Article

Homepage Article Fashion Design 4 Manfaat Pita Scotlight…

4 Manfaat Pita Scotlight dan Aplikasinya Pada Jaket

Pita scotlight / pita reflektor termasuk ke dalam salah satu elemen penting yang biasa ditambahkan pada jaket. Bukan hanya meningkatkan visibilitas pemakai jaket, tapi pita scotlight yang diaplikasikan pada berbagai model jaket, sebenarnya juga memiliki banyak manfaat lain.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Pita Scotlight

Pita scotlight /pita reflektor adalah sejenis material yang dirancang untuk memantulkan cahaya, terutama dalam kondisi pencahayaan rendah atau gelap. Pita ini biasanya terbuat dari mikrosfer kaca atau teknologi prisma yang mampu memantulkan cahaya, sehingga objek yang dilengkapi reflektor lebih mudah terlihat oleh orang lain.

Pita Scotlight 

Sumber : https://id.made-in-china.com/

Manfaat Pita Scotlight

Selain meningkatkan visibilitas pemakainya,  pita scotlight /pita reflektor sendiri juga memiliki banyak manfaat lain. 

1. Meningkatkan Keamanan

Pita scotlight dapat memantulkan cahaya dari sumber eksternal seperti lampu mobil atau lampu jalan, sehingga pemakai jaket lebih terlihat oleh orang lain, terutama pengemudi.

2. Mencegah Kecelakaan

Pita scotlight dapat digunakan untuk meminimalisir risiko kecelakaan karena orang lain dapat melihat pemakai dari jarak yang lebih jauh.

3. Keperluan Kerja

Bagi pekerja di lingkungan berisiko, seperti di jalan raya, lokasi konstruksi atau area industri, pita scotlight membantu mematuhi standar keselamatan dan memastikan bahwa mereka terlihat oleh operator mesin atau kendaraan.

4. Fashion dan Fungsionalitas

Pita scotlight juga sering digunakan dalam desain pakaian sebagai elemen gaya, terutama dalam tren fashion streetwear.

Pita Scotlight 

Sumber : https://www.alibaba.com/

Penggunaan Pada Jaket

Terkait dengan aplikasinya pada produk fashion, berikut adalah beberapa jenis jaket yang umum dilengkapi dengan menggunakan  pita scotlight /pita reflektor.

1. Jaket Keselamatan (Safety Jacket)

Pertama ada jaket keselamatan (safety jacket) yang biasa digunakan oleh pekerja konstruksi, petugas lalu lintas, atau pekerja di area berbahaya. Jaket ini biasanya berwarna cerah dengan pita reflektor yang besar untuk memastikan mereka terlihat dalam situasi berisiko tinggi.

  • Jaket safety dianjurkan untuk digunakan oleh orang-orang yang bekerja di lingkungan yang memiliki tingkat pencahayaan rendah.
  • Jaket safety menjadi salah satu atribut penting yang wajib dimiliki pekerja konstruksi, petugas lalu lintas dan petugas keamanan.

Pita Scotlight 

Sumber : https://www.safetysmartgear.com/

Simak juga 5 Fungsi dan Fitur Umum Yang Dimiliki Jaket Safety.

2. Jaket Bersepeda

Kedua ada jaket bersepeda yang dirancang khusus untuk pengendara sepeda yang sering bepergian di malam hari atau di kondisi cahaya rendah. Pada jaket bersepeda, pita reflektor biasanya kerap ditempatkan di bagian depan, belakang dan lengan untuk meningkatkan visibilitas dari berbagai arah.

Pita Scotlight 

Sumber : https://road.cc/

3. Jaket Lari (Running Jacket)

Ketiga ada jaker lari (running jacket) yang biasa digunakan oleh pelari. Pada jaket lari (running jacket) pita reflektor berguna untuk memastikan para pengguna tetap terlihat oleh kendaraan atau orang lain saat berlari di malam hari atau di tempat yang minim cahaya.

Pita Scotlight 

Sumber : https://www.3m.com/

4. Jaket Motor (Motorcycle Jacket)

Keempat ada jaket motor yang sering dilengkapi pita reflektor untuk meningkatkan keamanan pengendara sepeda motor, terutama di malam hari. Pita reflektor biasanya ditempatkan di bagian punggung, lengan atau bahu.

Pita Scotlight 

Sumber : https://www.amazon.ae/

5. Jaket Fashion Dengan Elemen Reflektif

Kelima ada beberapa merek streetwear atau fashion yang menggunakan pita reflektor sebagai bagian dari desain, bukan hanya untuk fungsi keselamatan. Jaket seperti ini sering menjadi bagian dari tren fashion modern yang menggabungkan elemen fungsional dengan gaya.

Pita Scotlight 

Sumber : https://shop.snackskateboards.com/

6. Jaket Outdoor dan Hiking

Keenam ada jaket outdoor dan hiking yang dirancang untuk aktivitas luar ruangan seperti hiking atau mendaki gunung, dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas dan keamanan.

  • Jaket outdoor dan hiking cocok digunakan untuk melindungi tubuh dari berbagai kondisi cuaca, baik itu hujan, angin, salju atau suhu dingin.
  • Jaket outdoor dan hiking dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengguna melakukan banyak aktivitas fisik saat di alam bebas.

Pita Scotlight 

Sumber : https://www.ergodyne.com/

Simak juga 10 Tips Memilih Jaket Outdoor Yang Tepat Sesuai Aktivitas.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai manfaat dari pita scotlight / pita reflektor dan beberapa model jaket yang kerap dilengkapi dengan elemen tersebut. Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya keselamatan dan visibilitas, penggunaan jaket dengan pita reflektor menjadi pilihan tepat untuk melindungi diri.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket safety, jaket olahraga dan berbagai model jaket lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket terbaik yang kami miliki.

Download juga Pola Jaket Kulit, Pola Jaket Parka, Pola Jaket Puffer, Pola Jaket Denim, Pola Jaket Bomber dan Pola Jaket Varsity siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.