Article

Homepage Article Cara Menjahit 3 Cara Mudah Meregangkan…

3 Cara Mudah Meregangkan Karet Elastis Pada Pakaian

Punya beberapa koleksi pakaian yang karet elastisnya terlalu ketat dan menekan anggota tubuh saat dikenakan?. Untuk mengubahnya agar lebih pas badan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba meregangkan karet elastis tersebut dengan beberapa cara sederhana sebagai berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Karet Elastis

Karet elastis merupakan sejenis material yang memiliki kemampuan untuk meregang dan kembali kebentuk aslinya setelah diberi tegangan atau ditarik. Pada pakaian, karet elastis seniri sering digunakan pada bagian pergelangan tangan, pergelangan kaki atau pinggang untuk memberikan kenyamanan dan fiting yang baik.

Karet Elastis

Sumber : https://www.walmart.com/

Meskipun menawarkan banyak sekali manfaat, penggunaan karet elastis yang kurang tepat misal terlalu ketat faktanya juga dapat menyebabkan beberapa masalah terutama jika digunakan secara terus-menerus. Beberapa masalah yang dapat timbul akibat pemakaian karet elastis yang terlalu ketat diantaranya:

  • Menyebabkan gangguan sirkulasi darah pada area tubuh yang tertekan.
  • Dalam jangka panjang penggunaan karet elastis yang terlalu ketat dapat menyebabkan efek mati rasa, kesemutan dan bahkan merusak jaringan kulit atau otot.
  • Gesekan yang berulang antara kulit dan karet elastis yang ketat dapat menyebabkan efek ruam kulit, gatal-gatal atau bahkan lecet.
  • Karet elastis yang terlalu ketat pada pakaian dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh terutama saat bergerak atau duduk dalam waktu lama.
  • Penggunaan karet elastis yang terlalu ketat secara terus-menerus dapat merusak pakaian itu sendiri.

Karet Elastis

Sumber : https://www.threadsmagazine.com/

Cara Meregangkan Karet Elastis

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara meregangkan karet elastis agar lebih pas di badan dan tidak menimbulkan masalah pada tubuh?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa trik yang bisa kamu coba untuk memperbaiki karet elastis pada pakaian biar lebih nyaman saat dikenakan.

1. Setrika Dengan Suhu Tinggi

Pertama kamu bisa meregangkan karet elastis pada pakaian dengan cara menyetrikanya. Langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu:

  • Renggangkan karet elastis pada pakaian sampai mendekati ukuran yang kamu inginkan lalu tahan kedua sisinya pada meja setrika dengan menggunakan jarum pentul atau peniti.
  • Jika sudah sekarang lembapkan handuk wajah tetapi jangan sampai basah kemudian gunakan untuk menutup seluruh permukaan karet elastis yang kamu renggangkan.
  • Nyalakan setrika kemudian tunggu selama beberapa saat biar suhunya naik ke suhu tertinggi.
  • Dengan handuk lembap di atas elastis setrika karet elastis selama 10 detik kemudian diamkan selama 10 detik. Ulangi proses ini secara berulang antara 5 hingga 10 menit.
  • Kamu dapat memulai prosesnya sebanyak yang diperlukan untuk meregangkan karet elastis semaksimal mungkin.

Tapi jika elastis yang terdapat pada pakaianmu belum cukup melar maka kamu bisa mencoba untuk membalikkan posisi karet elastis dan mengulangi proses sebelumnya sampai kamu mendapatkan ukuran yang pas.

Untuk menyetrika ban pinggang celana atau rok kamu bisa juga memasukkan papan setrika ke dalam celana atau rok sampai elastisnya melar. Jika sudah sekarang letakkan handuk lembab di atasnya lalu setrika dengan suhu yang cukup tinggi.

Karet Elastis

Sumber : https://www.wikihow.com/

3. Renggangkan Pada Benda

Kedua kamu bisa merenggangkan karet elastis dengan cara menempatkannya pada beberapa benda yang memiliki ukuran serupa dengan panjang elastis yang kamu inginkan. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan kursi, laci kosong atau bisa juga memakai bingkai photo yang kosong.

Untuk merenggangkan ban pinggang celana atau rok dengan kursi misalnya kamu bisa memasukkan punggung kursi ke dalam celana atau rok. Biar elastisnya merenggang secara merata pastikan posisi sisi-sisi celana atau rok sejajar dengan sisi-sisi kursi.

Setelah dirasa cukup sejajar selanjutnya biarkan celana atau rok yang kamu miliki dalam posisi meregang selama kurang lebih 24 jam. Tapi kalau selama 24 jam kamu masih belum juga mendapatkan ukuran sesuai, kembali regangkan celana atau rok selama beberapa hari.

Karet Elastis

Sumber : https://www.wikihow.com/

4. Tambahkan Sambungan Elastis

Ketiga kamu juga dapat meregangkan karet elastis pada ban pinggang celana atau rok yang terlalu ketat dengan cara menambahkan sambungan karet elastis. Beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba yaitu: 

  • Buat sobekan kecil  (sekitar ½ inci) di bagian dalam ban pinggang celana atau rok. Jika elastis dijahit di dalam kelim pakaian, kamu harus menyobek kelim selebar ukuran elastis.
  • Tarik karet elastis melalui sobekan yang kamu buat lalu bongkar sambungan kedua ujung karet elastis. Tapi kalau kamu kesusahan menemukan sambungannya kamu bisa langsung memotong karet elastis menjadi dua.
  • Jika sudah tambahkan potongan karet elastis baru di antara kedua ujungnya lalu satukan / sambung karet elastis biar tidak mudah lepas dengan mesin jahit.
  • Setelah disambung sekarang tarik ban pinggang celana atau rok yang kamu miliki sampai seluruh sambungan elastis masuk ke dalam ban pinggang.
  • Sebagai penyelesaian akhir tutup sobekan kecil yang kamu gunakan untuk mengeluarkan karet elastis dengan cara menjahitnya menggunakan tangan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah cara sederhana yang bisa kamu coba untuk meregangkan karet elastis pada pakaian. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam meregangkan karet elastis pada pakaian yang terasa sedikit terlalu ketat ya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kedepannya selalu pastikan bahwa karet elastis pada pakaian yang kamu beli cukup longgar sehingga tidak mengganggu sirkulasi darah atau kenyamanan ya.

Jadi apabila kamu merasa bahwa pakaian yang akan kamu beli memiliki elastis yang terlalu ketat sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti ukuran pakaian yang lebih sesuai dengan tubuh kamu.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.