Article

Homepage Article Jahit Menjahit Bahan Pelapis Busana: Staplek

Bahan Pelapis Busana: Staplek

Pada artikel sebelumnya telah diposting mengenai bahan pelapis triscot. Kali ini kita akan bahas tentang bahan pelapis staplek. Staplek adalah salah satu jenis kain keras yang biasa digunakan untuk lapisan dalam krag atau kerah baju. Staplek merupakan bahan pelapis yang memiliki kualitas bagus dan harga lebih mahal diantara kain-kain keras untuk pelapis kerahlainnya. Untuk pembuatan kerah pada baju, biasanya digunakan dua lapisan yaitu lapisan pertama menggunakan visilin dan lapisan kedua menggunakan staplek.

Staplek

Staplek

Sumber: http://craftbymood.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Manfaat dari penggunaan staplek pada kerah busana adalah supaya kerah awet bentuknya dan tetap tegak. Meskipun berkali-kai mengalami proses pencucian, namun kerah masih tetap bagus (tetapi bukan berarti anda mencuci busana anda dengan cara yang kurang tepat). Berbeda ketika anda hanya menggunakan visilin saja sebagai bahan pelapisnya, setelah beberapa kali cuci, akan menjadi lembek.

Staplek Pada Kerah Kemeja

Staplek Pada Kerah Kemeja

Sumber: https://fitinline.com

Terdapat pengecualian dalam penggunaan pelapis staplek pada kerah, staplek tidak digunakan pada kerah jenis rebah. Pada pembuatan kerah jenis rebah biasanya hanya menggunakan visilin saja, sebab kalau menggunakan staplek juga maka kerah akan menjadi tegak.

Staplek

Staplek

Sumber: http://dahelmuetz.blogspot.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Pemasangan pelapis staplek pada kerah biasanya dengan cara direkatkan dengan proses penyetrikaan. Setelah pola digambar, potong staplek dan disetrika di kain. Pemotongan staplek biasanya pas ukuran pola tanpa tambahan kampuh.

Staplek

Staplek

Sumber: http://dahelmuetz.blogspot.com

Jika anda hobi menjahit, sebaiknya gunakan bahan pelapis yang tepat dan sesuai dengan desain busana, agar busana yang dibuat nyaman ketika digunakan. Anda bisa menggunakan bahan pelapis staplek untuk menambah kualitas berbusana. Biasanya busana yang dijual di toko-toko busana, bahan pelapis yang digunakan hanya kain keras biasa, alasannya jelas untuk menekan harga jual agar bisa lebih murah. Namun jika untuk memenuhi standar butik, biasanya penggunaan bahan pelapis staplek lebih dipilih.

Selamat menjahit dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.