Article

Homepage Article Batik Keunikan Makna Filosofi…

Keunikan Makna Filosofi Batik Klasik: Motif Yuyu Sekandang

Terdapat banyak sekali jenis motif batik yang memiliki makna filosofi yang sampai saat ini dipercayai masih mempunyai kekuatan magis saat digunakan. Salah satunya yaitu batik klasik motif yuyu sekandang.

Di daerah Surakarta, batik motif yuyu sekandang biasanya digunakan untuk upacara tingkeban atau mitoni. Acara mitoni diadakan untuk wanita yang sedang mengandung 7 (tujuh) bulan. Dalam tradisi ini, masyarakat Jawa (terutama Surakarta) memakai 7 (tujuh) macam motif batik yang berbeda dan salah satunya adalah kain batik bermotif yuyu sekandang, dengan makna agar pada saat melahirkan nanti semudah orang berganti busana (prucat-prucut). Penggunaan motif ini juga sebagai lambang harapan agar si anak yang masih di dalam kandungan kelak dikaruniai rejeki berlimpah, mempunyai banyak anak seperti yuyu (kepiting).

Batik Motif Yuyu Sekandang

Batik Motif Yuyu Sekandang

Sumber: http://batikdan.blogspot.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Batik ini juga menyertai kelahiran yang digunakan untuk alas yang disebut kopohan (basahan). Batik yang digunakan biasanya sudah lawas, milik nenek si bayi. Ini mengandung arti agar bayi kelak dikaruniai usia panjang seperti neneknya. Pola batik itupun mempunyai arti filosofi yang baik, sehingga kebaikan itu akan terbawa oleh bayi yang masih suci hingga dewasa nanti. Kain batik kopohan ini selanjutnya disimpan dan dirawat oleh orangtua bayi sebagai pusaka.

Batik Motif Yuyu Sekandang

Batik Motif Yuyu Sekandang

Sumber: http://im8.tokobagus.biz

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Walaupun letaknya berdekatan, namun daerah Yogyakarta memiliki adat dan cara yang berbeda dalam memanfaatkan batik motif yuyu sekandang. Batik motif yuyu sekandang digunakan pada upacara siraman pada pernikahan gaya Yogyakarta. Batik ini digunakan dalam perlengkapan sebagai alas duduk calon pengantin dalam upacara siraman.

Batik Motif Yuyu Sekandang

Batik Motif Yuyu Sekandang

Sumber: http://im7.tokobagus.biz

Batik Motif Yuyu Sekandang

Batik Motif Yuyu Sekandang

Sumber: http://www.batikmaribu.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Namun di jaman sekarang, penggunaan motif yuyu sekandang untuk berbagai jenis busana baik dalam acara formal maupun non formal. Sahabat Fitinline bisa menambahkan batik motif ini sebagai salah satu koleksi anda. Semoga bermanfaat.

Tags: jual kain, jual kain batik, jual batik, jual kain batik murah, toko kain, toko kain batik, toko batik, toko batik online, toko kain batik online, beli kain, beli kain batik, beli batik, batik indonesia, belanja batik, belanja batik online, motif batik, harga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.