Article

Homepage Article Fashion Design 11 Cara Mencegah Bau Apek…

11 Cara Mencegah Bau Apek Pada Baju Ketika Musim Hujan

Kesulitan mendapatkan sinar matahari saat musim hujan, sehingga banyak baju yang belum sempat dijemur padahal masih dalam keadaan basah?. Untuk mencegah timbulnya bau apek pada baju tanpa harus mengeluarkan usaha yang lebih ekstra mungkin kamu bisa mencoba tips berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Penyebab Bau Apek di Baju

Munculnya bau apek pada baju bisa menjadi suatu masalah yang mengganggu, terutama jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian secara rutin atau terkendala panas matahari untuk menjemur baju saat musim hujan karena kondisi cuaca tidak memungkinkan.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan baju menjadi berbau apek diantaranya:

  • Keringat yang tertinggal pada baju karena tidak segera dicuci tiap kali habis dipakai.
  • Pertumbuhan jamur atau bakteri yang memicu timbulnya bau karena tingkat kelembaban yang tinggi.
  • Baju tidak dicuci secara menyeluruh atau dibiarkan basah terlalu lama setelah dicuci.
  • Penyimpanan baju yang tidak tepat misal dalam almari yang lembab dan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.

Cara Mencegah Bau Apek

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menguris bau apek pada baju?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya bau apek pada baju terutama saat musim.

1. Jangan Merendam Baju Terlalu Lama

Pertama hindari kebiasaan merendam baju terlalu lama saat musim hujan. Agar baju tidak berbau apek kamu cukup merendamnya selama kurang lebih 30 menit kemudian mencucinya hingga bersih.

Menghilangkan Bau Apek

Sumber : https://bizstainfighter.com/

2. Tambahkan Cuka atau Soda Kue

Kedua tambahkan cuka atau soda kue untuk membantu menghilang noda serta bau yang menempel di baju saat kamu membilas pakaian untuk terakhir kalinya.

3. Jaga Kebersihan Mesin Cuci

Ketiga jika kamu biasa mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci, pastikan bahwa mesin cuci yang kamu pakai benar-benar bersih dan terbebas dari bakteri maupun jamur yang dapat menyebabkan bau pada baju.

4. Keringkan Dengan Mesin Cuci

Keempat manfaatkan fitur pengering pada mesin cuci sebaik mungkin untuk membantu mengeringkan baju secara maksimal. Jadi saat proses pengeringan telah selesai, kamu hanya perlu mengangin-anginkannya atau bisa langsung disetrika.

Menghilangkan Bau Apek

Sumber : https://www.discovermagazine.com/

5. Jemur Dengan Menggunakan Hanger

Kelima jemur baju dengan menggunakan hanger untuk mempercepat proses pengeringan baju dan meminimalisir timbulnya bau apek pada baju saat musim hujan. Dalam hal ini pastikan jarak antara baju yang satu dengan yang lain tidak terlalu berdempetan ya.

Menghilangkan Bau Apek

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Jemur Baju di Dekat Lampu

Keenam jemur baju di dekat lampu yang biasa menghasilkan energi panas jika kamu mau mengeringkannya di malam hari. Panas yang dikeluarkan lampu bisa membuat pakaian menjadi cepat kering dan tidak berbau apek saat musim.

7. Keringkan Baju Yang Lembab Dengan Kipas

Ketujuh keringkan baju yang masih lembab dengan menggunakan kipas angin. Caranya yaitu kamu hanya perlu memasang kipas angin ke arah baju yang ingin dikeringkan untuk mengurangi efek lembab pada baju yang dapat menimbulkan bau apek.

Menghilangkan Bau Apek

Sumber : https://inthewash.co.uk/

8. Setrika Baju Yang Masih Lembab

Kedelapan setrika bagian baju yang masih lembab untuk mencegah timbulnya bau apek yang dapat menimbulkan aroma tidak sedap. Hal terpenting yang perlu kamu ingat yaitu:

  • Pastikan baju tidak terlalu basah saat disetrika.
  • Atur suhu setrika sesuai dengan jenis bahan yang digunakan untuk membuat baju.
  • Untuk menghindari risiko kerusakan warna atau tekstur kain setrika dari bagian dalam baju.

Menghilangkan Bau Apek

Sumber : https://primelaundry.co.uk/

Jika kamu memiliki uap lebih bagus lagi jika kamu menggunakan fungsi uap pada setrika untuk membantu menghilangkan bau pada baju dan membuat kain lebih lembut.

9. Semprotkan Pewangi dan Pelembut Pakaian

Kesembilan semprotkan pewangi dan pelembut pakaian yang tidak hanya membuat baju tetap segar namun juga terasa makin lembut. Cara menghilangkan bau apek pada baju yang sudah kering ini juga bisa kamu lakukan jika sedang terburu-buru.

Menghilangkan Bau Apek

Sumber : https://steamerystockholm.com/

10. Simpan Baju di Tempat Yang Kering

Kesepuluh simpan baju kesayangan kamu di tempat yang kering namun masih terkena banyak udara di dalamnya untuk mengurangi risiko timbulnya bau apek pada baju yang rentan lembab saat musim hujan.

11. Kembalikan Kesegarannya Dengan Potopurii

Alternatif lain hilangkan bau apek pada baju tanpa dicuci dengan menggunakan potpourri alias campuran rempah-rempah dan kelopak bunga kering.

  • Caranya yaitu cukup simpan potpourri dalam sebuah mangkuk atau kantong kasa, lalu letakkan di dalam almari baju.
  • Ketika aroma potpourri mulai berkurang, kamu bisa mengaduk-aduk kembali campuran rempah-rempah agar tetap segar.

Menghilangkan Bau Apek

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kesimpulan

Nah itu dia beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mencegah timbulnya bau apek di baju terutama saat musim hujan. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk merawat baju kesayangan yang kamu miliki ya.

Yang pasti untuk mencegah timbulnya bau apek pada baju, pastikan kamu selalu membersihkan baju secara menyeluruh, memastikan bahwa baju dalam keadaan kering sebelum disimpan, serta menghindari kebiasaan menyimpan baju di tempat yang lembab ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju, rok, celana, gamis dan berbagai produk pelengkap fashion lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.