Artikel


Unsur Desain Fashion: Unsur Warna (Bagian I)

Unsur yang paling menonjol dalam desain fashion adalah unsur warna. Warna sebagai suatu kesan yang ditimbulkan oleh cahaya terhadap mata. Unsur warna menjadikan desain lebih terlihat menarik. Unsur warna dapat mengungkapkan suasana perasaan, sifat dan watak yang berbeda serta memiliki variasi yang tidak terbatas. Berdasarkan sifatnya unsur warna terdiri dari warna muda, warna tua, warna terang, warna gelap, warna redup, dan warna cemerlang. Berdasarkan wataknya, warna terdiri dari warna panas, warna dingin, warna lembut, warna mencolok, warna ringan, warna berat, warna sedih, warna gembira. Dilihat dari sumbernya, ada warna merah, biru, kuning, hijau, orange, dan lain sebagainya.

Terdapat beraneka ragam teori yang berkembang mengenai warna, yaitu teori Oswolk, Mussel, Prang, Buwster, dan lain sebagainya. Dari bermacam-macam teori ini yang sering digunakan dalam desain fashion serta mudah dalam proses pencampurannya adalah teori warna Prang. Teori warna Prang mengelompokkan warna menjadi lima yaitu warna primer, warna sekunder, warna intermediet, warna tertier, dan warna kuarter.

Lingkaran Warna

Lingkaran Warna

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Warna Primer, warna ini disebut juga dengan warna dasar atau pokok karena warna ini tidak dapat diperoleh dengan pencampuran warna lain. Warna primer terdiri dari merah, kuning, dan biru.

Warna Primer

Warna Primer

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Warna Sekunder, warna ini merupakan hasil pencampuran dari dua warna primer. Warna sekunder terdiri terdiri dari warna orange, hijau, dan ungu. Warna orange merupakan hasil dari pencampuran warna merah dan warna kuning. Warna hijau merupakan pencampuran dari warna kuning dan biru. Warna ungu adalah hasil pencampuran merah dan biru.

Warna Sekunder

Warna Sekunder

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Warna Intermediet, warna ini bisa diperoleh dengan dua cara, yaitu dengan mencampurkan warna primer dengan warna sekunder yang berdekatan dalam lingkaran warna atau dengan cara mencampurkan dua warna primer dengan perbandingan 1: 2. Misalnya, warna kuning hijau (KH) adalah hasil pencampuran dari kuning ditambah hijau atau dua bagian kuning ditambah satu bagian biru (K+K+B). Warna biru hijau (BH) adalah hasil pencampuran biru ditambah hijau atau dua bagian biru ditambah satu bagian kuning (B+B+K). Warna biru ungu (BU) adalah hasil pencampuran biru dengan ungu atau pencampuran dua bagian biru dengan satu bagian merah (B+B+M). Warna merah ungu (MU) adalah hasil pencampuran merah dengan ungu atau pencampuran dua bagian merah dan satu bagian biru (M+M+B). Warna merah orange (MO) adalah hasil pencampuran merah dengan orange atau pencampuran dua bagian merah dan satu bagian kuning (M+M+K). Warna kuning orange (KO) adalah hasil pencampuran kuning dengan orange atau pencampuran dua bagian kuning dan satu bagian merah (K+K+M).

Warna Intermediet

Warna Intermediet

Sumber: http://anaarisanti.blogspot.com

Warna Tertier adalah warna yang terjadi apabila dua warna sekunder dicampur. Warna tertier ada tiga, yaitu tertier biru, tertier merah, dan tertier kuning. Tertier biru adalah hasil pencampuran ungu dengan hijau. Tertier merah adalah hasil pencampuran orange dengan ungu. Tertier kuning adalah hasil pencampuran hijau dengan orange.

Warna Kuarter adalah warna yang dihasilkan oleh pencampuran dua warna tertier. Warna kuarter ada tiga, yaitu kuarter hijau, kuarter orange, dan kuarter ungu. Kuarter hijau terjadi karena percampuran tertier biru dengan tertier kuning. Kuarter orange terjadi karena percampuran tertier merah dengan tertier kuning. Kuarter ungu terjadi karena percampuran tertier merah dengan tertier biru.

Itulah penjelasan tentang unsur warna mengenai teori warna Prang. Untuk bahasan selanjutnya kita masih tentang unsur warna yaitu mengenai pembagian warna menurut sifatnya. Simak terus ya Sahabat Fitinline.
Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia


0 Komentar

Tidak ada komentar.

Kirim Komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.

Contact

Stay Connected

Fitinline

Copyright © 2011-2012 - All right reserved

Support Payment

  • BCA
  • Mandiri
Money Back Guaranteed