A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: A non-numeric value encountered

Filename: controllers/Article.php

Line Number: 424

5 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Pouch Bag

Article

Homepage Article Kain 5 Jenis Bahan Kain Terbaik…

5 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Pouch Bag

Pouch bag menjadi salah satu jenis item fashion yang saat ini cukup digemari oleh banyak orang. Dengan bentuknya yang sangat simple namun tetap terkesan elegan, pouch bag bahkan juga sangat mudah dibawa kemana saja. Untuk mendapatkan pouch bag yang berkualitas kenali jenis-jenis bahannya terlebih dahulu yuk.

Pengertian Pouch Bag

Pouch bag merupakan salah satu jenis tas mini yang dapat difungsikan untuk menyimpan berbagai macam pernak-pernik atau barang-barang yang tidak terlalu besar. Walaupun daya tampungnya sedikit, aksesoris wanita satu ini sebenarnya memiliki banyak pilihan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pouch Bag

Sumber : https://www.michaels.com/

Tidak hanya terbatas untuk cosmetic atau beauty tools saja, tapi pouch bag sendiri juga bisa dipakai untuk menyimpan dompet, handphone, kunci dan benda penting lainnya. Sebagai tanda terima kasih dan kenang-kenangan, pouch bag bahkan sering dijadikan sebagai bonus atas pembelian product dari brand tertentu.

Pouch Bag

Sumber : https://shopee.ph/

Fungsi Pouch Bag

Sebagai salah satu wadah multifungsi yang dapat dipakai untuk menyimpan bermacam-macam barang, sekarang ini sangat banyak pouch bag yang didesain dalam berbagai model dan warna tetapi pada intinya semua memiliki fungsi yang sama. Beberapa fungsi utama dari pouch bag yang perlu anda ketahui diantaranya:

  1. Pouch bag dapat dipakai untuk menyimpan dan membawa perlengkapan pribadi seperti halnya dompet, kunci, make up dan peralatan ibadah agar lebih rapi dan tidak berantakan.
  2. Pouch bag sangat cocok digunakan untuk souvenir dan kenang-kenangan.
  3. Pouch bag dapat di customized dan dijadikan sebagai bonus atas pembelian suatu product dari brand tertentu.

Kriteria Bahan Pouch Bag

Berencana untuk membuat pouch bag sendiri tapi masih bingung harus memilih bahan kain yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih bahan pouch bag terbaik simak dulu yuk beberapa kriteria penting yang harus dimiliki bahan tersebut.

1. Bahannya Kuat

Bahan pouch bag hendaknya dipilih yang memiliki karakteristik kuat dan tidak mudah sobek. Bahannya yang kuat akan membuat pouch bag jadi lebih awet.

2. Tidak Mudah Kusut

Bahan pouch bag yang tidak mudah kusut ataupun lecek tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan berulang kali.

3. Mudah Dibersihkan

Memilih bahan kain yang mudah dibersihkan juga menjadi prioritas penting yang harus diperhatikan agar pouch bag yang anda miliki selalu tampak seperti baru lagi.

Rekomendasi Bahan Pouch Bag

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan pouch bag. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain blacu, kain canvas, kain denim, kain dinir dan kain drill.

1. Kain Blacu

Kain blacu adalah bahan turunan dari kain mori namun seratnya sedikit agak kasar. Tidak seperti bahan kain pada umumnya, kain blacu tidak memiliki warna. Warna alami kain blacu merupakan warna murni atau asli (belum mengalami pewarnaan atau pemutihan) biasanya berupa putih tulang atau kecoklatan.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain blacu diantaranya:

  • Kain blacu mempunyai warna murni (tidak memiliki warna).
  • Kain blacu termasuk ke dalam jenis kain yang ramah lingkungan karena bahan dasar pengolahannya alami.
  • Kain blacu bersifat go green (mudah di daur ulang) dan dapat di gunakan berulang kali.
  • Kain blacu aman di gunakaan karena tidak menimbulkan reaksi alergi atau ganguaan lain bagi pemakainya.
  • Kain blacu sangat fleksibel sehingga mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam kreasi. Kain blacu juga cocok ditambahkan hiasan-hiasan tertentu.

Sebagai bahan pembuatan pouch bag, kain blacu secara umum tersedia dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain blacu PE, kain blacu twill, kain blacu kanvas, kain kanvas blacu katun paris dan kain blacu katun tebal.

  • Kain Blacu PE

Kain blacu PE adalah sejenis bahan kain blacu (kain non finished) yang terbuat dari serat poliester. Sebagai bahan dasar pembuatan produk kerajinan, kain blacu PE sendiri dapat dijumpai dalam warna natural maupun warna putih.

Kain blacu twill adalah bahan dasar/setengah matang/grey dari kain twill. Dengan tingkat ketebalan kainnya yang cukup, kain blacu twill sangat cocok untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan termasuk pouch bag.

  • Kain Blacu Kanvas

Kain blacu kanvas merupakan produk setengah matang dari kain canvas. Kain blacu kanvas dapat dijumpai dalam berbagai tingkat ketebalan, misalnya saja Kain Blacu Kanvas 14 oz dan Kain Blacu Kanvas 10 oz.

Kain kanvas blacu katun paris merupakan jenis kain yang menjadi bahan dasar katun paris (belum diolah). Dengan permukaan kainnya yang cenderung kasar dan cukup tipis kain ini kesan vintage.

Kain blacu katun tebal atau kain blacu baby canvas merupakan jenis kain blacu yang terbuat dari material katun. Dari segi ketebalan kainnya kain blacu katun ini lebih tebal dari blacu katun paris.

Pouch Bag Pouch Bag

Sumber : https://fitinline.com/, https://www.tokopedia.com/

2. Kain Canvas

Kain canvas merupakan sejenis kain yang memiliki serat tebal dan sifatnya sangat kuat. Awalnya kain canvas lebih banyak digunakan untuk melukis, namun seiring dengan perkembangan zaman bahan ini semakin berkembang penggunaannya menjadi bahan dasar pouch bag dan kerajinan tangan lainnya.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain canvas diantaranya:

  • Kain canvas permukaannya kasar.
  • Kain canvas serat benangnya terlihat dengan jelas.
  • Kain canvas tidak mudah robek.
  • Tekstur kainnya kaku namun bersifat sangat kuat.
  • Kain canvas tergolong kain yang tidak mudah kusut.
  • Kain canvas sangat tahan dalam segala kondisi.
  • Kain canvas hampir menyamai bahan denim dalam hal kekuatan.

Sebagai bahan pembuatan pouch bag, kain canvas secara umum tersedia dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa kain canvas yang dibuat dari serat poliester dan kain canvas yang berbahan dasar katun.

  • Kain Canvas PE

Kain canvas PE adalah sejenis bahan kain yang terbuat dari serat poliester. Berdasarkan desain dan kegunaannya kain canvas PE ini masih bisa dibedakan lagi menjadi beberapa macam varian.

  • Kain Canvas Katun

Kain canvas katun merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat katun. Berdasarkan desain dan kegunaannya kain canvas katun ini masih bisa dibedakan lagi menjadi beberapa macam varian.

  • Kain Baby Canvas (TR) yang memiliki pori-pori lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang.
  • Kain Canvas Marsoto yang terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek. Pada permukaan canvas marsoto terdapat bintik-bintik yang menyerupai tekstur kain cordura.
  • Kain Canvas Terpall yang memiliki karakteristik tebal, kuat, tidak mudah robek dan tahan terhadap suhu yang tinggi.

Pouch Bag Pouch Bag

Sumber : https://www.amazon.co.uk/, https://shopee.ph/

3. Kain Denim

Kain denim dikenal sebagai salah satu jenis kain yang memiliki karakteristik cukup kokoh dan kuat. Berdasarkan sejarahnya, nama denim ini awalnya disebut Serge de Nimes kemudian dipersingkat menjadi denim (de Nims yang artinya from Nimes).

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain denim diantaranya:

  • Tenunan kain denim merupakan salah satu jenis kain yang terbilang kuat, tahan lama dan tidak mudah rusak.
  • Kain denim memiliki tampilan yang terlihat elegan dan indah.
  • Kain denim tidak mudah sobek ketika dikenakan karena model dan teksturnya yang tebal.
  • Kain denim tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan senantiasa rapi.
  • Semakin sering dipakai warna kain denim akan luntur dan menghasilkan efek vintage yang khas.

Sebagai bahan pembuatan pouch bag, kain denim secara umum tersedia dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda, beberapa ada yang sudah mendapatkan post treatment namun ada juga yang belum.

  • Dry Denim atau Raw Denim

Dry denim atau raw denim merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan bahan denim yang belum mendapatkan post-treatment. Dimana selama masa produksi berlangsung kain denim tersebut sama sekali tidak melalui proses pencucian.

  • Dry denim umumnya memiliki karakter kain yang sedikit kasar dengan bentuk warna yang sangat kuat.
  • Dry denim biasanya cenderung keras dan kaku.
  • Dry denim akan luntur dalam beberapa kali pencucian pertama meski pada akhirnya warna tersebut akan memudar seiring berjalannya waktu.
  • Bahan kain yang termasuk ke dalam kategori ini yakni berupa Kain Denim Kode Sumu, Kain Denim COBRA, Kain Denim Kode S.278, Kain Denim Kode DIIK dan lain sebagainya.
  • Prewash Denim

Berbanding terbalik dengan dry denim, prewash denim merupakan kain denim yang telah mengalami pencucian terlebih dahulu sebelum masuk proses pewarnaan. Kain denim ini umumnya memiliki sifat yang cenderung lebih lentur dibandingkan dry denim.

Pouch Bag

Sumber : https://www.empressmills.co.uk/, https://id.pinterest.com/

4. Kain Dinir

Kain dinir termasuk kedalam salah satu jenis bahan polyester yang paling sering dipakai sebagai bahan pembuatan tas dan kerajinan tangan lain seperti pouch karena kain ini bertekstur lembut, fleksibel dan dari segi harga juga relatif terjangkau.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain dinir diantaranya:

  • Kain dinir umumnya bertekstur lembut, fleksible dan sangat kuat.
  • Kain dinir tidak mudah robek.
  • Kain dinir tergolong ke dalam jenis kain yang tidak mudah kusut.
  • Kain dinir sangat tahan dalam segala kondisi.

Berdasarkan spesifikasi bahannya, kain dinir sendiri dapat diklasifikasikan menjadi beberapa golongan, sebut saja dinir D 70, D 300, D 420, D 600 dan D 1680. Semakin tinggi angka yang dicantumkan di belakang huruf “D” maka semakin kuat sifat kainnya bila dibandingkan bahan sejenis dengan angka yang lebih rendah.

Butuh bahan kain dinir berkualitas dengan harga murah untuk membuat pouch bag?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi kain dinir kami Di Sini.

Pouch Bag Pouch Bag

Sumber : https://fitinline.com/, https://shopee.co.id/

5. Kain Drill

Berkutnya ada bahan kain drill yang paling bagus dan terbilang mahal namun kualitasnya atidak perlu diragukan lagi. Bahan kaini ini umumnya memiliki serat dan garis-garis miring yang terbuat dari campuran katun dengan polyester sehingga tidak mudah kusut, kuat dan warnanya tidak mudah pudar.

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain drill diantaranya:

  • Secara keseluruhan kain drill memiliki permukaan yang khas berbentuk garis-garis miring atau diagonal. Komposisi material penyusunnya yaitu berupa campuran antara katun dan polyester.
  • Permukaan kain drill antara bagian depan dan belakang berbeda.
  • Berdasarkan besar kecilnya serat kain drill dibagi menjadi tiga jenis, diantaranya berupa kain twill drill (serat kecil), kain american drill (serat sedang), serta kain japan drill (serat besar).
  • Secara garis besar kain drill memiliki tekstur yang lembut, kuat, tahan kusut, tenunan kainnya lebih kokoh dan warnanya juga tidak mudah pudar.

Butuh bahan kain drill berkualitas dengan harga murah untuk membuat pouch bag?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi kain drill kami Di Sini.

Pouch Bag Pouch Bag

Sumber : https://rathdownefabrics.com.au/, https://www.tokopedia.com/

Tertarik untuk membuat kreasi pouch bag sederhana dengan menggunakan salah satu bahan kain yang sudah disebutkan di atas?. Kalau mau mencobanya anda bisa mengikuti tutorial Kreasi Dompet/Pouch Sederhana Dari Bahan Kain pada artikel Fitinline terdahulu.

Kesimpulan

Dari berbagai jenis bahan pouch bag di atas bisa dipilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. Bila anda ingin membuat pouch sendiri, yang terpenting adalah selalu gunakan bahan kain yang memiliki karakteristik kuat, tidak mudah kusut dan mudah dibersihkan agar pouch yang dihasilkan jadi lebih awet dan tahan lama.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda dalam memilih bahan pouch bag yang bagus dan tepat sesuai kebutuhan. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari kain untuk pouch bag ataupun untuk pakaian, sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.