Article

Homepage Article Batik 4 Teknik Pembuatan Kain…

4 Teknik Pembuatan Kain Shibotik

Diperoleh dari penggabungan dua teknik perintangan warna yakni shibori dan batik, kini shibotik menjadi salah satu primadona yang begitu diminati oleh banyak orang. Lahir dan berkembang di Indonesia, shibotik kebanyakan dibuat dari bahan kain kualitas terbaik dan dikerjakan oleh tangan terampil para ahli. 

Membuat Shibotik

Sumber : http://www.pictame.com/

Dengan tetap mempertahankan citarasa Indonesia shibotik ini dirancang dalam tampilan yang cenderung lebih modern sehingga sangat sesuai jika dikenakan oleh semua orang dari berbagai kalangan usia. 

Membuat Shibotik

Sumber : http://www.pictame.com/

Istilah yang digunakan dalam cara pembuatan shibotik pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan istilah yang dikenal pada shibori. Hal yang membedakan adalah ada beberapa tambahan proses pengerjaannya yakni menambahkan unsur pembatikan pada teknik shibori tersebut.

Membuat Shibotik

Sumber : https://womantalk.com/

Mau tahu teknik apa saja yang biasa diterapkan dalam proses pembuatan shibotik?. Dalam pengerjaan kain shibotik setidaknya dikenal 4 teknik dasar pembuatan motifnya, diantaranya berupa gulang shibotik, lipat shibotik, katcak shibotik, dan bitkat shibotik.

Membuat Shibotik

Sumber : http://batik-komar.com/

Gulang Shibotik

Gulang shibotik merupakan teknik menggulung kain dengan menggunakan alat seperti batang kayu, pipa PVC, atau benda lain berbentuk silinder dengan berbagai ukuran. Gulang artinya: Gulung dan tiang.

Lipat Shibotik

Lipat shibotik merupakan teknik melipat kain dengan menggunakan alat tambahan, yakni penjepit kayu. Setelah dijepit bahan kain  kemudian diikat dengan tali.

Katcak Shibotik

Katcak shibotik merupakan teknik ikat pada selembar bahan kain yang dibuat dengan pola acak seperti halnya yang dilakukan pada pembuatan kain jumputan.

Bitkat Shibotik

Bitkat shibotik merupakan teknik cubitan pada lembaran kain kemudian diikat sesuai dengan ukuran pola dan ukuran yang dikehendaki. Supaya hasil yang didapatkan lebih maksimal teknik pengikatannya harus sangat berdekatan.

Membuat Shibotik

Sumber : http://www.chaotic.web.id/

Semoga bermanfaat.

Mau tahu lebih banyak tentang teknik pembuatan shibori?. Download E-Booknya Di Sini.

E-Book Shibori

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.