Article

Homepage Article Jahit Menjahit Jenis dan Komponen Risleting

Jenis dan Komponen Risleting

Zipper biasanya disebut dengan risleting, kegunaannya untuk membuat bukaan pada pakaian agar pakaian tersebut mudah dipasang atau dibuka. Zipper memiliki berbagai model dan ukuran yang disesuaikan dengan kegunaannya. Jenisnya yaitu risleting model biasa, risleting jepang, risleting celana jeans, dan risleting untuk mantel atau jaket. Risleting model biasa, biasanya dipasangkan dengan jahitan yang terlihat pada bagian luar. Sering digunakan untuk bukaan pada rok wanita, blus pada bagian tengah belakang, celana pria dan pakaian anak-anak. Ukurannya ada yang pendek berukuran 17 dan 20 cm dan ada yang panjang, yang ukurannya 35, 45 dan 50 cm, terdapat juga yang meteran. Jenis zipper ini tersedia dalam beberapa merk. 

Risleting Biasa

Risleting Biasa

Sumber: http://zippersagent.blogspot.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Risleting Invicible atau Jepang, dijahitkan dari bagian dalam pakaian dan risleting ini tidak terlihat dari bagian luar. Untuk menjahit risleting ini biasanya dibantu dengan sepatu mesin khusus, agar pemasangannya bagus. Risleting ini terbagi tiga, yaitu transparan berahan tape tipis dan transparan, digunakan untuk bahan kain yang transparan atau tipis seperti sifon, sutra, georgette. Lace Tape berbahan tape tipis, digunakan untuk kain yang umum seperti satin. Woven berbahan tape lebih tebal, digunakan untuk kain yang tebal seperti jean, corduroy.

Invicible Zipper

Invicible Zipper

Sumber: http://kcczipper.files.wordpress.com

Risleting celana jeans, ukurannya lebih besar dari risleting biasa dan lebih kuat karena gigi-giginya terbuat dari logam.

Risleting Jeans

Risleting Jeans

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Risleting untuk mantel atau jaket ukurannya lebih besar dari zipper biasa dan lebih kuat sesuai dengan fungsinya.

Risleting Jaket

Risleting Jaket

Sumber: http://www.bblackandsons.com

Ritsleting dapat dibagi menjadi tiga bagian utama: tape, elemen dan slider. Slider atau kepala zipper, berfungsi untuk menyatukan elemen ketika zippers dibuka atau ditutup. Beberapa type slider tersedia menurut penggunaannya. Elemen, Serangkaian komponen yang tampak seperti deretan gigi, ketika slider digerakkan diantaranya maka rangkaian gigi-gigi ini akan menyatu dengan posisi saling mengunci atau interlock. Ketika dua sisi kiri dan kanan digabungkan, bagian ini membentuk apa yang dinamakan Chain. Tape dibuat khusus untuk menjadi bagian dari zippers., sebagian besar terbuat dari polyester, tapi bisa disesuaikan dengan penggunaan, diantaranya syntetic, fiber tape, vinyl tape dan cotton tape juga tersedia.

Komponen Risleting

Komponen Risleting

Sumber: http://www.ykk.co.id

Artikel selanjutnya kami akan posting mengenai memasang berbagai macam risleting. Simak terus ya. Semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.