Article

Homepage Article Fashion Design 4 Tips Memilih Sandal Rumah…

4 Tips Memilih Sandal Rumah Yang Nyaman di Kaki

Mengenakan sandal rumah menjadi salah satu pilihan paling tepat yang bisa anda lakukan apabila ingin selalu menjaga kebersihan di dalam rumah. Namun harus diingat juga, untuk alasan kenyamanan pemilihan model, ukuran dan bahannya juga harus tepat.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sandal Rumah

Sandal rumah / sandal rumahan merupakan salah satu lenan rumah tangga yang memiliki fungsi cukup penting yakni menjaga telapak kaki agar tetap bersih berada di dalam rumah, melindungi kaki dari kotoran, serta menghangatkan kaki dari dinginnya lantai rumah.

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari penggunaan sandal rumah yaitu:

  • Memberikan perlindungan dari penyakit kaki menular seperti jamur kuku.
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh dan stabilitas seiring bertambahnya usia.
  • Membantu menjaga aliran darah tetap normal dan memungkinkan sistem kekebalan tubuh melawan penyakit.
  • Membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyembuhkan kaki bengkak.

Tips Memilih Sandal Rumah

Berencana untuk membeli sandal rumah / sandal rumahan tapi masih bingung harus memilih model dan bahan sandal yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih sandal rumah berikut kami rangkum beberapa point penting yang harus anda perhatikan.

1. Model Sandal

Pertama tentukan terlebih dahulu seperti apa model sandal yang anda inginkan. Dalam hal ini anda bebas mau memilih sandal model slide, sandal flip flop (sandal jepit) ataupun model selop yang memiliki desain tertutup di bagian depan.

  • Sandal Model Slide

Sandal model slide merupakan sejenis sandal rumah dengan strap di bagian atas yang memiliki bentuk seperti mules shoes tapi bagian depannya dibuat terbuka.

  • Sandal model slide biasanya memiliki satu atau lebih strap di bagian atas.
  • Strap dapat berupa tali yang tipis, tebal atau tali yang saling berkaitan.

Sandal Rumah

Sumber : https://www.blibli.com/

  • Sandal Flip Flop

Sandal flip flop yang biasa disebut dengan sandal jepit merupakan sejenis sandal yang memiliki strap berbentuk “Y” untuk menghubungkan bagian depan dan bagian belakang sandal.

Sandal Rumah

Sumber : https://www.ruparupa.com/

  • Sandal Model Selop

Berikutnya ada sandal rumah model selop yang memiliki penutup di bagian punggung kaki dan jemari, tetapi terbuka di bagian tumit dan pergelangan kaki.

Sandal Rumah

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Selain ketiga model sandal yang sudah disebutkan di atas ada juga sandal rumah /sandal rumahan dengan efek pijat yang akan membuat kaki lebih rileks.

Sandal Rumah

Sumber : https://www.jd.id/

2. Ukuran Sandal Rumah

Seperti halnya jenis sandal yang lain, sandal rumah pada prinsipnya juga memiliki ukuran ukuran yang berbeda-beda. Maka dari itu pastikan anda memilih ukuran sandal rumah yang pas dan sesuai dengan kaki.

  • Memilih ukuran yang tepat bukan hanya sekadar akan lebih nyaman dikenakan.
  • Ukuran yang tepat juga akan menghindari kaki dari rasa mudah lelah.

Sandal rumah / sandal rumahan sendiri biasanya banyak dibuat dalam berbagai ukuran yang berbeda, mulai dari ukuran besar, kecil, bahkan ukuran all size pun ada.

3. Bagian Sol Sandal

Pilih sol sandal atau alas paling bawah sandal rumah yang ringan. Sandal rumah / sandal rumahan dengan sol yang ringan akan tetap nyaman digunakan di dalam rumah meskipun anda harus naik turun tangga setiap hari dibanding sol sandal yang berat.

4. Bahan Sandal Rumah

Berikutnya pastikan sandal rumah / sandal rumahan yang anda pilih dibuat dari bahan yang nyaman dan tidak licin saat digunakan, baik itu pada bagian atasnya maupun pada bagian dimana telapak kaki anda akan berada.

Beberapa contoh material yang cocok dipakai untuk membuat sandal rumah diantaranya:

  • Bahan Karet

Bila anda ingin memiliki sandal rumah yang elastis dan cukup ringan, pilihlah sandal berbahan karet.

  • Bahan karet  yang elastis akan sangat nyaman digunakan untuk beraktivitas di dalam rumah.
  • Karena tidak menyerap air dan kotoran cara perawatan sandal rumah dari bahan karet pun relatif mudah.

Sandal Rumah

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Bahan EVA

Kalau anda menginginkan sandal rumah yang bahannya tahan lama dan empuk, pakai saja sandal berbahan EVA. Bahan EVA in umumnya juga cenderung lebih mudah kering saat terkena air dan tidak mudah kotor.

Sandal Rumah

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Bahan Rajut

Bahan rajut menjadi pilihan bahan berikutnya yang cocok dipakai untuk memberikan kesan vintage pada sandal rumah. Sandal ini sekilas hampir serupa dengan kaos kaki jadi akan sangat nyaman untuk dipakai di dalam rumah.

Sandal Rumah

Sumber : https://idnstore.cn/

  • Bahan Kain

Bahan kain menjadi salah satu pilihan bahan yang populer untuk membuat rumah, karena karakteristiknya yang lembut dan sejuk akan membuat siapa pun merasa nyaman untuk menggunakannya di dalam rumah.

Selain lembut dan sejuk sandal rumah dari bahan kain juga menawarkan banyak keunggulan lain yakni bisa dicuci dengan mudah, anti slip dan tersedia berbagai bahan maupun warna yang berbeda.

Beberapa contoh bahan kain yang dapat diandalkan untuk membuat sandal kain diantaranya:

  • Bahan Handuk

Bahan pertama yang paling banyak digunakan untuk membuat sandal rumah yaitu berupa bahan handuk. Sandal rumah dari bahan ini akan terasa lembut dan memiliki daya serap air yang baik.

Sandal Rumah

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Bahan Fleece

Kedua ada bahan fleece yang memiliki karakteristik lembut, hangat dan sedikit berbulu pada bagian permukaannya. Sandal rumah dari bahan fleece akan menjaga kaki anda hangat dan nyaman.

Sandal Rumah

Sumber : https://id.bossgoo.com/

  • Bahan Waffle

Berikutnya ada bahan waffle yang mirip dengan permukaan roti waffle yakni bertekstur kotak-kotak. Bahan waffle ini umumnya juga memiliki daya serap yang baik, tebal dan nyaman digunakan.

Sandal Rumah

Sumber : https://id.bossgoo.com/

  • Bahan Bulu

Bahan bulu seperti rasfur dan velboa bisa disulap menjadi sandal boneka yang lucu dan nyaman untuk dikenakan di dalam rumah. Untuk nda yang menginginkan kehangatan dan kelembutan maksimal bahan bulu ini merupakan opsi yang tepat.

Sandal Rumah

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Bahan Microfiber

Berikutnya ada bahan microfiber yang ringan dan nyaman digunakan. Sandal rumah dengan bahan microfiber dapat digunakan untuk membersihkan lantai sekaligus.

Sandal Rumah

Sumber : https://www.ruparupa.com/

  • Kain Denim

Sandal rumah yang nyaman bisa juga dibuat dari kain denim yang memiliki karakteristik kuat dan kokoh. Sandal ini dapat dicuci dengan tangan sehingga mempermudah cara perawatannya.

Sandal Rumah

Sumber : https://www.uniqlo.com/

  • Kain Kanvas

Jika anda menginginkan sandal rumah yang memiliki tampilan elegan pilih sandal rumah yang dibuat dari kain kanvas. Kain ini dikenal sangat tahan dalam segala kondisi bahkan hampir menyamai bahan denim dalam hal kekuatan.

Sandal Rumah

Sumber : https://thelaborganics.com.au/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips penting yang bisa anda terapkan dalam memilih sandal rumah / sandal rumahan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan sandal rumah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Hal terpenting yang harus diingat yaitu kalau anda sudah mendapatkan sandal untuk dipakai di rumah, jangan lagi memakainya untuk aktivitas di luar rumah ya.

Butuh bahan kain fleece, kain kanvas dan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat sandal rumah maupun produk menarik lainnya lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.