Article

Homepage Article Fashion Design 10 Ciri Khas Jaket Tracktop…

10 Ciri Khas Jaket Tracktop Yang Ikonik Dalam Gaya Streetwear

Jadi salah satu model jaket yang ideal digunakan untuk menambah gaya atau kenyamanan dalam cuaca yang tidak terlalu dingin, berikut beberapa ciri paling khas dari jaket tracktop / tracktop jacket yang perlu kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Tracktop

Jaket tracktop merupakan salah satu model jaket yang awalnya didesain sebagai pakaian olahraga, khususnya untuk pemanasan atau latihan atletik seperti jogging atau aktivitas track and field, namun kini telah berkembang menjadi bagian dari fashion kasual, terutama dalam tren streetwear dan athleisure.

Ciri Khas Jaket Tracktop

Beberapa ciri paling khas dari jaket tracktop / tracktop jacket  yang membedakannya dengan model jaket yang lain diantaranya:

1. Resleting Jaket

Jaket tracktop memiliki desain yang lebih simpel, yakni biasa dilengkapi dengan resleting penuh atau resleting sebagian di bagian depan untuk memudahkan pengguna saat memakai dan melepas jaket.

Jaket Tracktop 

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Kerah Jaket

Jaket tracktop seringkali dibuat tanpa tambahan hoodie, tapi dilengkapi dengan kerah yang berbentuk tinggi (mock neck) dan tidak terlalu kaku untuk melindungi leher, terutama saat cuaca dingin aatau berangin.

Jaket Tracktop 

Sumber : https://hooligans.co.id/

3. Model Lengan

Beberapa tracktop jaket  / tracktop jacket memiliki lengan raglan yang memudahkan pergerakan bahu, namun ada juga jaket tracktop yang memiliki lengan licin.

  • Lengan licin merupakan lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.
  • Lengan raglan merupakan lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.

Jaket Tracktop 

Sumber : https://houseofsmith.co.id/

4. Bur Jaket

Bagian pergelangan tangan dan pinggang jaket tracktop sering kali dilengkapi dengan bur yang elastis untuk memberikan kenyamanan, menjaga agar angin tidak masuk, sekaligus memberi jaket bentuk yang lebih sporty.

Jaket Tracktop 

Sumber : https://www.lazada.co.id/

5. Kantong di Sisi

Kebanyakan jaket tracktop dilengkapi dengan kantong di bagian samping, baik yang terbuka maupun dengan resleting. Keberadaan kantong sisi pada jaket tracktop ini membuatnya praktis untuk penggunaan sehari-hari.

Jaket Tracktop 

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Potongan Slim atau Regular Fit

Tracktop biasanya memiliki potongan yang tidak terlalu longgar, tapi justru dibuat dalam model slim atau regular fit yang menambah rasa nyaman namun tetap memberikan kesan yang terlihat rapi.

7. Detail Tambahan

Jaket tracktop memiliki salah satu ciri khas yang paling sering terlihat, yakni berupa garis-garis panjang di sisi lengan (seringkali dua atau tiga garis) yang menambah kesan sporty pada tampilan jaket.

Jaket Tracktop 

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk memberikan sentuhan yang lebih menarik, tidak sedikit pula jaket tracktop yang dilengkapi dengan logo merek olahraga seperti Adidas, Nike atau Puma pada bagian garisnya.

Jaket Tracktop 

Sumber : https://www.tokopedia.com/

8. Bahan Jaket tracktop

Jaket tracktop biasa dibuat dari bahan kain yang ringan seperti kain diadora, kain baby terry, kain paragon dan kain fleece, untuk memberikan kenyamanan pada pengguna saat bergerak.

  • Kain Diadora

Kain diadora termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang halus dan lembut. Kain ini disebut demikian karena sangat mirip dengan bahan yang digunakan oleh perusahaan sport merek Diadora.

  • Kain Baby Terry

Kain baby terry memiliki ciri yang sangat khas yakni berupa pola looped texture yang bila dilihat lebih dekat terlihat seperti bulatan, lingkaran ataupun cincin kecil-kecil pada permukaan kainnya.

  • Kain Paragon

Kain paragon tergolong ke dalam jenis kain yang memiliki permukaan mengkilap, stretch, tampak mengkilap, halus, lembut dan adem jika dipakai di udara panas.

  • Kain Fleece

Kain fleece memiliki karakteristik lembut, hangat, ringan dan sedikit berbulu pada bagian permukaannya.

9. Populer di Fashion Streetwear

Karena desainnya yang simpel namun ikonik, jaket tracktop sering dipakai sebagai bagian dari gaya streetwear, gaya fashion kasual yang menggabungkan elemen-elemen pakaian olahraga dan pakaian kerja dengan sentuhan unik dari tren modern.

Jaket tracktop juga menjadi populer di kalangan subkultur musik dan fashion, terutama dalam komunitas hip-hop, breakdancing, serta penggemar gaya retro tahun 80-an dan 90-an. Brand-brand besar seperti Adidas, Nike dan Puma bahkan sering memproduksi jaket tracktop yang ikonik.

Jaket Tracktop 

Sumber : https://www.lazada.co.id/

10. Mudah Untuk Dipadupadankan

Jaket tracktop sangat mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai  item streetwear, seperti halnya celana jeans, celana jogger, sneakers dan kaos grafis. Kombinasi ini akan menciptakan tampilan yang sporty, nyaman dan modis, sebagaimana ciri khas gaya streetwear.

Jaket Tracktop 

Sumber : https://hooligans.co.id/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa ciri paling khas yang membedakan jaket tracktop dengan model jaket yang lain. Ciri-ciri ini menjadikan jaket tracktop sebagai ikon gaya kasual dan sporty yang fleksibel, mudah dikenakan dan populer dalam banyak subkultur fashion seperti streetwear.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket tracktop / tracktop jacket?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Diadora, Kain Baby Terry, Kain Paragon dan Kain Fleece terbaik yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.