Article

Homepage Article Batik Batik Tempurung Kelapa :…

Batik Tempurung Kelapa : Inovasi Teknik Membatik Pada Media Batok

Selamat hari Jum’at Sahabat Fitinline, hari ini kita akan membahas tentang batik tempurung kelapa. Mungkin sebagian orang menganggap tempurung kelapa atau lebih sering disebut batok adalah sampah atau limbah tak tak memiliki manfaat apa-apa. Batok hanya menjadi barang yang bernilai ekonomi rendah dengan tingkat pemanfaatan yang sangat minim, hanya menjadi bahan bakar tradisional atau bahan baku pembuatan arang. Batok kelapa sebenarnya mempunyai corak yang sangat artisik dengan kekhasan tersendiri, dan kekhasan ini tidak dimiliki oleh benda ataupun barang lainnya. Di tangan para pengrajin kreatif, batok bisa dijadikan sebuah kerajinan bernilai seni tinggi dan berdaya jual.

Tas Batok Kelapa

Tas Batok Kelapa

Sumber: http://batiksidoagung.blogspot.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Batok kelapa memiliki nilai lebih dibanding dengan bahan lainnya, tekstur kayu batok yang unik, kuat, dan memiliki beragam warna dasar yang diperoleh dari umur buah kelapa. Kerajinan batok kelapa yang dikombinasikan dengan teknik batik akan menambah nilai artistik dan keunikan pada produk.

Tas Batik Batok Kelapa

Tas Batik Batok Kelapa

Sumber: http://jakartacity.olx.co.id

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Batok kelapa bisa dibedakan menjadi dua jenis kerajinan yaitu kerajinan yang memakai media dan kerajinan non media. Kerajinan yang memakai media adalah kerajinan yang memanfaatkan batok kelapa hanya sekedar penghias dari barang kesenian setengah jadi, contohnya batok kelapa yang digunakan untuk laminasi meja, kursi, cermin, tas, dan ornamen dekorasi lainnya. Sedangkan kerajinan non media adalah pemanfaatan pembuatan barang kerajinan yang sepenuhnya berasal dari batok kelapa seperti gantungan kunci, tas, patung-patung, serta panel-panel.

Tas Batik Batok Kelapa

Tas Batik Batok Kelapa

Sumber: http://www.pasarjogja.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Proses pembuatan kerajinan non media diawali dengan memecah batok kelapa menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian batok kelapa tersebut dibatik. Proses pembatikan sama dengan dengan membatik di kayu maupun di kain. Selanjutnya, batok kelapa yang sudah dibatik ditempel dengan lem kemudian dibentuk sesuai kerajinan yang akan dibuat. Terakhir, menutup barang kerajinan dengan resin agar terlihat rapi dan rata. Sebaiknya gunakan teknik furnish khusus pada tiap tempurung kelapa agar produk batik batok kelapa dapat mengkilap, tahan lama dan tidak berbau. Untuk kerajinan bermedia, pecahan batok kelapa yang sudah dibatik kemudian dilapiskan ke media yang sudah jadi. Bentuk kerajinan ini juga bisa dibuat dengan bahan batok kelapa yang utuh, misal dibuat tas.

Tas Batik Batok Kelapa

Tas Batik Batok Kelapa

Sumber: http://jendelajogja.com

Terdapat beberapa sentra penghasil kerajinan batik batok di Indonesia, diantaranya di Solo, Pekalongan, Blitar, Yogyakarta, dan lain sebagainya.

Sahabat Fitinline bisa menjadikan kerajinan batik tempurung kelapa sebagai tambahan koleksi batik anda. Semoga bermanfaat.

Tags: jual kainjual kain batikjual batikjual kain batik murahtoko kaintoko kain batiktoko batiktoko batik onlinetoko kain batik onlinebeli kainbeli kain batikbeli batikbatik indonesiabelanja batikbelanja batik onlinemotif batikharga batik

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.