Article

Homepage Article Tenun/Lurik Cara Merawat Kain Batik…

Cara Merawat Kain Batik dan Kain Tenun

Apakah Sahabat Fitinline memiliki batik (cap, tulis), tetapi tidak tahu cara merawatnya? Informasi ini akan membantu kamu. 6 tips merawat batik tulis menurut William Kwan HL, peneliti batik dari Perkumpulan Nurani Budaya Indonesia. Tentunya tips ini juga bisa diaplikasikan pada batik cap. Ini dia caranya: 

  1. Simpan batik tulis ataupun pakaian berbahan batik di tempat yang lembab, dan terhindar dari cahaya matahari langsung.
  2. Kain batik dibungkus dengan kertas pembungkus kimono atau kertas yang tidak bersifat asam. Simpan bersama wangi-wangian yang dapat mengusir ngengat perusak kain. Contohnya akar-akaran alami atau biji merica. Hindari pemakaian zat kimia seperti kapur barus, sebab bisa merusak warna.
  3. Agar tidak lembab, sekitar dua minggu sekali, kain batik diangin-anginkan dengan dijemur selama 10-15 menit pada pagi hari.
  4. Kain batik dicuci menggunakan tangan, dengan sabun cuci yang tidak keras. Kamu bisa menggunakan lerak, sampo, sabun bayi, atau dry clean.
  5. Setelah mencuci batik, keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan Terkena matahari langsung.
  6. Usahakan tidak menyetrika batik. Jika ingin menyetrika, gunakan pelapis di atas kain batik, sehingga tidak terkena panas secara langsung. Kamu juga bisa menggunakan setrika uap yang tidak terlalu panas.

Tak hanya batik, kain tenun juga membutuhkan perawatan. Hal ini untuk menjaga kualitas kain dan warnanya. Berikut ini cara untuk merawat kain tenun kita. Sangat mudah untuk dilakukan, dan tidak mengeluarkan biaya mahal: 

  1. Sebelum menggunakan kain tenun sebagai bahan pembuat pakaian, sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Karena semua jenis tenun akan menyusut setelah dicuci.
  2. Gunakan sampo atau lerak untuk mencuci kain tenun. Hindari penggunaan deterjen, sebab dapat merusak warna.
  3. Saat mencuci kain tenun, sebaiknya jangan direndam.
  4. Cuci kain tenun menggunakan tangan, sebab kain tenun tidak terlalu kotor setelah digunakan. Jangan menggunakan sikat pakaian, dapat merusak kain.
  5. Penjemuran dilakukan dengan diangin-anginkan di ruang terbuka. Hindari terkena sinar matahari langsung.
  6. Setrika kain tenun dengan suhu yang tidak terlalu panas.

 

Selamat mencoba Sahabat fitinline!

 

Sumber: https://fitinline.com/article/read/keindahan-lajur-lajur-lurik-1

             http://life.viva.co.id/news/read/94925-cara_merawat_batik_tulis

Tags: jual kain, jual kain batik, jual batik, jual kain batik murah, toko kain, toko kain batik, toko batik, toko batik online, toko kain batik online, beli kain, beli kain batik, beli batik, batik indonesia, belanja batik, belanja batik online, motif batik, harga batik

Comments 1

Leave a Comment
1

Toko Kain Tenun

5 years ago
ini infonya bagus banget, salam sukses :)

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.