Article

Homepage Article Batik Batik Khas Magetan: Batik…

Batik Khas Magetan: Batik Pring

Kota Magetan adalah salah satu tempat yang terkenal dengan sentra kerajinan kain batik yang tak kalah menariknya dengan daerah lainnya. Magetan mempunyai potensi pembuatan kain batik sebagai ciri khas Kabupaten Magetan yang dibuat oleh masyarakat asli Magetan. Orang menyebutnya Batik Sidomukti atau Batik Pring. Karena memang motif batik yang satu ini adalah bambu yang dalam bahasa Jawa biasa disebut pring.

Sekitar tahun 1970-an, batik ini mulai menjadi ciri khas Magetan. Pembuatan batik ini dilakukan di Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Desa Sidomukti. Sebenarnya para pengrajin batik di desa ini tidak hanya membuat motif jenis Pring Sedapur saja. Masih banyak motif batik yang bisa mereka buat, seperti Cucak Rowo, Pring Temu Rose, Parang Rusak, dan sebagainya. Namun yang paling menonjol yaitu motif “Pring Sedapur”. Motif batik dibuat karena terinspirasi dari banyaknya tanaman bambu yang mengelilingi Dusun Papringan di Desa Sidomukti.

Batik Magetan Motif Pring

Batik Magetan Motif Pring

Sumber: http://bagaskara.co.id

Batik Magetan Motif Pring

Batik Magetan Motif Pring

Sumber: http://www.eastjava.com

Ingin belajar membatik? Klik Disini untuk melihat video tutorial membatik.

Ciri dari motif batik motif Pring yaitu berupa gambar rumpun bambu yang di atasnya ada gambar bulan. Namun ada juga yang motifnya tanpa ada bulan di atas gambar rumpun bambu tersebut. Batik Magetan memiliki karakter yang kuat, yang dicirikan oleh bebas, dengan warna yang berani (merah, kuning, hijau muda). Untuk membuat batik ini, membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 7 hari untuk menyelesaikan sebuah motif saja. Para pengrajin banyak memodifikasi motif batik Pring Sedapur dengan motif tren selera pasar.

Batik Magetan Motif Pring

Batik Magetan Motif Pring

Sumber: http://magetanthebeautyofjava.blogspot.com

Batik Magetan Motif Pring

Sumber: http://magetanthebeautyofjava.blogspot.com

Ingin membeli alat-alat membatik? Klik Disini untuk mendapatkan alat-alat membatik.

Pemasaran batik ini masih untuk pasar lokal, namun ada juga beberapa yang datang dari luar Magetan seperti Lamongan, Surabaya, dan Yogyakarta.

Batik Magetan Motif Pring

Batik Magetan Motif Pring

Sumber: http://magetanthebeautyofjava.blogspot.com

Sentra pembuatan batik pring ini mengalamai perkembangan yang sangat pesat. Pemasarannya kini tidak hanya di daerah Magetan dan sekitarnya saja tetapi juga sampai ke luar kota. Peminat batik pring ini begitu banyak, dikarenakan kualitas tinggi motif kain batik ini. Saat inipun para siswa dan guru SMA Negeri sekabupaten diwajibkan memakai seragam yang bermotif batik pring. Seragam ini kini menjadi ciri khas siswa dan guru SMA Negeri di Kabupaten Magetan. Para peminat batik pring juga dapat datang langsung ke sentra pembuatan batik. Dapat memilah dan memilih sembari belajar dan melihat langsung pembuatan batik pring sedapur dari Desa Sidomukti yang menjadi ciri khas Kabupaten Magetan.

Batik Magtean Motif Pring

https://fitinline.com/data/article/20140222/Batik%20Magetan%201.jpg

Sumber: http://www.kuasinfo.com

Batik Magtean Motif Pring

Sumber: http://www.kuasinfo.com

Ingin membeli batik tulis eksklusif? Klik Disini untuk melihat katalog kain batik.

Batik pring inipun harus dijaga kelestariannya agar tidak hilang tertinggal zaman. Dengan cara mengajarkan dan melatih generasi-generasi muda untuk membuat dan merancang kain batik pring sedapur ini menjadi bahan jadi yang bernilai ekonomis tinggi. Dengan begitu batik pring sedapur dari Desa Sidomukti Magetan ini akan terus berkembang dan berjaya di tengah ramainya persaingan batik di Indonesia. Namun banyak warga desa itu yang enggan untuk membatik. Kebanyakan dari mereka selepas sekolah langsung mencari pekerjaan di kota-kota besar. Memang telah ada upaya dari Pemda Magetan untuk berusaha melestarikan batik ini, yakni berbagai instansi pemerintah, sekolah atau sejenisnya wajib mengenakan pakaian batik Pring Sedapur. Namun itu saja belum cukup. Melihat kondisi tersebut, seharusnya ada tindakan dari pemerintah untuk berbagai masalah tadi. Seperti membuka lowongan pekerjaan, lalu membangun sebuah home industry batik di berbagai tempat di Magetan, jangan hanya di kawasan Kecamatan Plaosan saja. hal tersebut bertujuan agar orang-orang lain dapat juga ikut melesatarikan motif batik asli Magetan ini.

Batik Magetan

Batik Magetan

Sumber: http://beraniberapa.wordpress.com

Sahabat Fitinline bisa menjadikan batik khas Magetan ini sebagai salah satu koleksi kain batik anda. Semoga bermanfaat.

Tags: jual kainjual kain batikjual batikjual kain batik murahtoko kaintoko kain batiktoko batiktoko batik onlinetoko kain batik onlinebeli kainbeli kain batikbeli batikbatik indonesiabelanja batikbelanja batik onlinemotif batikharga batik

Comments 1

Leave a Comment
1
Ternyata magetan punya cirikhas batik sendiri, saluut.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.