Article

Homepage Article Fashion Design Pakaian Tradisional Maroko

Pakaian Tradisional Maroko

Seperti kita ketahui masing-masing negara di dunia pasti memiliki pakaian tradisional yang berbeda-beda satu sama lain. Salah satu contohnya adalah negara Maroko. Di negara ini kita bisa menjumpai beberapa jenis busana unik seperti djellaba, djabador, dan tachita yang tidak dapat ditemukan pada suku bangsa manapun di dunia. 

Pakaian Maroko

Sumber : http://www.redbubble.com

Secara garis besar busana terusan tersebut hanya berupa gamis yang dapat dikenakan oleh pria maupun wanita. Hal yang membedakannya adalah busana tradisional maroko tersebut dilengkapi dengan topi yang menyatu pada bagian belakangnya seperti halnya jaket musim dingin.

Pakaian Maroko

Sumber : https://helloanou.wordpress.com

Djellaba

Djellaba merupakan sejenis pakaian terusan atau jubah berlengan panjang yang biasa dikenakan sebagai busana sehari-hari oleh masyarakat Maroko. Sampai saat ini bentuk djellaba banyak diadaptasi oleh para perancang busana untuk menciptakan model mantel dan gaun modern. 

Pakaian Maroko

Sumber : http://www.mytripblog.org

Djabador

Djabador merupakan pakaian two pieces yang terdiri atas celana dan baju atasan yang memiliki panjang hingga menutup betis. Busana ini dapat dikenakan oleh para pria maupun wanita Maroko yang masih muda (belum menikah).

Pakaian Maroko

Sumber : https://www.pinterest.com

Tachita

Berbeda dengan djellaba dan djabador tachita biasa digunakan sebagai pakaian pesta berwarna cerah yang dihiasi pilinan benang khas masyarakat Maroko, manik-manik serta mote. Jenis busana ini dapat dijumpai pada berbagai kesempatan resmi, seperti pesta pernikahan serta pertemuan-pertemuan penting keluarga. 

Pakaian Maroko

Sumber : http://moroc-co.blogspot.com

Selain ketiga jenis pakaian diatas, sebenarnya masih ada lagi pakaian spesial yang biasa digunakan oleh para wanita yang bermukim di daerah gurun sahara yaitu barnama Malhafa. Malhafa sendiri merupakan kain tekstil yang panjangnya mencapai empat meter dan biasa dikenakan dengan cara dililitkan dibagian badan sampai kepala. 

Pakaian Maroko

Sumber : https://marrakechxanthe.wordpress.com

Adapun busana yang diperuntukkan bagi pria di Maroko terdiri atas beberapa jenis tergantung dari daerah dan adat setempat, salah satunya berupa gandora. Gandora yaitu berupa djellaba yang tidak memiliki topi dibagian belakang, memiliki lengan yang tidak terlalu panjang, dan terbuat dari kain sejenis wol dan linen. 

Pakaian Maroko

Sumber : http://www.moroccancaravan.com

Sebagai pelengkap penampilan, para pria di Maroko juga biasa mengenakan Burnoose atau Selham. Burnoose ini merupakan pakaian luar dari bahan wol atau katun yang dapat difungsikan sebagai pelindung sekaligus pakaian penghangat tubuh.  Selain gamis dan celana, masyarakat Maroko juga menggunakan sandal khas bernama baboosh yang terbuat dari kulit berwarna-warni serta asesoris pendukung seperti topi. 

Pakaian Maroko

Sumber : http://saharanvibe.blogspot.com

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.