Article

Homepage Article Cara Menjahit Penyelesaian Tepi Busana:…

Penyelesaian Tepi Busana: Kelim (Bagian 2)

Selamat pagi Sahabat Fitinline, bahasan artikel sebelumnya mengenai jenis kelim yang dikerjakan dengan tangan. Nah, kali ini kita akan bahas mengenai kelim yang dikerjakan dengan mesin. Penyelesaian kelim dikerjakan setelah busana selesai dijahit. Kelim jenis ini sangat mudah dikerjakan dan tidak membutuhkan waktu yang lama, namun untuk hasilnya memang kurang begitu rapi. Kelim yang dikerjakan dengan mesin sering kita lihat pada pakaian jadi yang dijual di pasaran.

Keliman

Keliman

Sumber: http://craftbymood.com

Kelim tindas yaitu kelim yang dijahit dengan mesin. Cara mengerjakan kelim tindas adalah kelim dilipitkan sesuai dengan keinginan dan dilipatkan kurang lebih 1 cm, kemudian ditindas dengan mesin, hasil tindasan hanya satu jahitan yaitu pada pinggir kelim. Sebelum dikelim tindas, kain bisa diobras terlebih dahulu supaya hasilnya lebih rapi. Kelim ini biasanya dipakai untuk pinggiran kemeja, ujung kaki piyama, kaki celana, bawah rok, blus, dan lain sebagainya.

Kelim Tindas

Kelim Tindas

Sumber: http://craftbymood.com

Kelim Tindas

Sumber: http://craftbymood.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Kelim konveksi yaitu kelim yang sering dipakai untuk menjahit pakaian konveksi, yaitu untuk keliman rok, blus, kemeja, ataupun kaki celana. Kelim ini digunakan karena termasuk penyelesaian tepi yang cukup simple dan cepat. Caranya tiras kampuh dengan lebar 2 sampai 4 cm dilipat 0,5 cm dan dilipat lagi sesuai batasan kampuh dan diselesaikan dengan disetik atau dijahit langsung ke pakaian. Caranya juga sama dengan kelim tindas tapi perbedaannya terletak pada tusukannya. Tusukan kelim konveksi terdiri dari 2 baris yaitu di atas dan di bawah (double) dan lebarnya kurang lebih 1 cm.

Kelim Konveksi

Kelim Konveksi

Sumber: http://craftbymood.com

Kelim som mesin adalah kelim yang bekasnya di bagian baik seperti som tangan tetapi dengan menggunakan mesin. Cara pengerjaannya yaitu pinggir kain dikelim dengan jelujur sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian kelim dilipatkan dengan bagian keliman ke bawah sebesar keliman yang disisakan biasanya 0.2 cm. Dijahit pada sisa keliman dengan cara sepatu mesin sedikit diangkat. Kemudian turunkan sepatu mesin dan jahit terus berulang-ulang sampai selesai. Kelim som dapat dijahit dengan memakai mesin serbaguna. Kelim som dapat juga dibuat dengan memakai mesin khusus untuk garmen. Mensom bahan-bahan yang tebal dan untuk konveksi (garmen) agar pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Kelim Som Mesin

Kelim Som Mesin

Sumber: http://likaya2.wordpress.com

Kelim Som Mesin

Sumber: http://pusatmesinjahitsinger.blogspot.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Kelim Som Mesin

Sumber: http://pusatmesinjahitsinger.blogspot.com

Sepatu Som

Sepatu Som

Sumber: http://pusatmesinjahitsinger.blogspot.com

Simak terus artikel dari kami ya Sahabat Fitinline, artikel selanjutnya kita masih membahas mengenai kelim. Jangan sampai ketinggalan ya Sahabat Fitinline. Selamat menjahit dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.