model gamis modern.
  • Bebas dalam memilih ukuran gamis yang sesuai dengan bentuk badan, jadi tidak perlu khawatir lagi akan kebesaran atau kekecilan.
  • Dengan membuat gamis moscrepe sendiri anda bisa lebih leluasa untuk memilih warna kain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.  
  • Model gamis yang dibuat akan menjadi baju limited edition karena dibuat secara eksklusif tanpa campur tangan orang lain.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.