Article

Homepage Article Kain 4 Rekomendasi Bahan Mukena…

4 Rekomendasi Bahan Mukena Anti Kusut Yang Tidak Perlu Disetrika

Mencari alternatif bahan kain yang bagus untuk membuat mukena?. Kalau kamu ingin mendapatkan mukena yang tampilannya tampak menarik dan tetap rapi meski tanpa disetrika maka kamu bisa memilih satu di antara beberapa bahan mukena yang kamu rekomendasikan berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Mukena

Mukena dapat didefinisikan sebagai sejenis perlengkapan shalat khas Indonesia yang biasa dibuat dalam ukuran sangat lebar dan besar. Untuk pilihan modelnya, mukena sendiri dapat dijumpai dalam model one piece, mukena abaya, mukena two piece dan juga mukena poncho.

  • Mukena one piece memiliki bentuk sangat sederhana karena bisa dikenakan langsung untuk menutup seluruh bagian badan.
  • Mukena abaya memiliki kemiripan bentuk dengan mukena one piece karena bagian atas dan bagian bawahnya dibuat menyatu tapi tanpa penutup kepala.
  • Mukena two piece terdiri atas dua potong bahan, yakni bagian atas dan bagian bawah.
  • Bagian atas dari mukena two piece mirip seperti hijab instan (bergo) tapi ukurannya jauh lebih panjang.
  • Bagian bawah dari mukena two piece biasa dibuat seperti layaknya rok elastis berukuran panjang hingga menyentuh lantai.
  • Mukena ponco didesain berlubang di daerah leher tanpa tambahan penutup kepala dan biasanya dilengkapi dengan resleting di bagian depan untuk memudahkan penggunaannya.

Mukena Anti Kusut

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Selain pilihan modelnya ada banyak, mukena untuk shalat pada prinsipnya juga dapat dibuat dari berbagai bahan kain yang berbeda. Termasuk bahan anti kusut yang dirancang khusus untuk menghindari kerutan atau kusut pada mukena saat dipakai.

Bahan Mukena Anti Kusut

Mau tahu apa saja bahan kain yang cocok digunakan untuk membuat mukena anti kusut?. Biar kamu ga salah pilih berikut kami bagikan beberapa referensi bahan terbaik yang bisa kamu pakai untuk membuat mukena anti kusut.

1. Kain Parasut Kusut

Pertama ada kain parasut kusut yang memiliki tekstur bergelombang atau kusut, lebih lembut dan dingin dibanding bahan parasut lainnya, agak mengkilat, licin, sangat ringan dan mudah dibersihkan.

  • Bahan parasut kusut cocok digunakan untuk membuat mukena traveling yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana.
  • Karakteristik bahannya yang mudah dilipat membuat mukena yang dihasilkan jadi tidak memakan banyak tempat saat dibawa bepergian.

Mukena Anti Kusut

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Kain PE Airflow Crinkle

Kedua ada kain PE airflow crinkle yang sengaja diciptakan dengan efek kerut halus dalam proses pembuatannya. Tapi sekalipun tampilannya tampak berkerut, kain PE airflow crinkle ini akan tetap terasa lembut, jatuh, lentur dan nyaman ditubuh.

  • Kain PE airflow crinkle tidak mudah kusut karena teksturnya berkerut.
  • Tekstur kerutan yang dimiliki kain PE airflow crinkle juga membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mukena travelling yang sering dibawa saat bepergian.
  • Selain memberi kesan elegan pada penampilan wanita, efek airflow membuat mukena yang dihasilkan menjadi lebih jatuh gloyor dan adem.

Mukena Anti Kusut

Sumber : https://www.bukalapak.com/

3. Kain Rayon Crinkle

Ketiga ada kain rayon crinkle / bahan rayon crinkle yang mempunyai tekstur crinkle / kerut permanen karena dibuat menggunakan benang high twist. Selain memiliki efek kerutan yang khas, bahan kain rayon crinkle / bahan rayon crinkle ini juga dikenal lembut, jatuh dan adem.

  • Kain rayon crinkle dibuat dari 100% serat rayon, jadi bahannya terasa lebih adem dan dapat menyerap keringat dengan baik.
  • Kain rayon crinkle memiliki handfeel yang sangat soft dengan begitu kain ini akan terasa sangat nyaman di kulit.
  • Kain rayon crinkle tekstur bahannya cenderung ringan, terkesan jatuh namun tidak mencetak bentuk tubuh.

Mukena Anti Kusut

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Kain Hyget

Keempat ada kain hyget yang biasa dibuat dari polyester dan diproses dengan teknik rajut. Dari situ akhirnya didaptkanlah bahan kain yang memiliki karakteristik mengkilap, ringan, tidak mudah kusut, tekstur bahannya jatuh, tidak mudah luntur dan cocok dipakai untuk iklim Indonesia.

Dengan menggunakan kain hyget sebagai bahan utamanya, mukena yang dihasilkan umumnya memiliki tampilan yang rapi dan tidak memberikan kesan kusut berlebihan.

  • Bahan hyget mukena hadir dengan permukaan yang mengilap serta memiliki kecenderungan tidak mudah kusut.
  • Setelah dicuci mukena hyget ini bahkan bisa langsung dipakai kembali tanpa perlu disetrika terlebih dahulu.

Mukena Anti Kusut

Sumber : https://id.carousell.com/

Khusus untuk pembuatan mukena, kain hyget / bahan hyget inipun dapat dibedakan lain dalam beberapa variasi bahan yang berbeda seperti hyget super dan hyget balon.

  • Bahan hyget super atau hyget premium memiliki tekstur lebih tebal dan rapi dari hyget biasa, serat kainnya lebih rapat dan memiliki daya serap keringat yang lebih baik.
  • Bahan hyget balon memiliki tekstur sangat lembut seperti sutra dan cenderung adem karena dibuat dengan menggunakan bahan campuran spandek.

Kelebihan Mukena Anti Kusut

Sekalipun pilihan bahannya ada banyak, mukena yang dibuat dari bahan anti kusut secara umum memiliki keunggulan yang tidak jauh beda antara satu dengan yang lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan mukena dari bahan anti kusut yang mungkin tidak dimiliki mukena lainnya

  • Mukena anti kusut memiliki tampilan yang tetap tampak rapi karena memang bahannya dirancang untuk mengurangi kemungkinan kusut saat digunakan atau setelah dicuci.
  • Mukena anti kusut memiliki daya tahan yang baik terhadap pemakaian sehari-hari dan pencucian berulang.
  • Mukena anti kusut cocok dijadikan pilihan yang nyaman untuk digunakan saat beribadah.
  • Mukena anti kusut umumnya tidak mudah mengerut setelah dicuci sehingga ukuran dan bentuknya akan tetap stabil sehingga tidak perlu dibentuk ulang setiap kali dicuci.
  • Mukena anti kusut tersedia dalam berbagai pilihan warna dan dapat dipilih dengan bebas sesuai dengan selera serta preferensi pribadi kamu.
  • Mukena anti kusut mudah dibersihkan dan tidak memerlukan perawatan khusus.
  • Mukena anti kusut tidak perlu disetrika karena panas yang dihasilkan justru bisa merusak serat kainnya.

Kesimpulan

Itu dia beberapa rekomendasi bahan anti kusut yang cocok dijadikan sebagai bahan mukena lengkap dengan kelebihan yang ditawarkannya. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih bahan mukena yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Dari penjelasan di atas dapat pula disimpulkan bahwa selain menarik dari segi tampilan, mukena yang dibuat dari berbagai bahan kain anti kusut pada prinsipnya juga lebih mudah untuk dibersihkan dan tidak memerlukan perawatan khusus agar penampilannya tetap rapi dan menarik.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat mukena?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi bahan kain yang kami miliki yuk.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.