Article

Homepage Article Kain 10 Keistimewaan Kain Crinkle…

10 Keistimewaan Kain Crinkle Yang Memiliki Efek Kerutan Halus

Dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang memiliki tampilan sangat khas dan sering muncul di pasaran, berikut beberapa keunggulan yang membuat kain crinkle / bahan crinkle begitu populer di kalangan penggemar fashion. Selain unik, kain crinkle / bahan crinkle ini ternyata juga memiliki beragam varian yang cukup banyak lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Crinkle

Kain crinkle / bahan crinkle dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan kain yang memiliki tampilan sangat khas yakni berupa efek kerutan halus di seluruh permukaan kain. Tapi walaupun teksturnya tidak rata dan cenderung berkerut, kain crinkle / bahan crinkle ini ketika dipegang akan tetap terasa lembut, ringan dan tidak gerah di badan.

Keunggulan Kain Crinkle

Seperti layaknya bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat busana sehari-hari, kain crinkle / bahan crinkle inipun pada prinsipnya juga memiliki banyak keunggulan yang membuatnya populer di kalangan penggemar fashion. Berikut beberapa keunggulan kain crinkle / bahan crinkle yang perlu kamu ketahui.

1. Tampilan Tampak Unik

Kain crinkle / bahan crinkle memiliki tekstur dan tampilan yang unik yakni tampak berkerut atau mengerut yang menjadi ciri khasnya. Kualitasnya yang menjanjikan bahkan mampu memberikan kesan mewah pada pakaian dan membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

  • Kain crinkle terkesan mewah karena tekstur unik yang dimilikinya.
  • Efek kerutan pada kain crinkle tidak akan hilang walaupun sudah melalui proses pencucian berulang kali.

2. Tidak Mudah Kusut

Kain crinkle / bahan crinkle tidak mudah kusut karena tekstur yang berkerut. Tekstur kerutan yang dimiliki kain crinkle juga membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk bahan dasar pakaian yang sering digunakan saat bepergian.

3. Tidak Perlu Disetrika

Kain crinkle / bahan crinkle termasuk ke dalam jenis kain yang tidak perlu disetrika, jadi sangat cocok digunakan untuk kamu yang malas menyertika tanpa harus mengkhawatirkan tentang kerutan yang muncul saat kain disimpan atau digunakan.

  • Baju yang dibuat dari kain crinkle / bahan crinkle sangat nyaman dan praktis untuk digunakan untuk perjalanan atau bepergian.
  • Baju yang dibuat dari kain crinkle / bahan crinkle juga cocok dipakai di tempat-tempat yang memiliki fasilitas setrika terbatas sekalipun.

4. Bahannya Tahan Lama

Kain crinkle / bahan crinkle umumnya terbuat dari serat yang kuat dan tahan lama seperti rayon atau PE. Ini berarti kain yang dihasilkan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa mudah rusak atau aus.

5. Banyak Pilihan Warnanya

Kain crinkle / bahan crinkle tersedia dalam berbagai desain dan warna yang menarik, sehingga bisa dengan mudah disesuaikan dengan gaya dan preferensi pribadi kamu. Selain dibuat dalam warna-warna cerah, kain crinkle yang berwarna netral juga banyak tersedia.

6. Nyaman Dipakai Seharian

Kain crinkle / bahan crinkle umumnya terbuat dari serat yang ringan dan membuatnya nyaman dipakai dalam berbagai kesempatan yang berbeda. Bobot yang ringan juga membuat kain crinkle / bahan crinkle tetap terkesan jatuh tapi tidak sampai mencetak lekukan tubuh.

7. Cocok Untuk Cuaca Panas

Kain crinkle / bahan crinkle cocok dipakai untuk segala jenis cuca terutama saat cuaca panas, karena memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak melekat pada tubuh.

  • Permukaan kain crinkle / bahan crinkle umumnya cenderung agak berpori sehingga menghasilkan sirkulasi udara yang baik.
  • Sirkulasi udaranya yang baik, membuat pakaian yang dibuat dari kain crinkle / bahan crinkle ini akan tetap nyaman dikenakan meski cuaca panas.

8. Jenisnya Ada Banyak

Untuk jenisnya sendiri kain crinkle / bahan crinkle yang biasa digunakan sebagai bahan pakaian dapat juga dikelompokkan menjadi beberapa variasi bahan yang berbeda. Bahan kain yang dimaksud meliputi kain rayon crinkle, kain PE airflow crinkle, kain linen crinkle dan masih banyak lagi.

  • Kain Rayon Crinkle

Kain rayon crinkle / bahan rayon crinkle merupakan varian kain rayon yang memiliki tekstur crinkle/kerut yang permanen karena menggunakan benang high twist.

Kain Crinkle

Sumber : https://fitinline.com/

  • Kain PE Airflow Crinkle

Kain PE airflow crinkle termasuk ke dalam jenis kain yang adem, jatuh dan ada efek stretch, mempunyai sifat susut 0%, memiliki efek crinkle yang permanen dan dicelup dengan menggunakan pewarna disperse.

Kain Crinkle

Sumber : https://fitinline.com/

  • Kain Linen Crinkle

Kain linen crinkle / bahan linen crinkle merupakan varian kain linen yang mempunyai efek airflow alias efek kerut halus yang membuat kainnya agak kaku namun lembut, tidak menerawang dan adem.

Kain Crinkle

Sumber : https://fitinline.com/

9. Pemanfaatannya Sangat Luas

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri sandang, kain crinkle / bahan crinkle umumnya sangat cocok digunakan untuk membuat berbagai jenis fashion item yang menarik seperti halnya gamis, jilbab, baju tunik, rok, blus, outer dan masih banyak lagi.

10. Perawatannya Cukup Mudah

Kain crinkle / bahan crinkle tidak memerlukan perawatan khusus agar aksen kerutannya tidak mudah hilang, karena sebagian besar kain crinkle dapat dicuci dan dikeringkan dengan mudah.

Beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk merawat kain crinkle yaitu:

  • Cuci kain crinkle dan produk yang dibuat dari bahan tersebut dengan air dingin atau hangat.
  • Sangat direkomendasikan untuk mencuci kain crinkle dengan tangan.
  • Peras sampai airnya benar-benar tiris sebelum dijemur lalu keringkan di tempat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari langsung.
  • Hindari mengeringkan kain crinkle dan produk yang dihasilkannya dengan mesin pengering atau mesin cuci,

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa kain crinkle  / bahan crinkle sangat populer di kalangan penggemar fashion. Dengan mengetahui banyaknya keunggulan dari kain crinkle semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain crinkle berkualitas dengan harga murah untuk membaut berbagai jenis busana wanita dan busana anak?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi kain crinkle yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.