Article

Homepage Article Fashion Design 10 Model Baju, Tas dan Sepatu…

10 Model Baju, Tas dan Sepatu Yang Identik Dengan Gorpcore

Jadi salah satu gaya fashion yang tidak hanya terlihat keren tetapi juga sangat fungsional, berikut beberapa ciri paling khas dari style fashion gorpcore yang mengutamakan keindahan serta kenyamanan pemakaiannya, lengkap dengan beberapa fashion item yang identik dengan style gorpcore itu sendiri.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Gorpcore

Ditinjau dari asal bahasanya, istilah gorpcore sebenarnya berasal dari kata “gorp” yang merupakan singkatan dari  “Good Ol’ Raisins and Peanuts” yang berarti camilan atau makanan ringan klasik seperti kacang, kismis dan coklat yang kerap dibawa untuk bekal para pendaki.

Sementara dalam dunia mode gorpcore dapat didefinisikan sebagai gaya fashion yang banyak terinspirasi dari cara berpakaian para pendaki gunung yakni lebih mengutamakan kenyamanan tetapi diterapkan dalam situasi sehari-hari di lingkungan perkotaan.

  • Gorpcore hadir karena kebutuhan akan fungsi dan kenyamanan dalam berpakaian, terutama saat cuaca dingin.
  • Gorpcore hadir karena keinginan untuk mengekspresikan diri dan identitas melalui pakaian yang berbeda dari gaya mainstream.
  • Gorpcore berkembang sebagai reaksi terhadap gaya hidup perkotaan yang lebih terhubung dengan alam dan aktivitas fisik, meski tidak selalu terkait dengan kegiatan di alam terbuka.
  • Gorpcore yang nyaman, fungsional dan tahan cuaca juga membuatnya menjadi pilihan yang populer di kalangan pecinta alam untuk pelengkap kehidupan sehari-hari.

Style Fashion Gorpcore 

Sumber : https://www.theguidemagazine.org/

Karena diadaptasi dari gaya para pendaki, style fashion corpcore inipun juga memiliki sejumlah ciri-ciri khusus. Beberapa ciri-ciri utama gorpcore diantaraya:

  • Gorpcore lebih mengutamakan kenyaman dengan sentuhan perkotaan yang kasual.
  • Menggunakan bahan-bahan yang tahan cuaca seperti Kain Gore-Tex, Kain Taslan, Kain Parasut, Kain Fleece dan nylon.
  • Memiliki warna-warna alami seperti hijau, coklat, biru laut, dan abu-abu, meskipun terkadang juga mengadopsi warna-warna cerah neon.
  • Pola alam seperti kotak-kotak dan garis-garis juga umumnya ditemukan dalam tren gorpcore.
  • Aksesori seperti topi hiking, ikat pinggang teknis dan ransel besar yang digunakan dalam konteks urban, meskipun berasal dari budaya outdoor.
  • Gaya gorpcore juga mementingkan teknik layering untuk menciptakan tampilan yang semakin baik hasilnya.

Fashion Item Yang Populer

Sebagai salah satu gaya fashion yang seringkali menggabungkan elemen praktis, fungsional dan teknis dari pakaian outdoor, tren gorpcore sebenarnya tidak hanya terbatas pada penggunaan pakaian outdoor asli, namun juga meluas ke pakaian yang meniru atau mengadaptasi elemen-elemen tersebut.

Untuk pilihan modelnya berikut adalah beberapa produk pakaian outdoor yang kerap kali digunakan dalam mode fashion gorpcore.

1. Jaket Puffer

Pertama ada jaket puffer yang memiliki tampilan tampak menggelembung dan empuk di seluruh bagian jaket, baik itu pada bagian badan ataupun bagian lengan karena diisi dengan bahan insulasi seperti bulu angsa atau serat sintetis.

Style Fashion Gorpcore 

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Jaket Parka

Kedua ada jaket parka yang fungsional, tahan cuaca dan dapat memberikan kehangatan pada tunuh, sesuai dengan prinsip dasar Gorpcore. Jaket parka dengan warna-warna seperti hijau zaitun, navy, coklat, atau hitam juga sesuai dengan palet warna alam yang sering digunakan dalam Gorpcore.

Style Fashion Gorpcore 

Sumber : https://parkas.co.za/

3. Jaket Windbreaker

Ketiga ada jaket windbreaker yang kebanyakan dibuat dari bahan kain yang kuat dan dilengkapi dengan fitur penyesuaian di pergelangan tangan dan pinggang untuk menjaga agar angin tidak masuk ke dalam jaket.

Style Fashion Gorpcore 

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Jaket Cagoule

Keempat ada jaket cagoule yang memiliki tampilan cukup unik karena menggunakan resleting depan (front zipper) yang cukup pendek hanya sampai bagian dada, serta memiliki saku depan yang besar dan luas yakni saku kanguru (kangaroo pocket).

Style Fashion Gorpcore 

Sumber : https://www.lazada.co.id/

5. Celana Cargo

Kelima ada celana cargo yang memiliki ciri sangat khas yakni dilengkapi dengan banyak kantong penyimpanan. Celana ini bisa kamu gunakan baik di alam terbuka maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Style Fashion Gorpcore 

Sumber : https://www.lazada.com.my/

6. Baseball Cap

Keenam ada baseball cap yang biasanya dibuat dari bahan yang cukup lentur dan memiliki lidah “visor” yang berbentuk melengkung, sementara untuk bagian belakang biasanya terdapat strap atau tali pengencang agar topi tidak mudah lepas saat digunakan.

Style Fashion Gorpcore 

Sumber : https://www.amazon.sa/

7. Bucket Hat

Ketujuh ada bucket hat yang ringan dan tahan air. Dari yang awalnya dirancang untuk fungsionalitas ketimbang gaya, bucket hat kini bisa juga dipakai untuk pelengkap gaya sehari-hari yang trendy.

Style Fashion Gorpcore

Sumber : https://shopee.co.id/

8. Beanie Hat

Kedelapan ada beannie hat atau topi kupluk dari bahan rajut, fleece atau wol. Selain menjaga kepala agar tetap hangat saat cuaca dingin, topi ini bisa juga digunakan untuk menyembunyikan bad hair day dan menambah gaya kasual penampilan sehari-hari.

Style Fashion Gorpcore 

Sumber : https://koreanstyle-shop.com/

9. Tas Ransel

Kesembilan ada tas ransel yang kerap dijadikan sebagai tas favorit bagi para pecinta aktivitas hiking. Tas ransel dengan banyak kantong atau aksesori dapat memberikan kesan praktis dan multifungsi.

Style Fashion Gorpcore 

Sumber : https://www.amazon.ca/

10. Sepatu Hiking

Kesepuluh ada sepatu hiking jenis trail running atau boots yang sering dipakai untuk mendaki gunung. Sepatu ini menjadi salah satu elemen kunci dalam gaya gorpcore karena sangat cocok digunakan untuk aktivitas luar ruangan dan menambah sentuhan kasual pada penampilan.

Style Fashion Gorpcore 

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa fashion item yang identik dengan style fashion gorpcore. Untuk pelengkap gaya sehari-hari kamu pun bisa dengan mudah mengadopsi elemen-elemen gorpcore sebagai outfit andalan untuk bekerja, hangout atau melakukan petualangan di alam bebas.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket, celana dan berbagai model baju lainnya yang tidak kalah menarik. Sebagai bahan pertimbangan yuk itip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.