Artikel

Batik Grobogan

Kabupaten Grobogan dikenal sebagai lumbung pangan Jawa Tengah, selain itu juga dikenal dengan makanan khasnya berupa sale pisang dan getuk lindri. Kabupaten Grobogan saat ini juga memiliki ikon produk lokal khas lain berupa batik tulis. Dulu Batik Grobogan sangat terkenal di eranya, yakni sekitar tahun 1938. Batik Grobogan tempo dulu lebih condong bermotif Laseman. Namun sekarang, yang dikembangkan lebih ke arah motif tanaman seperti jagung, padi dan rumpun bambu.

Batik Grobogan Motif Jagung

Batik Grobogan Motif Jagung

Sumber: http://batik-dhiach.blogspot.com

Batik Grobogan Motif Kedelai

Batik Grobogan Motif Kedelai

Sumber: http://bisnisukm.com

Setelah lama menghilang, tahun 2010 dikembangkan lagi oleh Pemkab setempat. Meskipun belum lama diperkenalkan, namun respon masyarakat terhadap kreasi Batik Grobogan sangatlah bagus. Secara kualitas, produk kreasi Batik Grobogan tidak kalah dengan daerah lain seperti Solo, Pekalongan, maupun Jogja. Bahkan dari segi corak atau motif, Batik Grobogan dikenal memiliki ciri khas berupa motif tanaman atau tumbuhan. Kedelai, bambu, jati, dan jagung merupakan motif-motif yang menjadi ciri khas Batik Grobogan. Motif yang paling popular dan dijadikan sebagai ikon produk lokal Pemerintah Daerah Grobogan adalah motif bambu atau biasa disebut dengan “Pring Sedapur”. Motif lainnya yaitu motif Bledug Kuwu, Kedung Ombo, Api abadi Mrapen, padi, bunga sepatu, ikan dan yang lainnya.

Batik Grobogan Motif Pring Sedapur

Batik Grobogan Motif Pring Sedapur

Sumber: http://bisnisukm.com

Batik Grobogan Motif Padi

Batik Grobogan Motif Padi

Sumber: http://bisnisukm.com

Seperti batik tulis pada umumnya, Batik Grobogan juga diproduksi dengan bahan baku serta teknik pilihan. Pemilihan bahan baku menjadi sangat penting karena berkaitan erat dengan hasil dan kualitas akhir produknya. Batik terbuat dari kain pilihan, yaitu kain primisima serta pewarnaan pencelupan remasol.

Batik Grobogan Motif Bunga Sepatu

Batik Grobogan Motif Bunga Sepatu

Sumber: http://bisnisukm.com

Batik, salah satu warisan budaya dunia yang perlu dijaga dan dipertahankan, proses dalam pembuatannya mencerminkan ketelitian dan kesabaran, terutama batik tulis. Keindahan batik itu sendiri merupakan bagian seni penjiwaan yang membuatnya, tanaman merupakan ciri khas dari Batik Kabupaten Grobogan. Batik ini sudah dipakai banyak kalangan, dan digemari oleh masyarakat termasuk para pejabat dan PNS di lingkungan Pemkab setempat.

Batik Grobogan Motif Merapen

Batik Grobogan Motif Merapen

Sumber: http://bisnisukm.com

Batik Grobogan perlu dilestarikan dan dipromosikan sekaligus memberdayakan pengrajin batik agar lebih maju, lebih kretaif, inovatif dan hasilnya bisa bersaing dengan batik-batik dari daerah lainnya. Pemkab mendukung para pengrajin dan pengusaha batik agar Batik Grobogan ini bisa dikenal baik di tingkat lokal, Nasional maupun Manca Negara diantaranya dengan mengikuti pameran-pameran, peragaan lomba busana Batik Grobogan, bahkan Bapak Bupati telah menginstruksikan kepada seluruh PNS di Pemkab Grobogan untuk memakai baju batik Grobogan pada hari kamis hingga sabtu.

Batik Grobogan Motif Bledug Kuwu

Batik Grobogan Motif Bledug Kuwu

Sumber: http://bisnisukm.com

Beberapa sentra Batik Grobogan terdapat di kecamatan yakni Kecamatan Pulo kulon, Purwodadi, Kradenan, Wirosari, Tawangharjo, Gubug dan Geyer. Semoga bermanfaat.

Tags: jual kain, jual kain batik, jual batik, jual kain batik murah, toko kain, toko kain batik, toko batik, toko batik online, toko kain batik online, beli kain, beli kain batik, beli batik, batik indonesia, belanja batik, belanja batik online, motif batik, harga batik


0 Komentar

Tidak ada komentar.

Kirim Komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.

Contact

Stay Connected

Fitinline

Copyright © 2011-2012 - All right reserved

Support Payment

  • BCA
  • Mandiri
Money Back Guaranteed